Ingin Punya Anak Berapa

Sumber gambar dari google



Ingin Punya Anak Berapa?

“Aku dan suami inginnya punya anak satu aja,” ucap seorang perempuan yang sedang duduk di depanku.

Aku mendelik, heran. “Satu aja? Kok bukan empat?”

Lama-lama kupandangi raut wajah perempuan yang sudah berkawan denganku sejak aku kecil itu. Tak ada ragu dalam ucapannya. Sebuah senyum tersungging di bibir tipisnya.

“Empat ‘kan rame?” lanjutku.

Bila misalnya Allah mengijinkan, aku ingin memiliki empat orang putra putri, yang nantinya akan memberi warna pada keluargaku. Ramai dan seru, pastinya! Seperti halnya orangtuaku yang telah melahirkanku dan ketiga saudaraku.

Salah satu alasan keherananku adalah kawanku ini merupakan keluarga besar. Ia sendiri tujuh bersaudara. Suaminya juga punya banyak saudara. Sepupunya juga banyak. Mengapa ia dan suami hanya ingin punya satu anak saja ya?

“Sekarang menjaga anak itu susah. Kami berencana punya satu anak saja dan berusaha fokus,” terangnya.

“Masing-masing anak ‘kan ada rejekinya ....” sahutku.

“Bukan soal rejeki, tetapi jamannya sekarang ini sudah sangat mengkhawatirkan. Bila punya banyak anak, orangtua belum tentu bisa mengawasi dan memberi mereka pendidikan yang baik. Kamu tau kan kisah adikku?”

Benakku memilah memori dan menemukan kisah yang santer terdengar tahun lalu, atau tahun sebelumnya lagi, tentang salah seorang adik lelakinya. Aku pun mengangguk. “Bagaimana kabarnya sekarang?”

“Dia divonis lima tahun.”

Aku termenung. Sejurus kemudian aku memaklumi kekhawatirannya. Kecemasannya akan masa depan anak. Keengganannya menelantarkan anak. Ketidakinginannya mengikuti jejak orangtuanya yang mempunyai banyak anak, namun tak semua dapat terawasi, sampai-sampai ada yang bermain-main dengan narkoba.

Usai bercakap-cakap tentang masa depan dan masa belakang, aku pun pamit.

“Semoga cepat ‘isi’, ya,” ucapku sambil ber-cipika-cipiki.

“Aamiin,” sahutnya.

Aku melangkah pulang menuju rumahku yang tepat berada di depan rumah kawanku itu. Aku terus terpikir tentang keinginannya memiliki satu anak. Berbagai alat kontrasepsi memang tersedia dan dapat dipilih oleh perempuan atau keluarga yang ingin mengatur kehamilannya. Mereka punya hak untuk memutuskan jalan yang mereka pilih, asalkan tidak menentang ketentuan-Nya. Dan aku tentu saja tidak punya hak untuk menghakimi apapun pilihan kawanku itu.

Bagaimana dengan Sahabat sekalian, ingin punya anak berapa? :D

Penulis Tamu : Kaka Akin



23 komentar:

  1. Matur nuwun, Kak, karena sudah berkenan menulis di rumah maya ini. Tulisannya sip :)

    BalasHapus
  2. saya mau punya 3 saja mas.. :)

    mantap artikelnya

    BalasHapus
  3. Banyak anak banyak rejeki Kang, jadi jangan takut untuk punya anak. he,, he,, he,,,,


    Salam,

    BalasHapus
  4. aku sedikasihnya aja Sof heuheu

    BalasHapus
  5. ini swap2an toh hehhe....
    kalo saya,sedikasihnya aja....semoga dikasih berapapun itu rizki untuk anak selalu mengalir amin

    BalasHapus
  6. aku pengen 3,mas :D
    biar rame ...walau gak tahu, berapa jumlah yg akan di-acc Allah untuk aku dan suami :)

    BalasHapus
  7. dulu pengen 2 saja. sekarang...... ehm..... pengen 1 lagi. xixixi...
    ijin suami dan anak lanang sudah didapat. semoga dapat ijin tambahan 1 anak perempuan dari Allah. Amiin.

