Bingung mau kemana nih

Numpang narsis hehe

Ehm..ehm..kok orang² pada sibuk dengan tahun baru ya, emang apanya sih yang baru kan hanya kalendernya tok toh hehehe # dasar sirik. Tahun baru biasanya identik dengan trompet, petasan dan satu yang gak ketinggalan yaitu jalanan padat dan macet total. 2012, banyak sekali yang memprediksi aneh² tentang tahun 2012, kata teman² saya banyak orang metao, metehek dan sok tau hehehe.

Kapanpun tahun barunya, semua berharap untuk menjadi lebih baik di tahun² sebelumnya. Mungkin tahun ini adalah tahun pertama saya menjadi seorang blogger, meski jarang update dan tulisannya masih blepotan dan terkadang mbulet hehehe, saya akan berusaha untuk membenahi dan memberikan yang bermanfaat. Memang umur blog ini masih belum genap 1 tahun, tapi ditahun 2011 ini saya mulai belajar pada sahabat semuanya.

Tak banyak aktivitas yang akan saya kerjakan dimalam tahun ini, mungkin medekam dikamar sambil main game, enaknya keman nih ya hehe. Oh ya untuk para sahabat yang merayakan tahun baru, selamat ya, hati² di jalan, awas copet, awas penipuan, pokoknya mawas diri lah. Semoga para sahabat semua bisa memaknai pergantian tahun ini dengan Indah dan Manis # pinjam kata²nya Masbro.


Selamat Tahu Baru, semoga tahun depan bisa menjadi lebih baik dari tahun ini.

Sampai jumpa tahun lagi Salam dari Banyuwangi - Jember

Note :
Pas tanggal 1 Januari besok kota kecilku Jember berulang tahun yang ke 83, selamat ya buat Kota kecilku, semoga semakin maju dan makmur.

Cara saya mencintai Dia


Foto diatas bukan foto saya lo hehehe. Sebelum membaca kelanjutannya sedikit saya mau buka²an tentang orang yang ada didalam foto tersebut. Dia bernama Ahmad Saifullah dan Dewi, mereka sudah menikah 2 tahun yang lalu dan baru di karunia seorang putri yang lucu dan cantik umurnya hampir 2 bulan, namanya Azzahra Riyanti Nafiza.


Saya mengenal Saiful sejak kecil, bahkan bisa dikatakan dia adalah sahabat kecilku, bahkan sampai detik ini. Karena kita tinggal berdampingan, masa kecil kami bisa dikatakan sangat bahagia hehe, meski terkadang kita sering berantem dan beradu jotos sampai pada memar, tapi itu tidak pernah berlangsung lama hanya berselang beberapa hari saja kita sudah bermain kelereng dan layang layang bersama lagi. Tak jarang kami pun sering curhat dan bercerita tentang permasalahan kami.

Satu hal yang saya ingat dan saya terapkan sampai saat ini, yaitu soal mencintai wanita dan menghargai cinta. Hmm kok terseret sama topic cinta-cintaan sih hehehe. Jujur saya memang gak suci, karena saya sudah pernah menanam benih cinta yang lain di hati ini, tapi itu dulu waktu saya nggak tau arti sebenarnya apa itu cinta. Cukup !! hehehe. Saiful mengajarkan saya bagaimana arti mencintai itu.

Kata dia (Saiful) “memang orang yang kamu cintai tak tahu apa yang kamu lakukan disini, tapi setidaknya kamu menghargai cinta yang ada di hatimu, hargai perasaannya, kenali apa kesukaannya dan apa yang dia benci”. Sedikit tapi membuat saya berfikir, menjaga sebuah cinta itu penuh dengan pengorbanan. Hmm dan ternyata setelah saya aplikasikan ternyat sangat sulit tidak semulus tutur kata yang saya dengar dari Saiful. Saling percaya, jujur dan menghormati mungkin itulah yang saya terapkan dalam menjalin hubungan dengan calon pasangan saya, meski saya tidak ada di hadapannya, saya akan menjaga perasaanya, menjaga kepercayaannya dan menjaga cintanya.

Ehm..ehm..kok posting kayak gini nih hehe, wajah mungkin boleh sumringah tapi hati nggak bisa di bohongi. Sedikit untaian do’a untuk para sahabat yang sedang berperjuang demi sebuah cinta yang abadi.

“Ya Robb, aku titip kekasihku yang paling aku cintai dan aku sayangi, tuntun dia ke jalan yang benar sampai ridho_Mu mempertemukan kita, tegur dia jika menghianati cintaku, tapi Ya Robb jangan biarkan air mata jatuh dipipinya karena sebagian semangatku ada pada dirinya”

Hehe..akhirnya bisa juga saya membuat postingan tentang cinta. Uncle janjiku sudah tak penuhi ki, ayo mana janjimu padaku hehehe.

Kata Emak, Cinta Itu ...


Malam minggu, identik dengan kaula muda yang sedang asik memadu asmara dan memadu cinta. Padahal tadi saya iseng-iseng bertanya pada Emak, Mak cinta itu apa sih ? Emak tersenyum. Emak ndak tau nak, sahut Emak. Sejenak fikiran saya berkhayal, apa mungkin saya akan jadi seperti ini tanpa ada rasa cinta dari seorang Emak, hmm mustahil deh.

Emak memang nggak tau tentang arti cinta, tapi Emak tau cara mencintai. Cinta itu adalah wujud/bentuk kasih dan sayang, bukan sebuah ungkapan kasih dan sayang. Cinta adalah memberi tanpa mengharap balasan, itulah kesimpulan yang saya ambil dari Emak.

Cinta, sebuah kata yang sangat indah didengar dan dirasa. Bahkan sampai ada ungkapan cinta itu buta, cinta itu gila padahal tidak begitu. Mungkin yang beranggapan cinta itu buta dan cinta itu gila, karena mereka sudah tidak memperdulikan sekitarnya,sehinggga prilaku mereka sangat merugikan, serasa dunia milik kita berdua hehehe.

Cinta itu adalah anugerah dari sang Kholiq untuk semua makhluknya, oleh karena itu kita harus menjaganya. Memang mudah mengucapkan kata cinta, tapi sulit untuk mengaplikasikannya. “Aku cinta padamu” kata seorang laki² pada seorang perempuan, awalnya sangat indah, tapi setelah beberapa bulan keindahan itu berubah jadi dendam.

Tak perlu kita berkoar koar untuk mengucapkan kata cinta, tapi perwujudan dari rasa cinta itulah yang harus kita tunjukkan. Seumur hidup saya, saya belum pernah menyatakan cinta pada seorang perempuan, tapi saya hanya meminta “maukah kau menikah denganku” hehehe.

Wah² inilah efek malam minggu sendirian tanpa ada seorang teman untuk bicara hehehe. Tentang kriteria seorang istri, setiap laki² pasti menginginkan wanita yang baik, sholehah, sabar, penyayang dan menerima kekurangan pasangannya. Oh ya, Emak terima kasih banyak atas cinta dan Insprirasinya, karena obrolan kita tadi sore saya bisa ikutan kontesnya Mbak Zoothera. Untuk yang berada nun jauh disana terima kasih sudah menerima aku apa adanya hehehe. Satu kata terakhir yang sangat saya suka “Tambahkan cinta dan kurangi Benci”

Tulisan ini saya ikutsertakan di acara 5th Anniversary Giveaway: Ce.I.eN.Te.A yang diselenggarakan oleh zoothera

Emak I Lop U


Emak, selamat hari Ibu nggeh. Ini hanya sebuah khayalanku untuk mengirimkan sebuah pesan singkat kepada beliau, tapi sayang Emakku GAPTEK. Tapi Emak tidak minder dengan ke GAPTEKannya, beliau malah bangga tidak pernah mengenal barang yang namanya hape, salut deh buat Emakku hehehe.

Emak memang GAPTEK, tapi Emak sudah berhasil dan sukses mendidikku seperti ini yang Emak tahu hanya kasih sayang. Mungkin isi dunia pun gak akan mampu membalas jasa besarmu. Aku tau ketika engkau marah itulah bukti kecintaanmu padaku, Emak aku rindu sekali.

Emak kau adalah wanita yang penuh perhatian bila aku sakit, bila aku terjatuh, bila aku menangis dan bila aku kesepian. Emak saat kupandang wajahmu diwaktu tidur, terdapat sinar yang penuh dengan keridhoan, terdapat sinar yang penuh dengan kesabaran dan sinar yang penuh dengan kasih sayang. Emak aku tidak pernah mendengar engkau mengeluh meski aku tau engkau lelah, aku yang selalu merepotkanmu dan aku yang selalu menyita perhatianmu.

Rasanya tak akan ada habisnya jika membahas semua ketulusan dan keikhlasanmu Emak. Di hari Ibu ini, aku hanya bisa menuliskan sedikit kebahagianku disini Mak. Seperti apapun sosokmu engkau adalah pelita dalam hidupku. Semoga seuntai do'a ini bisa mewakili sedikit rasa rinduku padamu Mak....

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَنْ دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَلَا تَزِدِ الظَّالِمِينَ إِلَّا تَبَارًا

"Ya Tuhanku, ampunilah Aku, Ibu Bapakku, orang yang masuk ke rumahKu dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan"

Emakkk I Lopp You ♥ ♥ ♥

SELAMAT HARI IBU

 
Sumber gambar dari google

NB :
Setelah lama berhiatus, bahkan menghilang tak pernah mengurus blog ini saya mohon ma'af yang sebesar besarnya kepada sahabat blogger yang telah setia berkunjung ke blog mbulet ini hehehe. Do'akan saya selalu diberi kesehatan dan kesempatan untuk BW hehehe.

PR Setelah Bulan 11


Hmmm... saat menulis postingan ini Jember lagi dirundung sedih, karena hampir semalaman menangis tersedu sedu, paginya sang Surya enggan muncul, efeknya jemuranku gak kering kering hehehe. Oh ya ternyata dimasa masa saya berhiatus banyak sekali sahabat blogger yang memberikan amanat alias Pe eR kepada saya, saya akan ambil yang mudah dulu ntar PR yang lainnya menyusul Insya Allah hehe.

