Tambahkan Cinta dan Kurangi Benci



Assalamu’alaikum semuanya para sohabat Netter……..Marhaban Yaa Ramadhan ☺ ☺ ☺

Masih puasakah para sahabat netter semuanya ? hehe…Oh ya sebelum menulis dan bercerita tak lupa saya ucapkan Alhamdulillah, karena saat membuat postingan ini semua pekerjaan saya baik laporan atau teman²nya sudah terlewati hehehe.

Beberapa waktu yang lalu di Kota Jember tempat saya terlahir mengadakan acara rutin tahunan yaitu JFC (Jember Fashion Carnaval). Acara ini menampilkan pakaian fashion trend masa kini yang isunya terbuat oleh barang² yang sudah dilupakan oleh manusia, contohnya bulu ayam, sisa gelas minuman mineral dll. Tapi dibalik semua itu masih banyak pro dan kontra terhadap acara tersebut. Mungkin dari segi nama, kota Jember menjadi terkenal tapi di segi ramah lingkungan kota Jember menjadi kotor akan sampah² para penonton. Tapi saya acungi 2 jempol deh untuk para pasukan kebersihan kota yang dengan ikhlas memungut dan membersihkan sisa² sampah yang tercecer dimana².

Mungkin Kota Jember adalah salah satu gambaran kecil, dimana para pelaku kesenian dan kebudayaan lupa akan dampak lingkungan karena acara tersebut. Coba kita bayangkan seandainya tidak ada pasukan kebersihan, apa yang akan terjadi, sampah yang tertimbun didepan rumah komplek kita tidak akan ada yang memungut dan membusuk sehingga menyebabkan penyakit. Pasukan kebersihan ini patut diberikan titel yang sangat tinggi, apresiasinya terhadap lingkungan sudah tidak bisa diragukan lagi.

Padahal kalau kita sadari kebersihan lingkungan itu bukan hanya tugas para “pahlawan kebersihan” ini, tapi tanggung jawab kita semua. Mereka bekerja dengan tulus dan ikhlas meski tidak sebanding dengan upah yang diterima. Dalam benak mereka “yang penting semua sampah bisa diatasi dan diamankan”. Tidak sedikit yang ingat akan kehebatan pasukan kebersihan ini, mungkin pasukan ini sudah tidak berperang dengan para penjajah, tapi para pasukan ini akan terus berjuang menyelamatkan kebersihan lingkungan.

Mari kita maknai kemerdekaan ini dengan menumbuhkan rasa cinta dan tenggang rasa antara sesama, tidak hanya terhadap lingkungan kita harus ramah tamah tetapi pada sesamanya. Selain bertepatan dengan Bulan suci Ramadhan, bulan ini juga bertepatan dengan HUT RI yang ke 66, alangkah baiknya kita bisa intropeksi diri, saling berjabat tangan dan bergandengan dalam kehidupan sehari hari. Ingat para pejuang bangsa ini meraih kemerdekaan dengan rasa persatuan dan kesatuan yang sangat erat, haruskah rasa persatuan dan kesatuan itu hilang. Marilah kita tambahkan cinta dan kurangi benci. MERDEKA !!!

Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Cermin Blogger Bakti Pertiwi yang diselenggarakan oleh Trio Nia, Lidya, Abdul Cholik.

Sponsored By :

- http://www.kios108.com/
- http://halobalita.fitrian.net/
- http://topcardiotrainer.com/
- http://littleostore.com/

54 komentar:

  1. Halo KAng sofyan,pa kabar,semoga sehat selalu..

    Iya loh aku pernah lihat di tV acara Jember Fashion Carnaval beberapa minggu yang lalu,seruu ya,kreatif lagi..
    Moga Jember bisa menjadi kota yang bersih,

    Sukses di perhelatannya Bhakti Pertiwi..

