Batal Nyoblos

 Gambar dari Google

Kemarin warga Jawa Timur memilih calon pemimpin untuk 5 tahun kedepan. Ya, tanggal 29 Agustus 2013 Pilgub dan Wagub dipilih langsung oleh warga Jawa Timur (Jatim). Sejak beberapa hari yang lalu saya sudah tidak sabar untuk menunggu surat panggilaan untuk mencoblos idola Cagub dan Cawagub saya. Tapi sampai H-1 tidak ada surat panggilan dari pihak KPPS (benar gak ya) setempat. Entah kenapa, padahal beberapa bulan yang lalu ada petugas dari KPPS untuk mendata saya dan Umi agar bisa mencoblos di sini [Kalikempit-Banyuwangi].

Tanggal 29 Agustus 2013

Pagi-pagi saya sudah nongkorong di depan rumah untuk ngobrol sama satpam sekaligus melihat warga yang berbondong-bondong sliweran pergi ke TPS sebelah rumah. "Eh Cak, saya kok tidak dapat udangan nyoblos, ya ? Padahal beberapa bulan lalu saya sudah di data untuk Pemilihan Gubernur" tanya saya pada salah seoarang satpam. Teman saya pun hanya tersenyum bingung gak bisa jawab, hahaha. "Halah mbabahno wes, nyoblos gak nyoblos gak apa-apa" sahut satpam lainnya. Senyumanpun menjadi jawaban yang arif dari saya untuk menghindari perdebatan nyoblos dan gak nyoblos, hehehe. Setelah beberapa saat kemudian saya bertemu dengan salah seorang yang pernah mendata saya. "Cak, saya kok gak dapat undangan nyoblos, kenapa ?" tanya saya. "Loh mosok, sebentar saya tanyakan, ya" jawaban dia. Sejak memberi jawaban itu, orang tersebut gak kembali, entah pulang atau tidak atau dia pulang lewat belakang untuk menghindari pertanyaan yang sama dari saya, hehehe. "Yo weslah, gak opo-opo" gumam saya.

Tiba-tiba Umi mengajak saya untuk pergi ke TPS. Umi diajak tetangga sebelah yang juga gak dapat udangan nyoblos. Kami ber-8 pun berangkat ke TPS dengan BoNek [Bondo Nekat]. Sesampainya di TPS, kok TPS nya sepi banget, padahal sudah agak pagi menjelang siang. "Pak saya kok gak dapat undangan untuk nyoblos disini" tanya saya. "Mungkin sampean nyoblos di Jember, Mas" sahut petugas TPS yang pernah mendata saya. "Loh, bukannya sampean pernah mendata saya beberapa bulan yang lalu, itu kan pendataan untuk Pilgub sekarang, Pak ?" tanya saya Petugas TPS tersebut. Dia hanya menjawab dengan senyuman kecut. Asem tenan !!! Gumam saya dalam hati.

Dan tetangga saya, ternyata terdaftar dan mempunyai hak untuk memilih di TPS tersebut. Tapi kok aneh ya, undangan langsung diserahkan di TPS, padahal pas pendataan nama saya dan Umi berurutan sama tetangga saya. Hmm... emboh wes, ayo mulih !! saya ngajak untuk pulang. Setelah sampai di rumah ada Kakak dari Jember telp tak lupa saya tanyakan, apakah di Jember ada nama saya untuk pemilihan Pilgub, dan jawabannya tidak ada.

Yo wes lah, semoga saja Pemilihan Pilgub ini berjalan damai, aman dan jujur. Siapapun yang terpilih hendaknya menepati janji-janjinya ketika berkempanye. Dan semoga pilihan Rakyat Jatim merupakan pemimpin yang bisa jadi panutan dan mempunyai titel STAF (Siddiq, Tablig, Amanah dan Fatonah) # ssstttt pinjam istilahnyan Ami Osar.