Pertama 11 pertanyaan dari Kak Fanny  :


  1. Apa yang kamu rasakan saat melihat bintang  di langit? (Bersyukur betapa hebatnya Sang Kholik menciptakan sesuatu yang sangat Indah #Muhasabah#)
  2. Sejak usia berapa mulai pacaran? (Jiahhhhh, baru kemarin pas umur 26 tahun)
  3. Ketika kecil pengen jadi apa? (Pingin jadi Guru)
  4. Apa makanan kesukaanmu? (Soto, Pecel, Rawon pokok'e masakan asli Indonesia)
  5. Milih mana komik apa novel? (Komik, soalnya bergambar jadi gak jenuh hehehe)
  6. Sebutkan nama aktor kesayanganmu? Kenapa kamu ngefans sama dia? (hmm siapa ya, gak punya deh, saya suka nonton pilm cuman "no reken" sama yang main hehe)
  7. Apa nama panggilan kesayanganmu untuk sang kekasih/suami/isteri? (Umi..umi..umi)
  8. Buat satu kalimat rayuan gombal buat pacar/suami/isterimu (Jiahhhh, maaf saya gak bisa hehehe)
  9. Pernahkah kamu minum air senimu sendiri? (Belum pernah)
  10. Apa julukanmu untuk Sang Cerpenis (tentu saja setelah membaca blognya dan mengetahui beberapa hal mengenai dirinya). (GOKIL = Gaul,Oke punya,Keren,Inovatif dan Luar biasa) hehehehe ngarang)
  11. Siapa nama guru TK mu? (Saya gak pernah merasakan sekolah TK)

Kedua 11 pertanyaan dari Kak Acci  :

  1. Mengapa kamu menulis? #hitung-hitung melanjutkan survey saya yang terhenti beberapa waktu lalu (Pingin aja dan gak ada maksud untuk dijual belikan dari pada tawuran dan ngedruck kan enak'an nulis bisa mengasah otak)
  2. Postingan di blog yang bagaimana paling kamu suka? Diari, info, SEO, hal-hal kontroversi, review atau ...... (isi sendiri)? (Info, Diary dan Review)
  3. Blogger jenis mana yang paling tidak kamu suka? (Yang suka ARISAN #Acara San Rasan# SARA, pokoknya yang suka mengadu domba dan sok )
  4. Kalo ada kesempatan ketemu artis siapa? (Aa Gym, U-Je, Asmirandah dan Okie Setiana Dewi hehehe)
  5. Suka baca buku dak? Paling demen ma buku-buku penulis lokal/ luar yang mana? (Gak suka, kalau baca jarang memperhatikan siapa pengarangnya hehehe)
  6. Paling suka angka berapa? Kenapa? (Angka berapa ya ??? Mungkin 1 karena satu itu kurang buat saya hehehehe,,)
  7. Apa nasehat yang pernah kamu dengar dan tidak pernah lupa sampai sekarang? Nasihat dari siapa itu? (Selalu berbuat jujur pada diri sendiri dan orang lain dari Alm. Kyai H.Achmad Bustomi Jember)
  8. Kalau dikasih kesempatan mengulang waktu, pengen kembali masa yang mana? (Masa SMP dan SMA)
  9. Apa pengalaman kamu yang paling mencenangkan dan tidak terlupakan? (Menjadi seorang satpam dunia maya dan sempat berkelahi sama preman Kampus hehehe)
  10. Menurut kamu, orang-orang insomnia karena apa? (Bisa karena fikiran, terlalu banyak tugas deadline dan terlalu banyak menyeruput kopi)
  11. Tolong review dikit tentang blog saya dungz. :) (pendapat kamu tentang blog ini maksudnya, saran dan kritik). (Jiaaahh ini pertanyaan yang sulit, terkadang saya kurang memahami isi diblog ini bahasanya terlalu tinggi maklum saya orangnya lemot hehehe)
Alhamdulillah terselesaikan juga PR nya, ntar mau mengerjakan PR dari sahabat sahabat blogger lainnya.  Berhubung bulan sebelas sudah lewat saya gak akan meng estafetkan PR ini hehehe. 

Gurindam Setelah Bulan Sebelas



Kepasar hanya beli semangka
Assalamu’alaikum Mbak Yunda dan Kak Thia

Meski Dzulhijjah sudah pergi
Kita sambut Muharram nan suci

Pergi ke Mekah tuk berhaji
Semoga kita bisa memperbaiki diri

Sebelas hal terbaru tentang saya dan keluarga

1.      Saya anak terakhir dari 2 bersaudara
2.      Alhamdulillah sudah tidak jomblo lagi hehehe
3.      Keturunan blesteran Ibu Jawa dan Ayah Madura
4.      Meski keturunan Madura belum sekalipun menginjakkan kaki di Pulau Madura
5.      Akhir akhir ini suka males untuk mengurus blog ini
6.      Ayah seorang petani dan peternak sapi (padahal cuma punya 1)
7.      Ibu mempunyai usaha Warteg (mungkin ada yang berminat menerima pesanan juga hehe)
8.      Kakak saya perempuan dan baru saja lulus dari pesantren, sekarang jadi penjahit meski masih amatir tapi lumayan saya sering dibelikan pulsa hehehe
9.      Saya baru saja menjadi seorang Kakek karena ponakan baru saja melahirkan seorang bayi mungil
10.   Jarang bisa tidur pada malam hari alias suka begadang hehehe
11.   Sudah mulai istiqomah main bola lagi semenjak kaki patah 3 tahun lalu



Sebelas janji saya ditahun ini (1433 H)

1.      Tidak malas untuk beraktifitas, baik didunia nyata maupun didunia maya
2.      Tidak menunda nunda pekerjaan yang setiap hari selalu ada
3.      Bisa mengatur waktu dengan efesien dan tepat guna
4.      Istiqomah sholat berjama’ah 5 waktu dan sholat sunnah lainnya
5.      Istiqomah baca Al-Qur’an dan tafsirnya
6.      Merubah tidak tidur lagi setelah sholat shubuh
7.      Tidak mau begadang kecuali laporan belum selesai
8.      Menjaga pola makan, makanya saya gak gemuk² makannya tidak teratur hehehe
9.      Tidak mau mudah termakan omongan orang lain lagi
10.   Rajin olah raga terutama sepak bola
11.   Segera melangsungkan pernikahan sama si Umi hehehe

Sebelas yang tak tak akan diulangi karena buruknya atau bisa juga yang paling berkesan karena baiknya ditahun 1432 H

1.      Ketinggalan sholat berjama’ah sehingga sering di tegur Ayah
2.      Bangun kesiangan sehingga telat untuk berangkat kerja
3.      Tidak pingin kebut²an lagi, karena 3 bulan lalu saya kecelakaan
4.      Tidak mau memakan makanan yang pedas
5.      Bertemu dengan Umi adalah hal yang paling Indah dalam sejarah hidup saya hehe
6.      Nongkrong sama teman² sampai larut malam
7.      Menunda untuk mencuci pakaian sampai stock baju habis hehehe
8.      Mempercayai omongan orang lain yang bisa menimbulkan fitnah
9.      Tidak lagi menunda nunda membersihkan rumah dinas, soalnya setelah di kontrol rumah dinas yang saya tempati mempunyai nilai C
10.   Tidak lagi menelantarkan tanaman karang kitri yang ada didepan rumah dinas
11.   Lupa mengunci rumah saat mau pergi pulang (mudik mungguan) hehehe.

Makan nasi putih di dekat empang
Meski tidak menang yang penting nampang

Jus anggur jus tomat
Sekian dari saya semoga bermanfaat

Pergi kesawah bersama Ayah
Selamat Tahun Baru 1433 Hijriyah


Tulisan ini saya ikutsertakan di acara Gurindam Muharam Plus 33 yang diselenggarakan oleh Yunda Hamasah dan Lyliana Thia

Hujan beri aku kesejukan


Musim hujan telah tiba, apa yg diinginkan para petani dan berbagai kalangan masyarakat lainnya sudah datang. Memang kemarau beberapa bulan lalu terasa amat lama, padahal hanya 1 bulan tapi sudah terasa sangat panas.

Ketika hujan mulai turun, horee,, sorak sorai kegirangan masyarakat menyambut datangnya air dari langit itu. Sujud syukur serta pujian² datang dari segela arah penjuru menyambut datangnya hujan. Tapi kegirangan tersebut hanya datang beberapa saat saja, hanya dalam hitungan hari air dari langit itupun berubah jadi sosok yang ganas, yang kalap dan tidak peduli terhadap apa yang ia sentuh.

Blarrr, sebuah gubuk kecil ditepi pinggiran kali hanyut terbawa derasnya arus air kali. Kegirangan yang terlihat beberapa hari lalu mulai hilang, bahkan bukan hanya langitpun yang meneteskan air tapi sang penghuni gubuk itupun ikut mengeluarkan air mata. Tidak hanya gubuk itu, tapi tebing dipinggir jalan itu ikut tergerus oleh derasnya air hujan. Konon pepohonan itu bisa menahan laju air hujan, tapi sayang pohon itu sudah tidak bersisa lagi.

Siapa yang salah, hujankah atau penghuni gubuk itu yang telah sedikit menyumbat jalannya air atau si penebang pohon itu. Hmmm, ataukah ini takdir, entahlah sayapun bingung dan tidak akan memvonis siapa yang salah dan siapa yang benar, yang ada dibenakku kenapa hujan jaman sekarang tidak pernah membawa kesejukan malah membawa petaka. Jadi kemana hujan yang dulu selalu membawa berkah dan kesejukan itu. Kami semua kangen akan kehadiranmu.

Dear Pahlawanku : Pak Harto

Sumber gamber dari Google

Assalamu’alaykum Pak Harto
Salam sejahtera selalu untuk Anda

Sebelumnya saya mohon maaf Pak, mungkin saya sudah lancang karena berani mengeluarkan uneg² saya ini Pak. Saya yakin Bapak bukan seperti kebayakan yang orang sangka, kalau bapak itu diktator, bapak itu kejam dan bahkan gak kenal dengan istilah HAM. Salah !! saya tidak setuju, pemerintah tidak salah menjuluki Anda sebagai Bapak Pembangunan di negeri ini. Mungkin yang mereka tau karena bapak menjabat dan memimpin negeri ini sangat lama sekali sehingga lawan politik bapak berfikiran kotor, hmmm suatu pemikiran yang sangat dangkal. Mengapa mereka tidak melihat apa yang sudah bapak perbuat untuk negeri ini.