    BalasHapus
  2. Yeah mereka juga salah satu pahlawan tanpa tanda jasa ya :)

    BalasHapus
  3. ya betul kang selagi jember belum penuh sesak dengan penduduk yang akibatnya sampah2 berceceran sejak dini harus memperhatikan hal hal kecil ini...

    Blognya kok belum sembuh?

    BalasHapus
  4. Hahaha.. ada cuplikan je ef ce di sini.

    Betul sekali Kang. Itu bukan hanya tugas para pasukan kuning, melainkan adalah tugas bersama. Sip postingane. Semoga sama sama sukses ya Kang.

    Salam panaongan, hehe..

    BalasHapus
  5. @Kak Nchie :
    Alhamdulillah sehat Kak,,oh ya,, acara kan diadakan pada alhir Juli kemarin...

    Terima kasih do'anya Kak

    @Kak Ami :
    Amin...terima kasih Kak

    @Kak Tiara :
    Benar kak,,mereka juga termasuk Pejuang Lingkungan

    @Mas Coro :
    Mari kita siapkan kesadaran diri mulai sejak dini...

    Lah emang kenapa Blogku Mas... ???

    @Masbro :
    Hehe,,telat postinganne,,suwon Cak atas harapannya,,,

    Ngopi dise' ae ayo,,,hehehe....salam untuk para penghuni Panaongan

    BalasHapus
  6. yuk rame-rame
    marhaban ya ramadhan, dan alhamdulillah masih puasa
    soal blog saya tidak ada warning disini kang

    BalasHapus
  7. Marhaban ya Ramadan. Selamat mengikuti kontesnya Pakde.

    Soal bersih-bersih. Seharusnya sudah menjadi keharusan dan tanggung jawab kita semua. Apalagi di bulan ramadan ini.

    BalasHapus
  8. Marhaban Yaa Ramadhan,,,

    Terima kasih Cak atas ilmunya,,,hehehe

    BalasHapus
  9. @Mas Alam :
    Benar Mas Karena menjaga kbersihan itu sebagian dari pada iman...

    BalasHapus
  10. seru ya acaranya,kreatif juga buat designernya.
    Terima kasih atas partisipasinya ya

    BalasHapus
  11. hehe..dewan jurinya sudah tmpil nih,,,

    Terima Kasih Mbak..

    BalasHapus
  12. semoga individu masing2 sadar ya kang...
    bumi kan bukan tempat sampah..hehe


    oiyaa, smangat kang untuk lombanya. semoga dapet apa yang diharapkan.

    BalasHapus
  13. woooh, ternyata nggak gampang ya jadi pahlawan kebersihan gitu.. dan memang, kadang mereka-mereka inilah yang terlupakan padahal hasil kerja kerasnya terlihat paling nyata.

    semoga sukses dengan kontesnya yaaa... asoy deh ini!

    BalasHapus
  14. umpama JFC pindah Balung, pasukanku wis siap loh kang mulungin sampahnya

    BalasHapus
  15. daku juga sempat lihat acara ini di berita tv,salam love,peace and gaul.

    BalasHapus
  16. wa'alaikum salam,
    petgas kebersihan memang layak mendapatkan penghargaan karena mereka bisa menciptakan keindahan. bahkan kalo perlu sampah-sampah masyrakat yang berkeliaran di negeri ini dimasukkan saja ke dalam bak penampungan agar mereka tersadar agar tidak mendholimi hak orang lain

    BalasHapus
  17. merdeka :D
    semoga menang kang..
    pas banget ramadhan sama bln kemerdekaan :D

    BalasHapus
  18. ga cuma dijember, kayanya dimana-mana kalo ada keramaian pasti deh banyak sampah2 yg berserakan ya kang.. untung lah ada pahlawan kebersihan ini, kalo ga..bisa bayangin donk kaya gimana jadinya

    BalasHapus
  19. @Sodhung :
    Hehehe bener Mas AMIN,,,

    Sukses juga untuk sampean

    @Gaphe :
    Benar sekali mereka sering terpinggirkan tapi hasil keringat mereka semua menikmati...

    Terima kasih Mas...

