Karang Kitri


Setelah hampir 3 tahun tidak terasa saya berada dilingkungan yang terbilang masih asri. Mulai dari suasana alamnya yang sangat indah, hewan² yang masih senang bermain bebas mulai dari semut sampai banteng yang masih sering nyasar kepemukiman warga. Maklum tempat saya tinggal bisa dikatakan semi hutan hehehe. Dibelakang rumah terdapat sebuah kebun Kakao yang sangat luasnya kira² + 319 Ha. Setiap pagi bukan hanya nyanyian burung kutilang yang asyik bernyanyi tapi para pekerjapun sudah bangun untuk menyiangi kebun.

Didepan rumah ada sebuah kebun mini atau warga sekitar menyebutnya “karang kitri”. Karang kitri ini berukuran kira-kira 10 M² dan dikelola oleh setiap karyawan yang menempati rumah dinas. Tanaman yang adapun bermacam-macam mulai dari tanaman palawijo, sayur-sayuran seperti sawi, terong, tomat dan timun dan cabe. Dan hasilnya bisa dinikmati sendiri, lumayan bisa dibuat oleh² jika mudik pulang kampung. Entah aneh saja jika ada saudara datang dari kota mesti yang diserbu malah sayuran yang ada didepan rumah.




Ternyata bulan depan saya sudah memasuki tahun ketiga dirumah kedua ini (jiahhh padahal rumah kontrakan gratis yang disediakan perusahaan). Suasana alam yang masih dingin ternyata masih belum bisa bersahabat sepenuhnya dengan badan kurusku ini hehe. Tiap pagi cuacanya dingin banget, apalagi beberapa minggu ini yang membuat saya sangat takut dengan yang namanya air hehehe, dinginnya brrrrrr. Ternyata berkebun itu asyik juga lo, selain kita bisa menanam sayur mayur dll, kita juga bisa bertanggung jawab terhadap apa yang sudah kita tanam. Kita bisa berolah raga dengan menyirami tanaman yang ada dan membelai daun sawi yang masih hijau.


Halaman Rumah Keduaku

Ayo berkebun,,jangan biarkan sejengkal tanah itu kering tanpa manfaat. Ingat usia bumi kita sudah tua siapa lagi yang mau merawat kalau bukan kita yang masih berpijak tegap diatas perutnya. Jagalah bumi ini agar tetap Hijau dan bisa tersenyum lestari. Semoga bermanfaat dan happy weekend salam untuk keluarga, sahabat para netter disana ☺ ☺ ☺

38 Tanggapan:

  1. wah, enak banget tuhh,
    kalo aku kebun'a dibelakang, tapi gak pernah ditanem apa2 kecuali pohop pepaya, soalnya baru tumbuh pucuknya pasti udah dimakan sama marmutku,hahhaa

    BalasHapus
  2. wah seru dong, klo dingin kulit jadi putih kemerah-merahan cute gitu loh *teori ngasal*
    kota meti tuh dimana ?

    BalasHapus
  3. wah adem bener ya penuh kehijauan gitu...
    disini juga adem
    tapi jauh dari kota
    terisolir
    hiks...

    BalasHapus
  4. wah, asyiknya punya kebun sendiri....mo nyayur apa aja tinggal metik, gak perlu nyegat tukang sayur....

    BalasHapus
  5. waaaah.. enak ya Mas lingkungan sekitar rumahnya masih asri banget.. tempat2 kaya yg Mas punya itu enak buat istirahat di masa tua nanti...

    BalasHapus
  6. seandainya pakde punya karang kitri, akan pakde tanami cabe terong, dan empon-empon biar kagak perlu belanja ke pasar

    BalasHapus
  7. telatennya berkebun... aku sih bawaannya ke mal mulu, beli makanan mateng yang banyak sayurnya

    BalasHapus
  8. wah..wah.. rajin euy..
    tapi jdi pertanyaan juga, klo kebun sayur subur, koq yg empunya kering korontang?? pasti serdadu di lambungnya pada sadis yah? hahahhahahah

    kabuuuuuurrrrrrrrrrrrrr

    BalasHapus
  9. jadi kangen balik kampung euy...

    BalasHapus
  10. seneeng banget yaa bisa berkebun sendiri gitu di halaman rumah. kaloo saya boro2, laah ngontrak punya orang.. plus sepetak-sepetak nggak ada tanahnya sih ^_^

    BalasHapus
  11. Assalamu'alaikum....
    Karang kitrinya bagusss..., dimana tuh asri banget. Banyuwangikah? Lereng Gunung Raung ya kok ada hutan kakao nya? Dulu ayah temenku sinder di PTP Gunung Raung mirip dg pic itu.

    Aku minggu lalu ke rmh saudara di lereng gunung raung sob. Duingiiiinnnn.......

    BalasHapus
  12. Hmmmm... nggarai iri. Kalo ada celah, aku gelem manggon ndek kono kuwi Kang..

    BalasHapus
  13. @Nyla : gmna kalau marmutnya diajari makan nasi hehehehe pasti kebunya aman

    @Kak Tiara : wah kalau teori itu benar pasti asyikk,,,kota meti ??????