Tapi tenang Pak, saya masih percaya sama bapak, yang saya tau Bapak telah memuliakan kaum kecil seperti Petani, Nelayan dan Buruh. Mungkin saat ini bangsa ini sangat membutuhkan sosok seorang seperti bapak, yang tegas dalam mengambil keputusan dan sangat menyayangi masyarakat kecil seperti saya. Kasak kusuk mengenai bapak mulai santer ketika Bapak teralu lama tinggal didalam Istana.

Tidak hanya itu mereka bahkan menuduh bapak sebagai koruptor, hmm saya juga gak berani berkomentar tentang hal itu. Tapi setelah beberapa tahun ini kami sebagai rakyat kecil sangat merindukan bapak. Karena bapak, hasil bumi bisa kita terkenal dan mendunia, kami pun gak sampai membeli beras ke negara tetangga, sekolah tidak mahal dan tidak ada yang namanya teroris. Dan yang membuat saya bangga, bapak tidak memberikan kesempatan sedikitpun pada negara lain untuk mengambil sejengkal tanah negeri ini.

Yahh, sudahlah biar masyarakat yang menilai dan merasakan lebih enak mana jaman bapak memimpin dengan jaman saat ini. Kalau toh bapak di tuduh korupsi dan lain² itu hak mereka. Kemana sahabat bapak yang selama ini selalu bersama difoto² itu, hmm apa benar dalam politik tidak ada persahabatan yang kekal, hanya kepentinganlah yang abadi.

Mudah-mudahan saya terhindar dari orang-orang yang semasa bapak memegang jabatan Presiden, selalu mendekat-dekat, menjilat dan mencari muka. Pada waktu bapak tidak lagi menjadi Presiden orang-orang itu pula yang bersuara lantang menghujat, mencaci, melempar segala kesalahan kepada bapak. Saya akan berusaha meneruskan cita cita bapak untuk terus memajukan dan mengharumkan nama Bangsa ini pada dunia.

Salam hormat dari saya,








Postingan ini diikutsertakan dalam Kontes Dear Pahlawanku
yang diselenggarakan oleh :


Sponsored By :


P. Haji Mengejar Layang Layang


Mengingat masa-masa lalu itu indah rasanya. Saya mencoba mengenang masa lalu, dimana jaman masih belum begitu modern, TV, Radio dan Tape masih menjadi barang langka jadi hiburan sehari-sehari kebayakan main disawah atau bermain layang-layang.

Tapi hal yang paling seru dan masih sering saya lakukan sampai saat ini yaitu bercanda sambil bermain teka teki bersama teman-teman atau sama ponakan kecilku, teka teki kata orang didaerah sekitarku disebut juga bede’an. Bermain teka teki itu memang asik, selain kita bisa mengasah otak, kita juga bisa bergaurau disaat teka teki itu tidak terpecahkan.


Teka teki jaman sekarang sudah beraneka ragam, mulai dari permaianan menyusun sesuatu benda sampai memecahkan suatu kata. Teka teki yang masih saya ingat sampai detik ini adalah dulu waktu masih SMP saya mempunyai teman yang sentiment pada salah seorang tetangganya, maklum teman saya ini memang jahil habis. Kebetulan tetangganya adalah seorang lelaki yang sudah naik haji.

Teman saya memberi tebakan (teka teki) pada saya dan teman saya, putih putih jalan mundur apa hayo ?? yang bisa dapat permen, kata temanku. Kami pada mikir apaan ya(sambil garuk garuk kepala hehe)..setelah beberapa lama gak ada jawaban yang pas, bahkan jawabannya gak nyambung akhirnya menyerah juga. Jawabannya adalah P. Haji lagi tanam padi (sambil menunjuk si tetangga), jiahhhh hehehe. Ada lagi, putih putih berlari apa hayoo ???. Temanku menjawab P. Haji mengejar si Mamat hehehe, salah, P. Haji sedang bermain bola hehe, salah juga, sudah ah menyerah. Yang benar P. Haji sedang mengejar layang layang hehehe.

Teka teki diatas ada karena kami lagi suntuk jadi teman jahil saya memecahkan kesuntukan dengan mengobyekkan P Haji hehe. Tapi ini hanya tebakan tidak bermaksud untuk menyinggung orang lain. Lah, kebetulan Kak Fanny memberi teka teki yang sedikit unik, karena kata Kak Fanny ada 1 benda rumah yang bisa menjadi Alat tulis, bisa jadi perkara, bisa tidak berguna dan bahkan bisa jadi Tentara, padahal ini satu kata, hanya dengan mengganti salah satu huruf diantara huruf yang lain maka jadilah bermacam macam seperti diatas, keterangan lebih lanjut dan jelas segeralah meluncur keTKP hehehe. Oh ya teka teki yang di berikan Kak Fanny ini berhadiah lo, bagi yang berminat ayo segara ikutan.


Sumber Gambar dari Google

Naik Trans Yogya

Photobucket

Awalnya hanya sebuah mimpi, bagaimana saya bisa pergi ke Yogyakarta. Alhamdulilllah mimpi itu terwujud juga meski sedikit melenceng dengan angan-angan saya selama ini. Saya ingin ke Yogyakarta sendiri dan mau berkeliling ria sepuasnya, tapi itu hanya sebuah angan-angan.

Dan pada awal Oktober kemarin saya berkesempatan untuk pergi ke Yogyakarta untuk pertama kalinya. Tapi kali ini bukan untuk berlibur, melainkan untuk sebuah pekerjaan yang saya tekuni. Awalnya saya sedikit ragu dengan kepercyaan diri saya untuk pergi kesebuah kota besar, maklum saya gak pernah keluar kota sendirian. Berangkat sore dari Banyuwangi sampai Yogya masih gelap, tepatnya subuh.

Saya memutuskan untuk naik ojek ketempat saya menginap. Sesampai dipenginapan saya terkejut, kok besar banget sih penginapannya, padahal seumur-umur baru pertama kali saya tidur disebuah hotel gedhe, yang berfasiltaskan AC dan menyebabkan saya flu yang tak kunjung sembuh (ndeso tenan) hehe.

Hotel LPP Convention Demangan Mliwis Yogyakarta

Setalah beberapa hari mendekam dikamar akhirnya saya bisa beradaptasi dengan lingkungan kamar yang ber-AC. 2 hari kemudian saya berniat untuk menelusuri kota Yogyakarta dengan Trans Yogya yang konon katanya hanya dengan Rp. 3000 kita bisa berkeliling kota Yogyakarta. Tanpa ragu ragu saya bertanya pada salah satu recepsionis hotel,

Mbak naik apa kalau dari sini mau ke Malioborro ? tanya saya
Naik Trans Yogya aja Mas, tinggal tunggu di Halte, langsung deh diantar sampai tujuan, jawab si recepsionis
Apa benar kita hanya bayar Rp. 3.000 untuk keliling Yogyakarta Mbak ?
Iya Mas,
Ooo…terima kasih Mbak.... Langsung deh meluncur ke Halte Trans Yogya yang berada tak jauh dari penginapan saya.

Kejadian lucu berawal dari sebuah Halte Trans Yogya. Dengan lugunya saya langsung nylonong masuk ke Halte tersebut, kok pintunya gak bisa dibuka gimana nih, padahal sudah ada bus yang tujuannya ke Malioboro, pikiran saya apa mungkin pintunya rusak. Akhirnya saya memutuskan untuk meloncati pintu yang tingginya kurang lebih 40 CM tersebut. Belum menginjakkan kaki saya ditegur oleh petugas Halte.

Mas mau kemana ? Tanya petugas Halte
Saya mau ke Malioboro Pak.
Bayar dulu baru pintunya bisa terbuka,

Dieeerrr malunya diriku hehehe. Maklum ditempat saya untuk naik bis aturannya naik dulu baru bayar, ini malah terbalik hehehe.

Dengan perasaaan malu saya pun naik Bus Trans Yogya, mungkin karena perasaan malu itu masih ada saya jadi gugup sampai-sampai dompet dan uang saya jatuh, meski dompetnya kembali tapi uangnya hilang, untungnya isi dompet tidak hilang semuanya dan saya bisa bernafas lega (Alhamdulillah).

Setelah puas berkeliling Malioboro dan Yogya saya kembali ke hotel. Mungkin saya terlalu lelah, setelah sholat Ashar di Musholla saya kembali kekamar, dan ternyata saya salah masuk kamar hehehe. Wah benar-benar pengalaman pertama yang mengesankan dan memalukan.

Dengan pengalaman ini saya menyimpulkan janganlah malu bertanya jika kita sedang ada di kota orang, apalagi kota besar bisa tersesat dan memalukan seperti yang terjadi pada saya hehehe. Apapun hal yang pertama untuk kita pasti mengesankan meski tidak semua indah, tapi dibalik semua kejadian itu pasti ada hikmahnya.

Artikel ini disertakan dalam

Sumpah Pemuda


Hari ini bertepatan dengan hari “Sumpah Pemuda”, masih ingatkah kalimat sumpah pemuda yang kala itu terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928.

“Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia"
"Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia"
"Kami Putra dan Putri Indonesia menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia”

Semoga janji para pemuda tempo dulu ini selalu diingat oleh para penerus bangsa ini. Miris sekali pemuda jaman milinemum ini, semua serba berlebihan. Kenapa berlebihan, karena hanya hal sepele adu otot menjadi pilihan utama. Tawuran jadi kegiatan yang dianggap keren, padahal sangat merugikan. Bangganya menggunakan Narkoba, padahal itu menyiksa.

Meski tidak semuanya begitu, saya bangga menjadi salah satu pemuda Bangsa ini. Semoga cita² para pemuda tempo dulu tetap melekat didalam jiwa kita semua dan semoga Bangsa ini menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Selamat Hari Sumpah Pemuda

Sumber gambar dari google


NB :
Meski postingannya hanya sak uprit, hanya inilah yang bisa saya persembahkan dihari Sumpah Pemuda ini. Bagaimana dengan sahabat blogger semuanya, apa yang telah anda lakukan untuk bangsa ini sebagai penerus bangsa ??
Oh ya ternyata hari bertepan dengan Hari Blogger Nasional ya, benar gak sih ??

Hanya Rp. 25


Setelah postingan terakhir “Kopdar tanpa Foto” blog ini mandeg, komentar² para sahabat malah gak sempat dibales. Padahal saya pingin sekali menulis postingan, tapi gara² uang Rp. 25 saya hilang, semua menjadi buyar. Pasti semua pada bertanya, ada apa dengan uang Rp. 25, kan hanya Rp. 25 mosok sampai bingung.