    @Uncle Lozz :
    Ntar tunggu aku jadi carikk alun alun Jember yo hehehe...
    Lah samaph nang Wachana payu di dol..

    @Mas Saryadinilan :
    Acaranya memang membumi lo Mas..
    Salam Hangat...

    BalasHapus
  20. @Ust. Ies :
    Hehehe,,,ternyata Ust. Ies paham dengan postingan saya yang sebenarnya,,Gambaran sampah itu hanya ilustrasi..semoga para sampah² bangsa ini bisa didaur ulang dan menjadi barang yang berguna...

    @Mbak Uci :
    Amin..terima kasih

    MERDEKA !!!

    @Mbak Fitri :
    Benar acara di Jember itu hanya sebuah contoh kecil,,semoga sampah² itu bisa diatasi oleh para pahlawan tersebut dan semoga pahlawan kebersihan selalu diberi kesehatan..

    BalasHapus
  21. saya ndak puasa dan ndak ikutan nonton JFC kok... :(

    BalasHapus
  22. Hehehe,,wajar Bunda Perempuan dan bunda tinggal nun jauh disana hehehe.....

    BalasHapus
  23. semoga menang ya. sip deh

    BalasHapus
  24. Jadi pgn liat JFC nih Sof... Sukses ngontesnya ya ;)

    BalasHapus
  25. Terima Kasih Kak Fanny hehehe....

    BalasHapus
  26. @Kak Orin : Ayo ke Jember Kak hehehe....

    Terima Kasih (AMIN)

    BalasHapus
  27. aku pernah liat JFC waktu mereka dateng ke jakarta dan kereeen!

    btw, semoga menang yaa :)

    BalasHapus
  28. Banyak hal di sekeliling kita yang kadang terlupakan namun mereka sangat berarti.. salam :) sukses kontesnya ya Mas..

    BalasHapus
  29. yeash , kebersihan adalah sebagain dari iman, jadi kebersihan juga tanggung jawab kita bersama...

    semoga Indonesia benar2 bersih dari sampah2 para koruptor ya kang.. :D

    merdekaa,,

    BalasHapus
  30. perlu kesadaran dari pribadi kita dalam menjaga kebersihan lingkungan...
    salam kenal...

    BalasHapus
  31. Terimakasih atas partisipasi sahabat dalam kontes CBBP
    Artikel sudah lengkap....
    Siap untuk dinilai oleh tim Juri...
    Salam hangat dari Jakarta.....

    BalasHapus
  32. Oh ini kontes ya? Baru tau ada kontes beginian

    BalasHapus
  33. JFC lagi... JFC lagi,,,hehehehe semoga kesadaran yang tinggi itu ada di setiapo warga bukan cuma pasukan kuning..... good luck sam

    BalasHapus
  34. Setuju kang,,, kebersihan adalah tanggung jawab kita semua... saya malah acungin 5 jempol deh buat petugasnya....

    BalasHapus
  35. hmm, iya ya...karena ada yang ngambilin sampah yang dibuang sembarangan org2 jd terus2an buang sampah sembarangan..hmmm..gmn negara kita mau bersih..tp slh juga sih tempat sampah'a kdg kurang banyak #ngeles :D

    smg menang deh kang ^_^

    BalasHapus
  36. dulu pas 7 belasan pas puasa juga kayaknya

    BalasHapus
  37. moga sukses dalam mengikuti kontest

    sorry kang lama kagak kasih komen di sini, karena ada pemberitahuan dari google kika blog sampean ini terpasang konten yang diduga menjadi penyebar program jahat

    BalasHapus
  38. Marilah qta semua jd pahlawan kebersihan minimal di lingkungan qta sendiri...
    dan aku memang selalu kagum dgn para pahlawan kebersihan itu... mereka seperti juga pahlawan tanpa tanda jasa,,, dimana jasa mereka begitu besar namun seakan dilupakan begitu saja...