    @Rawins : dimana tuh,,yang penting masih Asri

    @Kak Aina : hehehe iya ntar aku buat Giveaway hadiahnya sayur aja wkwkwkw

    BalasHapus
  14. @Retno : heheh iya semoga masih diberi panjang umur..terima kasih

    @Pakde : wah pasti seru tuh,,ntar kita bisa sharing tentang sayur mayur hehehe

    @Kak Ami : mungkin kakak terlalu sibuk,,hehehe

    @Kak Acci : Jiahhhh,,,isinya bukan hanya cacing tapi juga ada naganya makanya gak gemuk²

    BalasHapus
  15. @Baha : Ayo mudik bro,,,

    @Gaphe : nasib anak kost memang begitu limited akses hhehehe

    @Kak Iffa : Wa'alaikumsalam..bukan Kak aq di lereng Gunung Gumiter..memang sangat dinginnn disini masih banyak pepohonan

    @Masbro : hehehe ayo manggon karo aku mumpung 2 kamr kosong dan gratis wes,,,,

    BalasHapus
  16. Apa yang bisa dilakukan di sana Kang?

    BalasHapus
  17. assalamu'alaikum Kang,
    Karang Kitri mengingatkan program untuk masyrakat pedesaan di masa pemerintahan Pak Harto.
    Bukan hanya ditanami sayuran saja, juga apotik hidup

    BalasHapus
  18. Alangkah ndah dan asrinya alam itu. Saya kalau liburan serng pulang ke kampung di Jombang sana. Masih asri dan tetangga kanan-kiri akrab satu sama lain.

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  19. Aku suka sama pesannya, Kang! Memanfaatkan setiap jengkal tanah!

    Huaaaa.... Aku ngiriiiii sama kamuuu,... huhuhuhuuuu...

    Enak bgt yah tempat tinggalnya... Bisa berkebun di "tanah" bukan di "beton" hehehe...

    top deh,... eh Sofyan, disana nggak ada tikus yaaa?

    BalasHapus
  20. Salam Takzim
    Enak ya punya halaman luas, kalau saya dikomplek depan jalan belakang rumah, kaga ada tempat untuk berkebun gan
    Salam Takzim batavusqu

    BalasHapus
  21. asyik ya yang punya lahan walau gak punya sendiri, bisa menanam ria. Jadi iri hehe

    BalasHapus
  22. wahhhh asyik banget bkin sayur metik dr kebun sendiri...ngga takut pestisida yachh...pasti lebih nikmat rasanya....

    BalasHapus
  23. waaa....enak banget yah bisa punya kebun kaya gitu. saya juga punya impian kalo punya rumah sendiri nanti juga bisa bikin kebun kaya gitu...^__^

    ayo berkebun...:)

    BalasHapus
  24. sekalian go green ya mas.. hebat... ayo!!!

    BalasHapus
  25. halaman belakang rumah saya penuh pohon singkong mas, maklumlah, saya juga tinggal di kampung .. disini masih banyak kebun, meski banyak juga perumahan mewah.

    BalasHapus
  26. wah seger deh udaranya, jauh dari polusi

    BalasHapus
  27. saya pikir karang kitri yang dibekasi hehehe, skr sudah jadi Mall

    BalasHapus
  28. Terongnya bikin ngiler..meskipun saya kurang suka terong tapi saya suka nanam terong.
    Dan yg berhasil hanya 2 pohon yg bisa berbiah selebihnya mati

    BalasHapus
  29. waaaaaaaaah, impian bgt buatku kang, tinggal dilingkungan yang asrinya seperti itu, keren kang,,, bisa menikmati alam asri..

    BalasHapus
  30. Sebenarnya aku sangat suka bila lingkungan asri dan banyak hijau2annya kek gitu...
    Tapi aku nggak sanggup melakukannya sendiri, karena aku nggak sanggup melihat cacing...
    Hiiiiiiii...

    BalasHapus
  31. @Mas Ari : ayo kesini

    @Masbro : sekrep wes yang penting bermanfaat hehehe

    @Djangan Pakies : disini juga ada kok Ust. dibelakang rumah

    @Pakde Kholik : ooo..ternyata Pakde asli Jombang toh,,

    salam untuk keluarga di Surabaya ☺ ☺ ☺

    BalasHapus
  32. @Kak Thia : Terima kasih kak,,hehe

    disini tikus alhamdulillah gak ada kak,,kenapa gak diusir dengan kucing aja Kak kalu memang banyak tikusnya

    @Batavusqu : Hehe wah pasti diperumahan elit nih,,salam takzim juga mas

    @Andre : tapi capek juga lo mas,,hehehe

    BalasHapus
  33. @Mbak Nia : disini menggunakn pupuk organik mbak, lumyan kuat dan sangta bagus untuk tanaman cuman yaitu kita harus membersihkan rumput² liar

    @Mbak Fairysha : Amin semoga cita²nya terkabul hehe

    @Merliza : go..go..go hehehe terima kasih;

    @Mbak Dey : wah bisa pesen singkong nih mbak

    BalasHapus
  34. @Gomes : asri dan dingin bangetttt

    @Mbak Lidya : itu karang kitri yang dikota mbak,,

    @Bu Dini : wah kurang dirawat tuh mungkin,,,hehehe sering² disiram mbak

    @Nadia : ayo kesini dijamin dingin dan suegerrrr hehee

    @Kakaakin : wah takut apa jijik nih,,,hhehehe

    BalasHapus
  35. tukang sayur di sana gak laku dunk mas..hahahah
    asri banget tempatnya.

    BalasHapus
  36. bisa ngirit yaa kang,....ga perlu belanja ke pasar...
    hahaha :D

    BalasHapus
  37. Waduh mas wilbiku ada program karang kitri

    BalasHapus