Ceritanya begini, sepulang dari Yogyakarta, bukan oleh² Batik atau Bakpia Pathok yang saya bawa, tapi saya malah kehilangan uang senilai Rp. 25. Nilainya hanya sak upil sih, tapi efeknya bisa bikin puyeng tujuh keliling. Uang tersebut terselip pada sebuah laporan pembukuan, andaikan uang tersebut bisa diganti dengan membayar tunai pasti saya bayar lebih dari itu, masalahnya uang ini hilang tidak terdeteksi dipembukuan.

Setelah seharian mencarinya, ternyata uang tersebut nyangkut diatas asbes gelombang hehehe. Loh kok bisa, karena harga asbes yang semula Rp. 98.750 saya tulis Rp. 98.725 hehehe. Entah dari mana saya bisa menuliskan angka tersebut, mungkin karena kelelahan atau terlalu banyak pekerjaan yang harus saya kerjakan, soalnya di tinggal main² ke Yogya sampai beberapa hari hehehe. Kejadian ini mungkin adalah sebuah karma atau kebetulan bagi saya, karena selama sekolah, pelajaran yang saya benci adalah pelajaran Akuntansi, eh kok ndlalah ketemu di dunia kerja.

Kalau dilihat sih sepele, tapi semua tetap harus dipertanggung jawabkan, andaikan semuanya bisa dibayar tunai pasti akan mudah dan gak akan ribet. Hmmm….karena uang Rp. 25 saja jam tidurku berkurang, makanpun tak selera, padahal hanya sak upil tapi lumayan bisa membuat saya stress, gimana gak mau stress wong di deadline hehe. Hal sekecil apapun jangan dianggap remeh, besar atau kecil semua akan membawa efek tersendiri.

KOPDAR tanpa FOTO


Hai..hai..hai..lama gak muncul diranah blogsphare rasanya kangen banget nih. Bukan karena sibuk, atau gak ada waktu, tapi memang saya sengaja untuk sejenak beristirahat dari gemerlapnya dunia maya untuk menikmati indahnya dunia nyata hehehe.

Ternyata saya sudah ketinggalan jauh sekali dengan info info menarik yang sobat blogger sajikan beberapa hari ini. Oh ya, postingan ini ditulis pas saya ada di luar kota tepatnya di Yogyakarta, ternyata Indonesia itu luas sekali ya (baru sadar hehe), bisa dibayangkan perjalanan yang saya tempuh dari Banyuwangi –Yogyakarta 12 jam (maklum naik bis hehe), padahal ini masih sampai Jawa bagian tengah, belum Jawa bagian barat pasti lebih lama lagi.

Mungkin benar kata pepatah sambil menyelam minum air, itulah yang saya lakukan di Yogyakarta, apa itu ???? KopDar….benar sekali. Awalnya saya gak ada niatan untuk Kopdar, alasannya karena saya ke Yogya bukan untuk berekreasi melainkan untuk “nguli” hehe. Kopdar kali ini, saya bertemu dengan seorang blogger wanita yang sudah tak asing lagi diranah dunia blogsphare yaitu Kak Ami.

Awalnya saya ragu untuk Kopdar dengan Kak Ami, soalnya tempat yang diajukan Kak Ami saya ndak paham, maklum saya baru pertama kali ini menginjakkan kaki di Yogyakarta. Akhirnya Kak Ami mengalah, kita janjian untuk bertemu di salah satu mini market dekat saya menginap, akhirnya kita ketemu juga. Dan hal yang ditunggu2 adalah makan “nasi rambas”, kata teman2 SMA “nasi rambas = nasi ratu” hehehe. Apa itu nasi rambas/nasi ratu itu, nasi rambas = nasi ora tumbas/nasi ora tuku, kalau kata anak muda jaman sekarang traktiran hehe.

Kak Ami memutuskan mengajak saya makan soto yang ada didaerah Ambengan di Gejayan, “ Soto Pak Sadi” menjadi tempat kita ngobrol ngalor ngidul sambil menikmati nikmatnya “soto rambas” hehehe. Kak Ami menyayangkan gak ada foto2an sebagai bukti otentik bahwa kita kopdar, “ ntar dikira hoax lo” kata Kak Ami, saya hanya tersenyum. Saya memang sudah 3 kali ini Kopdar sama blogger, yang pertama Kopdar sama Uncle Lozz, Masbro dan Mas Arif, maklum mereka blogger Jember, dan yang ketiga sama Kak Ami di Yogyakarta.

Saya memang paling malu kalau di foto, apalagi fotonya di tempat umum jiahhh gak pede uey bahasa ngetrendnya “gak narsis”, ntar malah gak ada gambarnya hehe. Niatan kopdar saya hanya 1, yaitu untuk mempererat tali silaturrahmi dan persahabatan antar sesama penghuni dunia maya khususnya dunia blogsphare. Foto hanya sebagai faktor penunjang untuk memberikan kesan bukti otentik saja. Jadi maaf ya kalau kopdar sama saya gak ada acara poto2an hehe, yang terpenting, saya bisa mengenal dekat dengan mereka dan bisa bertukar fikiran.

Salam……

Jangan Marah Boss !!


“Semakin tinggi pohon itu tumbuh semakin besar hembusan angin yang menerpa”
“Semakin tinggi kita terbang semakin kecil kita melihat yang bawah bahkan semakin tak terlihat”

Maaf saya bukan mau berpepetah ria, tapi hanya mau mengaplikasikan pepatah tersebut dalam kehidupan sehari². Yang pertama, beberapa hari lalu di WB (Warung Blogger) ada kasak kusuk tentang penyelinap yang ingin membuat kisruh, untungnya sang admin sekaligus satpam WB sigap, sehingga WB aman terkendali. Mungkin si “pengacau” sedang ingin bermain² dengan cara yang salah sehingga membuat sang Admin murka, dan akhirnya si “pengacau” di DO (Drop Out) hehehe.

Padahal WB baru saja berdiri, sudah ada angin kecil menerpa group ini, untungnya tidak sampai merobohkan atap² WB, soalnya WB tempat tongkrongan yang asyik dikala ide nulis lagi mampet. Mungkin ini bukti nyata yang ada didalam pepatah “Semakin tinggi pohon itu tumbuh semakin besar hembusan angin yang menerpa”.

Lain halnya didunia maya, didunia nyata pun ada sedikit yang menggelitik uneg² saya. Kisah ini memang tidak terjadi langsung pada saya, tapi terjadi pada teman kerja saya. Gara gara salah meletakkan Map perjanjian yang isinya saya tau persis sangat tidak penting dan tidak begitu berbahaya bagi kelangsungan hidup perushaan sang Boss marah besar hehehe.

Saya hanya tersenyum melihat teman saya pagi² sudah mendapat semprotan dari sang Boss. Tanpa disadari dia (Sang Boss) tidak akan jadi Boss kalau kami tidak bekerja dengan optimal, ehh balasnnya malah kayak gitu. Tapi biarlah mungkin itu salah satu tugas dari seorang Boss.

Apa benar jika kita sedang berada diatas yang dibawah terlihat begitu kecil, sehingga bisa menginjak² yang kecil, padahal faktanya yang bekerja keras itu adalah yang kecil, sang Boss hanya tinggal tunjuk jari dan tanda tangan doang. Marah bukan solusi tepat untuk menyelesaikan sebuah masalah. Ya sudahlah semua sudah terjadi, kok ya untungnya tidak terjadi pada saya, coba itu terjadi pada saya pasti saya bikin heboh sang Boss tersebut hehehe. Semoga disaat kita berada diatas, hati kita tetap rendah sejajar dengan bawahan kita AMIN. Jangan Marah Boss !!!

PEDAS nya Ekonomi


Tahu..tahu..kacang..kacang..koran..koran
yang dingin..yang dingin…
☺ ☺ ☺

Pernahkah sahabat netter mendengarkan kata kata tersebut ?, saya bertemu kata kata itu dari sebuah Kereta Api Tawangalun jurusan Banyuwangi – Malang. Sebuah kalimat yang keluar dari beberapa pedagang asongan yang menjajakan jualannya didalam kereta kelas Ekonomi. Dan saya juga baru tau kalau singkatan mereka adalah “PEDAS” alias Pedagang Asongan hehehe.

Apa yang bisa kita ambil hikmah dan pelajarannya dari pedagang asongan ini ?. Yaitu jiwa tanpa menyerah dan putus asa untuk terus hidup. Mereka tidak pernah memaksakan pada para penumpang untuk membeli barang dagangannya, walau terkadang kita sering kecewa saat membeli dagangannya karena tidak sesuai “promosinya”. Setidaknya pedagang ini sudah menjadi suatu pemandangan yang menghiasi didalam sebuah kereta kelas Ekonomi.

Dari beberapa pedagang yang berjualan didalam kereta tersebut, ada seorang penjual koran dan majalah yang sedikit menggelitik para penumpang sehingga membuat sebagian penumpang tersenyum termasuk saya. Begini kata katanya seingat saya “ada bayi di goreng oleh seorang ibu rumah tangga” , “kebakaran tidak bisa dihindari disebuah pabrik tahu”, ini adalah beberapa kalimat yang terekam di otak saya. Setelah saya membolak balik koran tersebut kok berita yang dibilang gak ada. Ternyata bayi yang di goreng oleh seorang ibu rumah tangga tersebut ternyata bayi ikan tongkol nah loh siapa coba yang tidak gak tertawa hehehe.

Setidaknya didalam sebuah kereta api yang penuh dengan penumpang ternyata masih ada canda tawa, dan ternyata kalau hati dalam keadaan senang meski berdiri naik kereta api rasa capekpun gak terasa, meskipun setelah samapai tujuan baru terasa hehe. Nah ayo siapa yang punya pengalaman unik di dalam sebuah kereta api ??

Sarung Kusut


Assalamu’alaykum para sahabat dunia mayaku semuanya…

Postingan kali ini tetep masih dalam nuansa kontes/giveaway yang diadakan oleh Kakak dunia maya saya yaitu Kaka Akin. Temanya pun sangat unik yaitu pengalaman unik yang berkaiatan dengan “sarung”. Semula saya menganggap Kaka Akin adalah juragan sarung karena dia rela bagi² sarung, dan sarung yang dibagi²kan tidak main² yaitu sarung Samarinda, sarung yang sudah terkenal diseluruh negeri ini, baik kualitas maupun motifnya, ternyata acara ini diadakan dalam rangka hari lahir Kaka Akin yang jatuh pada tanggal 27 Agustus kemarin hehehe.