    BalasHapus
  39. bener kang, meskipun ada tugas kebersihan..paling tidak hal kecil perbuatan kt sudah dapat membantu orang , kan jadi indah indonesiaku. Selamat berpuasa kangbener kang, meskipun ada tugas kebersihan..paling tidak hal kecil perbuatan kt sudah dapat membantu orang , kan jadi indah indonesiaku. Selamat berpuasa kang

    BalasHapus
  40. Mantap mas....
    tak aku kira ternyata ini ikut dalam kontes.

    BalasHapus
  41. Aku sering melihat di kotaku para pahlawan kebersihan ini sudah piket mulai sekitar pukul 3 wita. Mereka bergerak membersihkan kotaku sejak pagi buta, tapi kok ya kotaku tetap gak bersih2 juga ya...?? Ternyata masalahnya ada pada warganya yang gak sadar kebersihan :(

    BalasHapus
  42. Bismillah
    Selamat pagi kang, masih puasa khan?
    maaf ya baru bisa berkunjung ke sini

    Salut deh buat mereka yang peduli dengan kebersihan lingkungan, kita sendiri harusnya juga berpartisipasi dalam menciptakan lingkungan yang bersih paling tidak mulai dari lingkungan kita sendiri.

    Semoga sukses ya kang dengan kontesnya, kan lumayan kalau dapat THR hehe

    BalasHapus
  43. Pahlawan itu bersenjatakan sapu dan gerobak... Tanpa mereka... *tak berani membayangkan... :)

    _salam kenal dan sukses ngontesnya :D _

    BalasHapus
  44. Salam sahabat
    Maaf telat Kang, saya tidak ngerti tiap saya kunjungi kok dapat alrm MALWARE DETECTION
    Ini bersyukur bisa ninggalin komentar coz pakai ponsel
    Baiklah mari kita jaga cinta dengan ketulusan hati dan hilangkan rasa benci
    Semoga sukses ya

    BalasHapus
  45. wah setuju banget nih,..simple dan mengena!
    maaf mas baru bisa main kesini karena kemarin2 tiap mau masuk sini pake google chrome pasti ditolak. setelah pake OPERA aku baru diijinkan masuk ke blogmu.

    BalasHapus
  46. besok 17 ini gak ada lomba di siang hari he3 pd lemes semua nantinya,d ganti malam

    BalasHapus
  47. weh..weh.... kykny wong jember pd kreatif2 ya... bnyk acara...bloger jg bnyk jember pula. met puasa mas. moga menang kontesnya. postingan yg menarik :)

    BalasHapus
  48. Banyak yang harus dicontoh dari Jember. Bisa dengan JFC-nya, bisa juga dengan kesigapan pasukan kebersihannya. Oh ya, intens juga ya berita JFC ini di internet maupun koran, dari foto-foto sampai info event. Salut untuk JFC..

    BalasHapus
  49. Merdeka!!
    Mari jaga negara ini bersama-sama.

    Selamat ngontes, Sof!

    BalasHapus
  50. JFC lagi, JFC lagi, semoga JFC terus berjaya coz bunda akan tetap jadi salah satu fansnya wlp gak pernah bisa nyaksiin kemegahannya. Eeeiiitt...kalo soal sampah-menyampah, hehehehe....gak dimana-mana kallleee.... soalnya gak ada atau lom ada kesadaran dari masyarakat tentang kebersihan, gitu lhoo.... Salut buat postingannya. Semoga menang ya.

    BalasHapus
  51. pingin banget motret di acara JFC tapi lum kesampaian

    BalasHapus
  52. aminn semoga menang kontesnya yah

    BalasHapus

My Profil

Foto saya
Saya lahir, tumbuh, menghabiskan masa ABG di Jember dan sekarang saya mengais rejeki dengan menjadi seorang buruh di sebuah perkebunan di Banyuwangi. Motto dalam hidup saya "Jadikan Hidup Kamu Hari ini Lebih Baik Dari Hari Kemarin"

Post. Terbaru

Followers