Note : Dialog sudah saya translate dalam bahasa Indonesia, awalnya menggunakan bahasa Jawa

33 komentar:

  1. semoga yg kepilih amanah dan jatim jadi maju...
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin....itu harapan warga Jatim, Mas

      Hapus
  2. pilgub jateng yg lalu aku juga mengalam hal serupa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, mosok Mbak Susi gak diakui warga Jateng # tosss

      Hapus
  3. Setuju...Semoga janji-janji bukan hanya tinggal janji ya, mas! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eehhh,,ada penganten baru nih,

      Aminnn

      Hapus
  4. Kasih senyum kecut juga nggak Kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, gak dunk, Bun, saya kan manis # kabuurrr

      Hapus
  5. Kalau sampean di tempat saya pasti tidak ada yang terlewat. Heheheee..

    Aku kan rajin mendata Kang.

    Semoga pilgub sekarang ada putaran ke dua, eh *(kan lumayan dapat penghasilan)

    Mlayuuuuuuu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow sampean dadi tukang data pisan yo, Cak

      Mugo² ae, hehehe

      Hapus
  6. coblooosi kabeh wae cak.. berhubung ora nyoblos yo ra sido ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah makanya itu, rencananya kayak gitu, tapi apa adanya gak dapat undangan

      Hapus
  7. wah, saknoe rek gak melu pesta demokrasi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku duduk wong Demokrat, Mas, aku wong Reformasi, hahaha

      Hapus
  8. kalo nggak salah, jika kita nggak terdaftar tinggal datang ke TPS sambil membawa KTP plus KSK sesuai dengan domisili KSK dan KTP kita Kang dan bisa dilayani.
    KSK sampean BWI njember nopo Mojokerto ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya dari lumajang
      om pakies dari blitar (asalnya lumajang)
      kang sofyan asli mana?

      Hapus
    2. Ust. Pakies = Saya ber KK Jember, Ust, tapi waktu sudah di data di Banyuwangi, saya juga bawa buktinya, tapi tetep gak bisa :) , yo wes lah

      Mbak Ocha = Saya asli Jember cuman nguli mengais rejeki di Banyuwangi

      Hapus
  9. aq malah males nyoblos kang, hahaha, babah wes :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begh,,,wong ndi sampean, awas di usir lo karo Gubernur seng anyar, hehehe

      Hapus
    2. aku Golput Kang.. piye? opo nanti diusir hehe

      Hapus
  10. Harusnya bisa pakai KTP dan KK aja ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya, tapi tetep gak bisa, mas/mbak (garai gak onok jenenge, hahaha)

      Hapus
  11. semoga amanah yg terpilih walopun gak ikutan milih :D

    BalasHapus
  12. Padahal wis pingin bukak sitik toblos ya, Brade. Hahahaha

    BalasHapus
  13. apakabar kang? maaf baru bisa mampir

    BalasHapus
  14. kenapa bisa batal gitu kang?

    BalasHapus
  15. justru bingung lho milih kalo udah masuk TPS itu

    BalasHapus
  16. hehhehee.... rada mangkel sitik nek ngunu yo kang.. tp yo piye maneh... mngkn data sampean kececer ng ndalan.... xixiixii....

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum. Selama pagi.

    Wah, kalau saya yang ngalamin kejadian kayak panjenengan saya udah mencak-mencak kali pak :D

    Tapi, begimana, dengan hasilnya, puaskah pak? Hehhe...tapi yoo timbul kekisruhan sih yo emang....

    BTW, salam kenal, saya abdul... :D

    BalasHapus
  18. Wow sampean dadi tukang data pisan yo, Cak
    Mugo² ae, hehehe

    BalasHapus
  19. siapapun yang nanti jadi pemimpin mudah2an dia jadi pemimin yang baik, jujur, dan adil

    good luck :-)

    BalasHapus

My Profil

Foto saya
Saya lahir, tumbuh, menghabiskan masa ABG di Jember dan sekarang saya mengais rejeki dengan menjadi seorang buruh di sebuah perkebunan di Banyuwangi. Motto dalam hidup saya "Jadikan Hidup Kamu Hari ini Lebih Baik Dari Hari Kemarin"

Post. Terbaru

Followers