Sarung merupakan sepotong kain lebar yang dijahit pada kedua ujungnya sehingga berbentuk seperti pipa/tabung. Kain sarung dibuat dari bermacam-macam bahan: katun atau sutera. Penggunaan sarung sangat luas, untuk santai di rumah hingga pada penggunaan resmi seperti ibadah atau upacara perkawinan. Pada umumnya penggunaan kain sarung pada acara resmi terkait sebagai pelengkap baju daerah tertentu.

Ada sebuah pengalaman lucu semasa saya masih dipesantren yang masih berhubungan erat dengan sarung. Dulu saya pernah mengenyam pendidikan disalah satu pesantren salaf (kuno) meski hanya sebentar yang mana pakaian sehari² adalah sarung. Sarung kusut sudah menjadi pemandangan dipesantren kala itu, karena pesantren yang saya tempati masih belum mengenal setrika listrik. Tapi untuk menyiasati sarung supaya tidak kusut yaitu dengan menjadikan sarung sebagai alas dibawah bantal setelah dilipat rapi meski hasilnya tidak maksimal tapi agak rapilah sedikit hehehe atau dengan menjemur sarung dengan kedua bambu yang digantung.


Kebiasaaan dipesantren pun sedikit unik dan kadang menjengkelkan kerena ada kebiasaan yang sampai saat ini masih berlaku yaitu ghosob atau memakai/meminjam barang orang lain tanpa pamitan/ijin pemiliknya, mungkin itu sebentuk solidaritas persahabatan atau toleransi antar sesama santri saya gak tau. Pernah pengamalan pribadi saya gara² sarungku dipakai teman tanpa ijin, saya pun telat sholat berjama'ah shubuh dan dihukum untuk mengepel masjid, alasannya gak ada sarung untuk sholat terpaksa deh menunggu teman untuk meminjamnya. Bukan hanya saya yang sering jadi korban gara² gak ada sarung untuk sholat berjamah tapi santri lainnya juga banyak hehehe. Meski menggunakan celana panjang tidak masalah tapi tetep aja kena hukum, soalnya dulu menggunakan sarung hukumnya wajib hehehe.

Lain halnya dipesantren, di Lamongan juga ada suatu tradisi yaitu membagi²kan sarung kepada teman atau kerabat terdekat, hanya tradisi ini dilakukan oleh beberapa tokoh masyarakat saja, seperti keluraga Kyai dan para pengusaha. Kemarin Umi Nikita bercerita bahwa dia dapat sarung dari temannya yang ada di Lamongan duhh senengnya hehehe. Mungkin benar yang diceritakan para sahabat tentang sarung, bahwa sarung itu multifungsi dan untuk semua kalangan.

Postingan ini diikut sertakan dalam acara “BERBAGI CERITA TENTANG SARUNG“ oleh Kaka Akin

NB :
Sumber gambar dari google.com

Keturunan Sang Cerpenis


Assalamu’alaikum semuanya para sohabat Netter……

Sebelum masuk pada pokok permasalahan inti, saya mau mengenalkan dulu pada para sahabat blogger semuanya sebuah blog yang isinya bagus dan lucu lucu yaitu Sang Cerpenis Bercerita yang dimanajeri oleh Kak Fanny dari Jakarta (bila ada yang belum kenal). Selain bagus dan lucu lucu blog ini juga rajin mereview blog orang lain tanpa diduga hehehe dan kebetulan Kak Fanny pernah mereview blog saya meski ada yang lucu disalah satu komentar dipostingan itu yang menganggap bahwa saya adalah Sang Pangerannya. Padahal sang pangeran sudah pernah diposting diblognya dan kemarin kabar terkini tentang sang pangeran bersama Kak Fanny sedang berlibur cihuyyyy. Jujur baru kali ini saya bisa melihat foto Kak Fanny dengan jelas dan gamblang, soalnya foto² sebelumnya kecil banget hehehe.

Hmmm ternyata intermezzonya sudah panjang nih, intinya postingan ini saya ikutkan dalam acara giveawaynya Kak Fanny dalam rangka menyambut postingan yang ke 1500 wow sebuah karya yang fantastis. Syaratnya gampang² susah yaitu hanya memilih salah satu postingan yang disukai, hmmm dari 1500 hanya memilih 1 postingan yang disukai sebuah pilihan yang sangat sulit, karena postingannya bagus² jadi bingung memilihnya, tapi namanya syarat ya harus tetap dilaksanakan.

Dan postingan yang saya pilih jatuh pada postingan yang berjudul “Keturunan Yang Kedelapan” postingan ini mirip sekali dengan sebuah iklan salah satu produk layanan operator yang baru baru ini ditayangkan di televisi televisi. Meski sebuah joke tapi ada benarnya juga kita tidak boleh mengandalkan harta warisan orang tua, lebih baik berusaha dengan jerih payah sendiri dari pada mengandalkan warisan harta orang tua, apalagi harta yang diturunkan hanya mampu untuk turunan yang ke 5 pasti yang kedelapan gak akan kebagian hehehe.

Postingan ini diikut sertakan dalam acara giveaway Sang Cerpenis Bercerita

Ngojek Sambil Silaturrahmi


Assalamu’alaikum semuanya para sahabat Netter……..

Hampir setengah bulan blog ini gak tersentuh oleh sang Empunya hehe, bukan males atau bingung lagi tapi untuk mengkhitmatkan sejenak kegiatan dunia nyata. Mumpung masih dalam suasana lebaran tak henti²nya saya mau mengucapkan “Selamat Idul Fitri 1432 H Mohon Maaf Lahir dan Bathin”.

Oh ya saya hanya sedikit mau reportase aja selama liburan. Liburan lebaran kali ini sangat unik karena selama liburan saya full jadi tukang ojek keluarga, mulai dari belanja kebutuhan Bunda sampai silaturrahmi kerumah saudara serta sahabat dan masih tetap bersama si bebek hitam yang dengan setia mengantarkan saya dan para penumpangnya selamat sampai tujuan hehehe.

Memang saya akui lebaran tahun sebelumnya saya lebih memilih mendekam dirumah dan bersilaturrahmi pada tetangga, sahabat dan tetangga terdekat, tapi lebaran tahun ini saya menjelajahi semua sanak family yang berada nun jauh disana hehe, daaannnn setelah sekian tahun gak pernah bertemu dengan saya banyak sekali saudara saudara yang pangling (lupa) sama saya soalnya sudah gedhe maklum terakhir bertemu mereka saat itu saya masih sekolah SD hehe. Malah lucunya ada beberapa saudara yang mengatakan saya agak gemuk, perasaaan saya gak bisa gemuk deh, dan pertanyaan yang selalu tampil dihadapan saya adalah “kapan nih calonnya mau di bawa kesini”, huuuuuu pertanyaan mudah tapi sulit untuk saya jawab.

Hmm…mungkin cukup sekian reportase saya selama liburan semoga tulisan ini menjadi awal yang essip untuk terus menulis dan bercerita, oh ya hampir saja saya lupa ternyata bersilaturrahmi itu sangat menyenangkan loo, benar kalau ada sebuah hadist “ bahwa bersilaturrahmi itu dapat memperpanjang usia” karena setiap kali saya berkujung kerumah para saudara dan sahabat pasti ada suguhan yang selalu membuat perut terasa kenyang hehehe (hanya sekedar lelucon kok). Bagaimana dengan liburan lebaran para sahabat netter sekalian, selain menikmati indahnya mudik apa saja kegiatan yang lainnya hehe.

Salam ☺ ☺ ☺ ☺

Saya Bingung

Assalamu’alaikum semuanya para sohabat Netter……..Marhaban Yaa Ramadhan ☺ ☺ ☺

     Tak terasa Ramadhan sudah berada dipenghujung waktu dan alhamdulillah puasa kali ini berjalan sesuai dengan rencana sesuai jadwal. Jujur saya bingung mau menulis apa disini, entah ini bermafaat atau tidak semua tergantung penilaian para sahabat semuanya hehehe.

Kebingungan yang pertama :
     Beberapa hari ini saya bingung mau posting apa di blog ini, penyebabnya koneksi yang saya gunakan leletnya semakin menjadi jadi mau BeWe aja sulitnya ampun dah, padahal banyak sekali yang mau saya ceritakan diblog ini, entah karena rasa malas untuk membuka Internet ide itu hilang terbawa nikmatnya keindahan dunia nyata hehehe. Makanya postingan kali ini bertemakan kebingungan.

Kebingungan yang kedua :
     Banyak para sahabat blogger yang sedang berkunjung di blog mbulet ini pada protes karena kotak komentarnya sulit untuk di tembus atau gak bisa muncul, entah penyebabnya apa, saya juga tidak paham apa ini efek dari koneksi atau ada script yang salah dengan HTML diblog ini. Tapi saya sudah mencoba memperbaikinya kok, saya tidak mau egois dengan kenyaman saya sendiri tanpa mendengarkan keluh kesah para pengunjung, maka bagi yang belum bisa komentar silahkan dicoba untuk berkomentar hehehe.

      Semoga kebingungan ini tidak menempel dan melekat lama lama pada saya (AMIN). Bagi yang sudah mudik dan sampai dikampung halaman saya ucapakan selamat berkumpul dengan keluarga, semoga selalu bahagia dan bisa memanfatkan waktu liburan ini sebagai ajang mempererat tali silaturrahmi dengan sesama. Oh ya berhubung bentar lagi Hari Raya saya mau mengucapkan :

“ MINAL'AIZDIN WALFA'IZIN
MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN ”

maafkan saya jika saya ada salah kata dalam ber-posting dan dalam membalas komentar para sahabat blogger semuanya, saya hanyalah manusia biasa yang tak lepas dari salah dan dosa hehehe (seperti lirik sebuah lagu aja).

