Ning Nang Ning Gung


Assalamu’alaikum para netter….salam hangat dan senyum untuk kalian semuanya ☺ ☺ ☺

Mungkin para netter sudah tahu dengan alat musik Gamelan ini, dimana disitu ada Peking, Bonang, Kenong dan Gong yang tergolong satu tim komplit. Alat musik ini sering mengiringi acara wayang, tapi alat musik ini sekarang dimainkan diacara salah satu TV swasta yaitu dalam acara OVJ. Alat musik ini adalah salah satu alat musik tradisional. Tapi saya tidak mau berbicara tentang nama alat musik ini yang ingin saya ceritakan adalah falsafah yang ada pada alat musiknya.

Alat musik Gamelan ini dulu adalah alat musik yang sering gunakan oleh umat Hindu atau Budha dalam setiap acara agama. Namun sewaktu para Wali Songo masuk ke Indonesia tepatnya dipulau Jawa, alat musik ini dibuat syiar untuk menyebarkan agama Islam. Awalnya saya membaca kitab kuno yang lumayan rumit jika diterjemahkan, maklum bahasa Jawa Alus hehehe.

NING NANG NING GUNG ternyata ada makna yang tersembunyi dari suara yang dikeluarkan oleh alat musik tersebut.

  1. “NING” tafsiran  dalam bahasa Jawa “Ning kene kito urip” dalam tafsiran bahasa Indonesia “disini kita hidup, maksudnya didunia ini”.
  2. “NANG” tafsiran  dalam bahasa Jawa “Nang kunu kito balik” dalam tafsiran bahasa Indonesia “ Disana kita akan kembali, maksudnya dialam Barzah”.
  3. “NING” tafsiran  dalam bahasa Jawa “ Ning endi ??” dalam tafsiran bahasa Indonesia ada sebuah pertanyaan disini yang artinya “ Dimana ???”.
  4. “GUNG” tafsiran  dalam bahasa Jawa “Nang seng Maha AGUNG” ini adalah jawaban dari pertanyaan diatas dalam bahasa Indonesia “Kepada Yang Maha Agung” yaitu Allah SWT.


Gambar ini diambil dari beberapa sumber,

Jadi jika kita renungkan artinya sangat unik, “kita hidup didunia ini dan pasti akan kembali kepadaNya”. Diluar perkiraan ternyata ada sesuatu yang tersimpan pada bunyi alat musik ini yang sampai detik ini masih menjadi salah satu kebudayaan Bangsa kita. Semoga bermanfaat…..☺ ☺ ☺

29 komentar:

  1. wah filosofi tentang alat musik ini ternyata dalem juga maknya nya .. saya jadi tahu nih mas.. btw nice share mas..

    BalasHapus
  2. baru tahu nih arti yang tersirat dalam bunyi gamelan... maklum, mas saya orang padang

    BalasHapus
  3. kalau gak baca postingan ini gak bakal tau apa arti dari Ning Nang Ning Gung

    BalasHapus
  4. wah saya baru tahu :O
    eh berarti itu filosofi untuk gamelan jawa dong ya, kalau gamelan sunda gimana ?

    BalasHapus
  5. ternyata maknanya dalem juga ya ...

    BalasHapus
  6. Subhanallah ternyata maknanya dalam bgt ya...
    yg kutau baru lagi Lir Ilir, yg dijadikan media penyebaran Islam... ternyata Gamelan juga yah?
    Informasi baru buat aku nih, Kang! Makasih sharing nya ya!

    BalasHapus
  7. Mantapzzz.... Sob penjabarannya. Sukses selalu.

    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  8. Kata kata sederhana yang filosofinya lumayan berat ya Kang..