    BalasHapus
  8. 4 ajah om ben ramee hihihi :D

    BalasHapus
  9. Kalau aku nanti pengen punya anak berapa ya?

    Mikir panjang..... ;)

    BalasHapus
  10. Semoga kita bisa menjaga amanah yang (nsya Allah) akan diberikan ya Kang :)

    BalasHapus
  11. Aku tak golek ibu'e anak-anak dulu Kang hahaha

    BalasHapus
  12. Kang, aku pinginnya lima dan sekarang baru satu...

    BalasHapus
  13. kang sofyan mau punya anak berapa? :) aku 2 saja cukup

    BalasHapus
  14. Punya anak banyak, supaya lebih banyak yang mensyiarkan Islam.
    Yang sudah saya jalani, punya anak banyak dan sedikit itu sama aja capeknya, tapi beda warnanya.

    BalasHapus
  15. Wah pasangan hidup aja masih lama dapetnya. Udah ditanya mau punya anak berapa nih. No komen aja ah.

    BalasHapus
  16. kang, aq mau dong jd penulis tamu hehehe #gaya
    aq msh pengen punya anak byk :p

    BalasHapus
  17. Anak adalah titipan Tuhan yg harus dijaga dan dipelihara yg baik. Disamping hub manusia dg Tuhan, juga ada hub manusia dg manusia dlm sosial kemasyarakatan.Indonesia sudah kelebihan beban dg pertumbuhan penduduknya yg tinggi, ditambah semakin tergerusnya lahan pertanian .Perlu kesadaran kita bersama untk ikut mengerem laju pertambahan penduduk ini. Yg ideal adalah Zero Growth, yaitu 2 anak saja sbg pengganti orang tua. ( palingan mleset ya... 3 lah... he he he ) Bagi yg merasa kaya mampu menghidupi anak berapa saja, dia sebenarnya egois,karena anaknya saja terus yg akan memakai fasilitas-fasilitas yg sebenarnya bisa dipakai oleh orang lain. Misalnya bangku sekolah dll. Jadi mas Sofyan usul saya 2 anak saja cukup yaaaa..(Kalau kebablasan 3 deh, tapi jangan sampai 4 yaaaa... ) he he he ..

    BalasHapus
  18. Kalau saya pingin 8 anak, Kaaaaak.
    Kaka Akin pingin berapa?

    Momennya pas bangettt dengan Brade Sofyan dan Umi nih. :)

    BalasHapus
  19. Anak memang membawa rejekinya sendiri, tapi klo kita gk mo berusaha ya sama aja :)

    BalasHapus
  20. 6 aja, biar bisa bikin tim volly hehe

    terimakasi atas informasinya :-)

    BalasHapus
  21. dulu waktu baru menikah, saya dan suami sama2 kepengen punya 4 anak. Setelah punya sepasang dengan usia yang saling berdekatan, keinginan tersebut menjadi berkurang. 3 ajah, tapi nunggu kakak2nya rada gede dulu. Setelah sekarang anak2 saya rada gede, kami pun sepakat 2 ajah cukup hehehe

    BalasHapus
  22. teman saya sudah menikah 6 tahun, belum juga dikaruniai anak
    tante saya menikah sudah 17 tahun juga bernasib serupa

    jadi inget kasus kasus aborsi, pasangan usia dini yang masih sekolah, belum menikah, malah dikasih anak.

    benar benar hak nya Tuhan, siapa yang diberi anak, dan siapa yang tidak

    BalasHapus

My Profil

Foto saya
Saya lahir, tumbuh, menghabiskan masa ABG di Jember dan sekarang saya mengais rejeki dengan menjadi seorang buruh di sebuah perkebunan di Banyuwangi. Motto dalam hidup saya "Jadikan Hidup Kamu Hari ini Lebih Baik Dari Hari Kemarin"

Post. Terbaru

Followers