Salam dari Glenmore - Banyuwangi

Krikil Kecil


Assalamu’alaikum semuanya para sohabat Netter……..Marhaban Yaa Ramadhan ☺ ☺ ☺

Glenmore – Banyuwangi, 24 Agustus 2011
Cuaca disini mendung dan lumayan gelap, padahal di Jember sudah memasuki kemarau disini malah masih musim penghujan. Oh ya sudah lama nih saya gak ber-puisi ria, mumpung suasana lagi mendung dan situasi mendukung mau buat puisi asal²an ahhh hehehe ☺ ☺ ☺

Krikil itu…..
Andai aku tau krikil itu akan menyakitiku
Akan aku bersihkan setiap aku melangkahkan kakiku

Krikil itu….
Telah memberikan duka dan melukaiku
Krikil itu….
Ahhh atau mungkin krikil itu adalah sebagai pengingat bagiku
Hmmm….sebaiknya aku harus bijak tanpa harus menyalahkan krikil itu

Krikil itu….
Mungkin aku harus menundukkan kepalaku
Dalam setiap langkahku
Terima kasih krikil kecilku
Semoga luka itu memberikan pelajaran padaku


Alhamdulillah akhirnya bisa juga saya nulis puisi hehehe,,selamat membaca puisi gak jelas ini para sabahat blogger.

Budayakan Salam


Assalamu’alaikum semuanya para sohabat Netter……..Marhaban Yaa Ramadhan ☺ ☺ ☺

Selamat hari Senin, Selamat pagi semuanya (apabila pas baca postingan ini pagi hari), Selamat siang (apabila pas baca postingan ini siang hari), Selamat malam (apabila pas baca postingan ini malam²). Lama gak posting nih, sekali posting langsung nglantur hehehe. Memang beberapa hari ini saya lagi asyik dan menikmati Indahnya lelet koneksinya Internet, tapi saya bersyukur karena sekarang sudah mendingan lancar. Okeee, biarkan itu semua menjadi sebuah cerita dan sebuah pelajaran dimana pasti ada sebuah hikmah yang tersimpan.

Postingan kali ini saya akan mengulas dan bercerita dengan semampu dan sepengalaman saya tentang salam hehehe. Salam adalah cara bagi seseorang (juga binatang) untuk secara sengaja mengkomunikasikan kesadaran akan kehadiran orang lain, untuk menunjukkan perhatian, dan/atau untuk menegaskan atau menyarankan jenis hubungan atau status sosial antar individu atau kelompok orang yang berhubungan satu sama lain. Salam dapat diekspresikan melalui ucapan dan gerakan, atau gabungan dari keduanya.

Marilah kita budayakan salam untuk menjaga dan mempererat ukhuwah dan persatuan, karena akhir² ini Negeri tercinta ini sudah krisis akan rasa persaudaraan dan persatuan. Kemarin² saya melihat sebuah tontonan yang sangat menyedihkan sekali, tawuran antar warga disalah satu pemukiman didaerah Jakarta. Entah apa penyebabnya yang pasti tawuran itu telah mencoreng ideology dan semboyan bangsa ini. Mumpung masih bulan Kemerdekaan dan Bulan Ramadhan marilah kita semua untuk mempererat persatuan dan berlomba² untuk memperbaiki diri untuk menjadi insan yang lebih baik. Mari budayakan salam ☺ ☺ ☺

Salam……..

Leletnya Koneksiku


Assalamu’alaikum semuanya para sohabat Netter……..Marhaban Yaa Ramadhan ☺ ☺ ☺

Alhamdulillah,,akhirnya bisa posting lagi nih hehehehe….Sebelum menuju topic yang sesungguhnya saya mau mohon maaf dulu karena belum sempat optimal BeWe kerumah para sahabat blogger sekalian.

Oke langsung aja, oh ya pernahkah sahabat netter merasakan atau menikmati indahnya menunggu. Sebagian orang mengatakan menunggu adalah hal yang sangat membosankan, bisa jadi demikian. Karena beberapa hari ini koneksi internet yang saya gunakan sangat lelet sekali. Entahlah apa penyebanya setelah kami konfirmasi pada penyedia layanan jawabannya pun dijawab dengan jawaban yang singkat padat dan sangat tidak muaskan, “mungkin dari pusat Mas” ini jawaban orang kepepet. Mbok ya dikasih penjelasan yang bisa membuat pelanggan sedikit lega meskipun “dia” gak bisa mengatasi masalah yang ada.

Memang awalnya layanan internet yang saya gunakan berjalan wush..wush seperti cepatnya ajang balapan GP dan F1, tapi setelah beberapa bulan malah berjalan seperti keong racun (sudah keong kena racun lagi hehehe). Pernah petugas layanan tersebut mengatakan bahwa kuota yang saya gunakan adalah unlimited akses bukan unlimited download. Tapi setelah saya ganti tenyata masih tetap seperti keong racun, malah lebih parah lagi. Setiap mau membuka tab baru mesti harus menunggu beberapa menit sehingga waktu banyak terbuang untuk menunggu tab terbuka.



Harusnya penyedia layanan internet tersebut harus siap dengan hal hal yang tidak diinginkan oleh konsumen, baik itu berupa jawaban atau tindakan, jangan saling lempar kesalahan pada yang lainnya, malah yang lebih parah lagi alat seperti modem yang saya gunakan divonis bersalah heh kah. Semoga semua penyedia layanan public apapun itu tidak bersikap sama dengan penyedia layanan internet yang saya gunakan, yang terkesan tidak bertanggung jawab terhadap konsumen. Bagaimana dengan para sabahat netter pernakah merasa dirugikan dengan suatu layanan public yang ada di Negeri yang sudah Merdeka ini ?



I Love Tempe


Assalamu’alaikum semuanya para sohabat Netter……..Marhaban Yaa Ramadhan ☺ ☺ ☺

Masih seputar pernak pernik dibulan Ramadhan. Tadi malam saya sengaja mencoba mencari suasana sahur yang sedikit berbeda, biasanya sahur hanya dengan Mie Instan + Telur (kalau lagi ada stok telur) saya mau makan sahur kali ini dengan menu special yaitu Lalapan Ikan Lele atau Lalapan Ayam Goreng.

Menyusuri jalanan yang sudah mulai gelap saya bertekat untuk mendapatkan menu yang sudah ada difikiran saya sejak beberapa hari yang lalu. Tapi apa semua angan² itu musnah ketika sebuah warung dan menjadi satu²nya warung yang masih buka malam itu sudah tidak mempunyai stok yang saya idam²kan hikz…hikz..hikz nasib. Manusia hanya bisa berencana tapi hasil akhir tetap pada takdir/nasib.

Dengan sangat terpaksa menu sahur kali ini tidak sesuai dengan impian saya, akhirnya saya membeli menu yang tersisa di warung tersebut yaitu tempe penyet dan tempe goreng. Hmm..ternyata saya tidak bisa lepas dari tempe. Memang sejak kecil makanan favorit saya adalah tempe, entah kenapa saya sangat suka sama tempe saya tidah tahu hehehe, setiap ada tempe selalu bikin saya ngiler.

Ohya sedikit bercerita tentang tempe, saya pernah menghadiri acara buka bersama yang menunya bermacam² dan menu itu belum saya kenal dengan baik. Saya mencoba mencicipi makan yang sudah tersedia ternyata rasanya terasa asing di lidah dan perut saya. Akhirnya saya gak makan menu yang sudah tesedia saya malah meminta untuk dibelikan nasi pecel plus tempe hehehe dasar lidah wong ndeso.

Terkadang makanan yang namanya aneh² dan menarik belum tentu dapat diterima oleh lidah dan perut kita (khususnya saya hehehe). Pokoknya satu kata dari saya I Love Tempe hehe. Bagaimana dengan para netter apa menu kesukaan anda ?

Do'a kuat Puasa


Assalamu’alaikum para netter……Marhaban ya Ramadhan ☺ ☺ ☺

Masih dalam suasana Ramadhan yang penuh dengan Rahmat dan kasih sayangNya. Bagaimana puasa para sahabat netter semuanya masih lancarkah atau sudah ada yang bolong nih hehehe.

Masih seputar sms tapi sms yang ini beda dengan yang kemarin hehehe. Saya mempunyai seorang teman yang lucu dan aneh, kenapa saya bilang begitu karena aktivitasnya sangat bertentangan sekali dengan para sahabat saya lainnya. Apa keanehannya, ketika yang lain lagi tidur dia malah melek, ketika yang lain makan dia malah berpuasa dan yang paling extrim ketika yang lain berpuasa ehh dia malah enak2an makan, aneh bukan hehe.

Beberapa hari yang lalu dia mengirimkan sms pada saya “selamat menunaikan ibadah puasa”, padahal saya tahu dia tidak berpuasa. Saya balas smsnya “bagi yang tidak puasa tidak selamat hehehe” ehh dia malah cengengesan. Dan jengkelnya saya setiap dhuhur dia pasti sms “selamat berbuka puasa” hadehhh ora waras tenan orang ini. Meski begitu dia tetaplah sahabat saya yang harus tetap saya hargai, toh saya sudah memberi tahu kok tentang kebiasannya yang selalu jadi penggoda teman2 lainnya yang sedang berpuasa.

Sepandai pandainya tupai melompat pasti akan jatuh pula, mungkin kata ini yang tepat untuk dia, hari minggu kemaren dia berkunjung kerumah mertuanya. Bagaimanapun dia harus berpuasa meski terpakasa hehehe. Siang hari jam 12 dia sms saya “gak punya do’a khusus untuk kuat bepuasa fyan khusus hari ini”,,, “ada” balas saya. Nah ini kesempatan saya untuk membalas dendam, akhirnya saya balas dengan sms do’a kuat puasa nyleneh yang saya dapat tahun lalu dari seoarang teman juga dan masih tersimpan dihape jadul saya. “Allahumma Wa’ baring zana, wa’ baring zini, wa haus dan lafarrr…wa mauuu mati…wa’ lihat jam ya masih lama….wake dafuurr tak adaa afa afa…yaatahann sajjjaa samfai bukaaaa…Amin yaa Robb” hehehe ini sms yang saya kirimkan padanya. Dia malah tertawa dan memaki2 saya hehehe.

Kuat dan tidaknya puasa itu tergantung dari niat dan kemauan, puasa itu tidak harus bersahur dengan makan yang banyak untuk menjaga stamina dipagi sampai sore hari, tapi kesiapan mental sangat mendukung untuk susksesnya puasa. Semoga bermafaat ☺ ☺ ☺

SMS untuk ABI


Assalamu’alaikum semuanya para sohabat Netter……Marhaban Yaa Ramadhan ☺ ☺ ☺

Ramadhan tahun ini terasa sangat berbeda sekali, banyak sekali kejadian kejadian indah ada pada Ramadhan kali ini. Mulai dari punya teman² dunia maya (blogger) dan menjadi seorang blogger meski tulisannya mbulet hehehe. Oh ya tak terasa puasa sudah dapat 8 hari berarti 22 hari lagi lebaran nih hehehe.