    BalasHapus
  9. waalaikumsalam Kang
    wali songo memang luar biasa dalam menanamkan nilai-nilai melalui budaya yang melekat di masyarakat.
    dan saya baru ngerti tentang paparan sampean di atas

    BalasHapus
  10. keuntungan ada OVJ, alat musik tradisional yang satu ini makin tenar

    BalasHapus
  11. saya fikir samean kawinan sam,,,,hehehe filosofi islam yang disatukan dengan budaya itulah strategi wali songo syiar agama islam,

    BalasHapus
  12. he he he... apa ini bukan ilmu gathuk, asal gathuk mesti bener, tapi moga -moga benar bemang itu artinya

    BalasHapus
  13. setuju sama mas bayoe, kejeniusan wali songo untuk memasukkan syiar Islam

    BalasHapus
  14. ternyata ada filosofinya ya?.. ooh pantesan dulu pas kecil eyang saya kalo ninaboboin adek pake ningnangninggung..

    BalasHapus
  15. luarbiasa maknanya..sy br tau..hee

    BalasHapus
  16. Wah,, super nich....
    ternyata dari nang ning nung ada maknanya juga...
    nice post....

    BalasHapus
  17. sebuah penafsiran yang keren tuk sekedar kata atau bunyi dari sebuah alat musik.. hebat !!!

    BalasHapus
  18. wah... ada cerita dibalik sebuah alat musik ya... :)

    BalasHapus
  19. @Brigadir : Hehehe,,terima kasih bro;

    @Kak Hariyanti : salam untuk orang keluarga;

    @Ibu Dini : makanya kita harus rajin² membaca ya Mbak;

    @Kak Tiara : apa yaaa ??? ntar aku tanya sama orang sunda Kak hehehe

    BalasHapus
  20. @Mbak Dey : sedalem hati ini,,hehehe terima kasih Mbak;

    @Kak Thia : Ilir² juga salah stunya, tapi sudah berbntuk lagu yang mengunkan Alat musik Gamelan ini,,

    @Mas Indra : terim kasih mas;

    @Masbro : bener Cak, terkadang hal sepele itu memiliki makna penting baget buat kita,,maslah berat jelas sangat berta opo mane Gongnya hehehe,,,suwun Cak

    BalasHapus
  21. @Mas Andre : terima kasih mas;

    @Ust. Djangan Pakies : Metode yang digunkan bedsarka ketulsan dan keihklasan dan hasilnya melekat sampai sekarang

    @L Ain : bukan yang untung malah OVJ,,coba kalu gak ada Gamelan pasti OVJ pakek drum hehehehe

    @Mz Arif : durung se' sam,,hehehe suwun;

    BalasHapus
  22. @Pakde : apa gathuk itu Pakde??? hehehe saya menukan artikel ini ditumpukan sebuah buku kitab lusuh yang telah gak kerumat

    @Mbak Ami : terima kasih,,,

    @Gaphe : wah berati eyang sudah tau lebih dulu nih,,arti sebenarnya

    @dede : hehehe,,,☺ ☺ ☺

    BalasHapus
  23. @Magic : terima kasih dik,,ayo dipahami itu..hehehe

    @Majalah : bukan hanya keren tapi berisi

    @Kak Akin : iya Kak,,heheh terima kasih nih telah bertamu;

    BalasHapus
  24. memang, trsimpan bgitu bnyk misteri di tnah Jawa,,
    dri lgu "lir-ilir" sja bgitu bnyk mkna didlmny,...
    & trnyata, ksedrhnaan "Ning Nang Ning Gung"pun jg mngandung mkna yg dalam (alias jeru ...hehehe)

    mkasih mas, bwt knjunganny di blog sya !
    sya follow di 53
    klo gag kberatan, follback ya! (klo gag kberatan sih)
    salam prshbtan sllu,....

    BalasHapus
  25. dulu guruku juga pernah cerita soal makna dari musik gamelan, tapi yah gitu deh...lupa.... alhamdulillah diingetin lagi...
    :)

    BalasHapus
  26. Oh artinya begitu iya mas, saya kira hanya musik-musik saja ternyata ada maknanya tersendiri :).

    BalasHapus
  27. hehe di semangati lagi belajare :)

    BalasHapus

My Profil

Foto saya
Saya lahir, tumbuh, menghabiskan masa ABG di Jember dan sekarang saya mengais rejeki dengan menjadi seorang buruh di sebuah perkebunan di Banyuwangi. Motto dalam hidup saya "Jadikan Hidup Kamu Hari ini Lebih Baik Dari Hari Kemarin"

Post. Terbaru

Followers