Maaf paragraf pertama itu hanya sebagai intro untuk memulai cerita yang sesungguhnya. Ramadhan adalah sebuah bulan yang pasti mempunyai kenangan tersendiri bagi setiap insan umat Muslim yang melaksankan puasa. Termasuk saya adalah yang merasa terkesan pada Ramdhan kali ini, bukan karena aktivitas didunia maya yang semakin bertambah, tapi karena sms saat berbuka dan sahur tiba hehe. “Abi selamat berbuka puasa”, “Abi bangun ayo sahur” sms ini sering mengisi inbox hape jadul yang selalu setia menemaniku selam ini. Wew seumur² gak ada lo yang panggil saya Abi hehehe, karena memang belum saatnya di panggil Abi.

Oh ya saya mau sedikit buka profil pengirim sms tersebut tapi gak secara detail takut ada yang cemburu wkwkwk. Namanya Nikita dia masih kuliah disalah satu perguruan tinggi negeri Islam di Malang. Yang membuat saya suka dan sueneng adalah karena dia adalah pencinta sekaligus vokalis musik Al Banjari, bukan hanya itu dia adalah Tahfidz Al – Qur’an (maaf nduk buka rahasia), saat ini dia masih focus pada skripsinya yang harus lulus tahun depan atas paksaan saya hehehe. Saya kira cukup sekian profil sang Umi yang selalu sms berisikan kalimat “Abi”.


Maaf ini bukan ajang untuk pamer, hanya sekedar memenuhi janji saya pada dia untuk menulis profilnya di blog mbulet ini hehehe. Mungkin jika ada yang mau beburuk sangka silahkan saya terima dengan senang hati. Karena saya sudah “kadung” janji sama dia bagaimapun saya harus menulisnya disini meski sedikit memaksakan. Janji adalah hutang dan hutang harus dibayar. Hutang uang dibayar uang, hutang janji dibayar janji up’s salah ya hehehe.

Tambahkan Cinta dan Kurangi Benci



Assalamu’alaikum semuanya para sohabat Netter……..Marhaban Yaa Ramadhan ☺ ☺ ☺

Masih puasakah para sahabat netter semuanya ? hehe…Oh ya sebelum menulis dan bercerita tak lupa saya ucapkan Alhamdulillah, karena saat membuat postingan ini semua pekerjaan saya baik laporan atau teman²nya sudah terlewati hehehe.

Beberapa waktu yang lalu di Kota Jember tempat saya terlahir mengadakan acara rutin tahunan yaitu JFC (Jember Fashion Carnaval). Acara ini menampilkan pakaian fashion trend masa kini yang isunya terbuat oleh barang² yang sudah dilupakan oleh manusia, contohnya bulu ayam, sisa gelas minuman mineral dll. Tapi dibalik semua itu masih banyak pro dan kontra terhadap acara tersebut. Mungkin dari segi nama, kota Jember menjadi terkenal tapi di segi ramah lingkungan kota Jember menjadi kotor akan sampah² para penonton. Tapi saya acungi 2 jempol deh untuk para pasukan kebersihan kota yang dengan ikhlas memungut dan membersihkan sisa² sampah yang tercecer dimana².

Mungkin Kota Jember adalah salah satu gambaran kecil, dimana para pelaku kesenian dan kebudayaan lupa akan dampak lingkungan karena acara tersebut. Coba kita bayangkan seandainya tidak ada pasukan kebersihan, apa yang akan terjadi, sampah yang tertimbun didepan rumah komplek kita tidak akan ada yang memungut dan membusuk sehingga menyebabkan penyakit. Pasukan kebersihan ini patut diberikan titel yang sangat tinggi, apresiasinya terhadap lingkungan sudah tidak bisa diragukan lagi.

Padahal kalau kita sadari kebersihan lingkungan itu bukan hanya tugas para “pahlawan kebersihan” ini, tapi tanggung jawab kita semua. Mereka bekerja dengan tulus dan ikhlas meski tidak sebanding dengan upah yang diterima. Dalam benak mereka “yang penting semua sampah bisa diatasi dan diamankan”. Tidak sedikit yang ingat akan kehebatan pasukan kebersihan ini, mungkin pasukan ini sudah tidak berperang dengan para penjajah, tapi para pasukan ini akan terus berjuang menyelamatkan kebersihan lingkungan.

Mari kita maknai kemerdekaan ini dengan menumbuhkan rasa cinta dan tenggang rasa antara sesama, tidak hanya terhadap lingkungan kita harus ramah tamah tetapi pada sesamanya. Selain bertepatan dengan Bulan suci Ramadhan, bulan ini juga bertepatan dengan HUT RI yang ke 66, alangkah baiknya kita bisa intropeksi diri, saling berjabat tangan dan bergandengan dalam kehidupan sehari hari. Ingat para pejuang bangsa ini meraih kemerdekaan dengan rasa persatuan dan kesatuan yang sangat erat, haruskah rasa persatuan dan kesatuan itu hilang. Marilah kita tambahkan cinta dan kurangi benci. MERDEKA !!!

Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Cermin Blogger Bakti Pertiwi yang diselenggarakan oleh Trio Nia, Lidya, Abdul Cholik.

Sponsored By :

- http://www.kios108.com/
- http://halobalita.fitrian.net/
- http://topcardiotrainer.com/
- http://littleostore.com/

KOPDAR = Silaturrahmi


Assalamu’alaikum semuanya para sohabat Netter…….. salam senyum selalu untuk kalian semua ☺ ☺ ☺

Hari pertama puasa diawali dengan hari senin, rasanya gimana gitu hehe. Oh ya kemarin saya sengaja bersilaturrahmi kerumah Uncle Lozz, saya diundang agak terlambat dalam acara tasyakkuran hari lahir Uncle Lozz yang tepat tanggal 25 Juli kemarin dan kebetulan adik Uncle Lozz juga berulang tahun tanggal 27 Juli, jadi sekalian saya mengucapkannya dirapel hehehe. Bukan itu saja, yang membuat saya terkesan saya diajak keliling sekitar kaki Gunung Manggar tempat Uncle Lozz bertapa saat ultah kemarin.

Disela sela kami duduk disebuah warung kopi (entah apa namanya saya lupa ntar mau tanya Uncle) cuaca sangat dingin poul. Kami berdiskusi tentang KOPDAR, nah ide itu muncul karena terus terang saya ngiri alias ngiler melihat sahabat blogger yang sedang ber KOPDAR ria selalu ditempat yang “wah”. Justru saya beberapa kali KOPDAR dengan sesama blogger Jember lebih cenderung dengan bersilaturrahmi kerumah mereka tanpa ada janjian ketemuan ke Mall, Hotel dan tempat² mewah lainnya. Tapi apabila ada blogger dari luar kota yang mau KOPDAR dengan blogger Jember, kemarin dan beberapa saat yang lalu saya sempat rembugan dengan Masbro ada dua tempat alternative yaitu Rumah Wachana dan Panaongan. Tapi masih ada tempat yang special yang tidak boleh di publish disini hehehe.

Kembali pada topik tentang KOPDAR, entah siapa yang ngarang KOPDAR itu ketemuan para penghuni dunia maya didunia nyata khususnya blogger saya tidak tau, atau mungkin para sahabat netter ada yang tau. Menurut pendapat saya KOPDAR tak ayalnya seperti silaturrahmi saling berkunjung dan tegur sapa secara langsung artinya bertatap muka. KOPDAR itu tak harus meriah kok, dimanapun bisa, malah lebih afdhol kita berkunjung kerumahnya dan berkenalan dengan keluarganya itu yang sangat terkesan. Oh ya kemarin saya sempat berkenalan dengan Mas Arif Bayu, tapi sayang dia terambat datang.

Berhubung kemarin sudah terlalu sore dan tanpa ada rencana sedikitpun untuk KOPDAR maka saya langsung cabut kembali pulang meski harus membayar sholat ashar yang hampir termakan oleh magrib huft. Mengenai foto² tentang KOPDAR kemarin saya gak punya filenya, kalau mau lihat foto² bersama saat KOPDAR bisa menghubungi Uncle Lozz hehe. Sekian reportase dari saya karena saat saya pulang Uncle Lozz sedang di introgasi hahahaha. Ternyata KOPDAR sambil ngopi dan menikmati pemandangan alam itu lebih nikmat dan asyik lo..biayanya sangat murah lagi hehehe.

Marhaban Yaa Ramadahan

No Women Nongkrong


Assalamu’alaikum semuanya,,salam hangat semuanya para netter, blogger dan siapa sajalah itu hehehe ☺ ☺ ☺

Pernah dengar kata² “No Women No Cry”, kata² ini memang cocok untuk para Jomblo, tapi kita (Jomblo) harus berusaha lo untuk mendapatkan “the women” tersebut. Mumpung bentar lagi memasuki bulan Ramadhan ayo para Jomblo kita isi kesepian hati ini dengan bermuhasabah, bertaqorrub pada Ilahi Robbi. “No Women Nongkrong”…istilah ini sepertinya cocok buat saya hehehe.

Tempat nongkrong yang oyi dan pas dibulan suci Ramadhan enaknya di Masjid atau Musholla (Langgar). Nongkrong disini bukan hanya sekedar nongkrong, kita bisa tadarrus Al-Qur’an dan sekaligus ngopi gratis hehe. Ada istilah JoJoBA (Jomblo Jomblo Because Allah), mungkin Jomblo yang “beginian” ini yang esip atau Jomblo yang “beginian” ini tongkrongannya di Masjid atau Musholla hehehe.

Kembali pada bulan Suci Ramadhan, saya menyarankan pada para pemilik/pengurus Masjid, Musholla atau Surau janganlah kita membunyikan pengeras suara sampai terlarut malam dalam tadarrusan (mengaji). Mungkin niatannya baik, tapi kita harus memikirkan hak² orang lain. Sebaiknya pemakaian pengeras suara dibatasi sampai Jam 10.00 malam atau disesuaikan dengan kesepakatan warga sekitar. Tadarrus itu tidak harus menggunakan pengeras suara, masih banyak cara untuk bertadarrus yang santun dan tidak menggangu hak² dan ketenangan warga.

Sebelumnya saya mau mohon maaf jika ada kata² atau komentar² yang kurang berkenan dihati para penghuni dunia maya ini. Mari kita sambut bulan Suci Ramadhan ini dengan hati yang bersih, tulus dan Ikhlas supaya kita bisa menjadi orang yang menang. Sebagai penutup postingan ini saya ingin sedikit berbagi pantun kiriman dari para sahabat² saya didunia nyata.

Ayam Kampung beli Koran,,
Yaa Ampunn 3 hari lagi sudah Ramadhan..
Makan dodol di Balikpapan
Kurang Afdhol kalau gak Maaf²an
Ikan Nila Lawan Buaya
Maaf kan kesalahanku ya..

Hidangan Pembuka Kolek

Hidangan pembuka untuk berbuka puasa yang bagus untuk kesehatan tubuh kita adalah makanan ringan yang sekiranya tidak membuat lambung kita kaget dalam beroperasi. Beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Biasanya pada saat berbuka puasa kita sering terjebak dengan nafsu makan yang sangat tinggi, maksudnya semua menu yang ada didepan kita langsung dilahap. Padahal anjuran Nabi hidangan pembuka saat berbuka puasa adalah makanan atau minuman yang manis – manis. Contoh sederhana hidangan pembuka saat berbuka puasa adalah kolek (kolak). Kolek ini sangat populer dan dikenal di seluruh penjuru Indonesia, karena pembuatannya mudah dan bahan bahannya pun mudah didapat.



Sedikit berbicara tentang kolek Nama Kolek (kolak) pada hakikatnya berasal dari nama Khalik yang artinya Pencipta langit dan bumi Tuhan semesta alam Alloh SWT. Apa kaitannya kolak dan Khalik ? Ulama pada masa itu memang banyak menggunakan istilah-istilah yang mudah dimengeti dengan harapan ajaran Islam mudah dipahami oleh masyarakat.

Menggunakan kolak untuk media mendekatkan dengan sang Pencipta adalah sebuah perumpamaan. Untuk membuat kolak saat itu bahan yang digunakan adalah tela pendem alias ubi dan pisang kepok. Tela pendem ( ketela yang ditanam atau dikubur ) dan pisang kepok( pisang kapok ). Penjelasannya adalah kita harus mengubur dalam-dalam kesalahan yang kita perbuat dan kita harus tobat atau kapok dan tidak mengulangi perbuatan buruk tersebut alias tobat nasuha sehingga kita bisa mendekatkan diri kita kepada sang Khalik yang diumpamakan tela pendem dan pisang kapok yang dicampur dengan bahan-bahan lain sehingga menjadi kolak.



Selain kolek sebagai hidangan pembuka, kita juga bisa minum teh manis sebagai minuman pembuka. Teh manis juga dapat mengembalikan tenaga kita, karena dalam teh manis terdapat kandungan glukosa pada gula. Gula adalah salah satu karbohidrat terpenting yang digunakan sebagai sumber tenaga. Kenapa anjuran Nabi kita harus mengkonsumsi makanan ringan disaat berbuka puasa, karena kalau kita sampai kekenyangan dalam berbuka puasa, maka saat taraweh kita akan ngantuk. Pengalaman saya terlalu banyak makan saat berbuka pas sholat tarawih angop terusss (menguap) hehehe.

Hidangan pembuka saat berbuka puasa harus diperhatikan, karena kita berpuasa tujuannya bukan memindahkan jam makan kita, tapi belajar melatih diri menahan hawa nafsu. Baru setelah taraweh kita bisa makan hidangan yang sudah tersedia sesuai kebutuhan perut kita. Semoga Bulan Ramadhan kali ini kita bisa malaksanakannya dengan Hikmat serta bisa memetik sebuah kemenangan yang indah dan manis. AMIN

Artikel ini diikutsertakan dalam acara ADUK PakDhe Cholik

NB : Semua gambar yang tersedia berasal dari Google

Do'aku Untuk Uncle Lozz


Assalamu’alaikum…..para sahabat netter semuanya salam senyum selalu untuk kalian ☺ ☺ ☺

Tak terasa waktu sudah hampir memasuki bulan suci Ramadhan, eh tinggal beberapa hari dink (sambil ingak inguk kalender). Seperti yang sudah pernah saya tuliskan dulu “apakah hari ini anda sudah menjadi lebih baik dari hari kemarin” jawabannya hanya anda yang tahu hehehe.

Umur kita semakin hari semakin pertambah, berarti jatah kita untuk menghirup oksigen semakin berkurang nih. Oh ya hari ini tanggal 25 Juli,,sepertinya ada yang janggal dengan hari ini *sambil garuk² kepala*,,,eh ternyata ada yang ulang tahun yaitu Unlce Lozz. Asyikk bakal ada traktiran nih kelihatannya hehehe.

Sebelum saya mengucapakan do’a untuk Uncle, saya mau bercerita sedikit tentang “beliau” hehe. Awal kami bertemu kira² tahun 2005 (kalau gak salah sih) di tempat yang tidak sengka² pula, bukan di gunung apalagi dipantai, tepatnya disebuah acara ulang tahun teman saya. Maklum saya kenal Uncle Lozz karena adiknya adalah sahabatku, jadi sekalian keluraganya saya anggap keluarga ke-2 hehe. Pertama kali saya melihat Uncle dia acara itu, Uncle sedang membaca buku tebal kira² 500 halaman, kalau gak salah buku ESQ. Saya sempat berbincang² dengan Uncle waktu itu tapi malah ditinggal ngilang alias ngopi huh kah.

Setelah pertemuan itu kami jarang bertemu mungkin hanya ketika hari raya. Keakraban mulai ada entah lupa saya karena apa,,yang jelas Uncle Lozz ini punya sebutan lain yaitu Manusia 3 Generasi hehehe (maaf Om buka kartu dikit) untuk keterangan lebih lanjut hubungi Uncle Lozz saya takut kena hukum.

Dari segi wataknya Uncle orangnya gokil habis alias punya ide² gila hahaha, pernah Uncle main ketempat kerja saya (saya masih menjabat sebagai staff satpam dunia maya hehe) dengan mengayuh sepeda pancal, biyuh padahal jarak antara rumah Uncle ke tempat saya kerja sekitar 40 KM (edan tenan). Tapi jangan salah dulu Uncle Lozz ini pinter bahasa Inggris lo, gayanya aja pakai bahasa morat-marit tapi kalau masalah grammer bahasa inggris top markotop dah, karena saya sudah membuktikannya.

Ups jadi ngrasani Unlce nih,,,do’a saya untuk Unlce

“اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي “

“Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku”. Semoga diberikan barokah umur, diberikan kesehatan dan segera mendapatkan pendamping hidup” saya yakin Uncle orangnya gak suka acara ulang tahun²an pakai acara tiup² lilin. Hanya ini yang bisa saya persembahkan, karena saya gak bisa nulis lagu terpaksa buat postingan hehehe. Semoga persaudraan ini akan tetap terjaga meski saya sudah berada nun jauh disana selamanya AMIN

NB : Ini bukan kado terindah tapi sebuah ucapan tulus ikhlas dari seorang sahabat sekaligus adik.

GENGSI


Assalamu’alaikum…..Selamat hari Minggu semuanya……☺ ☺ ☺

Oh ya kemarin hari Sabtu 23 Juli 2011 adik saya sudah diwisuda di UNEJ (Universitas Jember), alhamdulillah dia sudah bisa menyelesaikan pendidikannya. Meskipun saya tidak bisa hadir, kumpul² sama keluarga yang lain serta berfoto ria, saya juga merasakan kebahagian mereka.

Mungkin tak terlintas dibenak mereka (sarajana² muda) apa yang akan dilakukan setelah lulus kuliah nanti. Ternyata perkiraan saya meleset, sekumpulan sarjana muda kemarin sedang berembug untuk membuka usaha sendiri, wah salut dah dengan mereka ini. Tapi ada sedikit kekhawatiran pada diri saya yaitu rasa gengsi yang mereka miliki sangat tinggi.

Mempunyai keinginan atau cita² tinggi itu gak masalah tapi mempunyai rasa gengsi yang tinggi itu baru masalah. Saya sempat memancing pertanyaan pada mereka semalam. Seandainya kamu bekerja sebagai sales atau bahkan cleaning service atau apalah itu yang tidak sesuai dengan bidang kamu, apakah kamu mau ? ini pertanyaan yang saya ajukan pada salah satu sarjana muda ini. Jawabannya pun sangat miris sekali, tapi intinya mereka gak mau bekerja kasar, yang menurut mereka kerjaan tersebut tidak sesuai dengan Ilmu yang mereka pelajari selama ini, bahkan ada yang extrim jawabannya karena mereka seorang sarjana. Nah lo gimana kalau sudah begini.

Saya tau pikiran mereka, karena mereka gak pernah merasakan betapa sulitnya mencari pekerjaan yang sesuai kemampuan dan keinginan kita. Saya banyak teman² sarjana yang sukses dengan usaha mereka meski tidak sesuai dengan bidangnya dan resepnya adalah membuang rasa gengsi. Kesuksesan yang sebenarnya menurut saya adalah dimana kita bisa memenuhi kebutuhan kita tanpa harus mengemis pada orang tua, apapun itu pekerjaannya/usahanya yang penting halal, toh masih ada hari esok untuk mencari batu loncatan yang lebih baik.

Pesanku untuk sarajana² muda dan calon² sarjana buanglah rasa gengsimu, janganlah kalian mengira kesuksesan itu bisa diraih tanpa pengorbanan dan bahkan dengan pangku tangan apalagi mengandalkan ijazah sarjana. Masih banyak orang² sukses diluar sana yang notabennya mereka merintis usaha bemodalkan ijazah SMA bahkan SMP dan mereka bisa melanjutkan kuliah dengan kucuran keringat sendiri. Kunci dari semua itu adalah membuang rasa gengsi jauh².

Wah serius amat nih sepertinya postingannya hehehe,,,semoga bermanfaat ☺ ☺ ☺

My Profil

Foto saya
Saya lahir, tumbuh, menghabiskan masa ABG di Jember dan sekarang saya mengais rejeki dengan menjadi seorang buruh di sebuah perkebunan di Banyuwangi. Motto dalam hidup saya "Jadikan Hidup Kamu Hari ini Lebih Baik Dari Hari Kemarin"

Post. Terbaru

Followers