Sebuah Pengalaman Berharga

Sumber gambar dari Google

Susahnya mencari pekerjaan jaman sekarang ini memang sangat sulit, aku sudah pernah merasakannya. Kesana kemari menenteng surat lamaran, keluar masuk dari instansi satu ke instansi lainnya. Tiap hari kerjaannya hanya menunggu telp atau menununggu Pak Pos datang bertamu kerumah untuk membawa surat panggilan kerja. Menyerah, itulah yang pernah tebesit dalam benakku, untungnya fikiran itu tidak terlalu lama mengendap dalam benakku.

Suatu hari betapa senangnya hatiku, sebuah SMS masuk ke HP ku, “diharap kehadirannya besok tanggal …bla..bla..bla #sudah lupa isinya#, dengan membawa persyaratan yang sudah ditentukan, tak henti hentinya aku bersyukur. Angan anganku pun melayang jauh, membayangkan interview yang akan terjadi besok. Keesokan harinya, aku sudah berpakaian rapi dan membawa semua persyaratan yang diminta. Anganpun mulai melayang, mengkhayal tentang apa yang akan terjadi kemudian hari seandainya aku diterima bekerja disana.

Pagi pagi sekali akupun berangkat dari rumah menuju alamat yang sudah direkomendasikan oleh perusahaan tersebut, ditemani si Kuning (Sepeda Balap) yang selalu setia menenamiku sejak aku SMA sampai tamat SMA, aku mengayuh perlahan lahan menikmati jalanan yang sudah lama tidak aku lewati. Sesampainya disana, entah mimpi apa aku semalam, khayalan yang semalam aku bayangkan sangat tidak mirip dengan apa yang aku bayangkan. “Naik apa kesini Mas ?” tanya seorang personalia padaku. “Naik sepeda ontel Pak” jawabku. “Punya sepeda motor Mas ?” tanyanya lagi, “ Enggak Pak” jawabku. “Maaf Mas kami membutuhkan karyawan yang mempunyai sepeda motor” sambungnya. Hah ???? kenapa dalam pesan singkat tersebut tidak disebutkan harus mempunyai sepeda motor. Kecewa, pasti itu.

Ya sudahlah, mungkin bukan takdirku untuk bekerja disana, dan pengalaman yang lainnya, aku malah diminta uang sekian juta oleh salah satu Instansi pemerintahan untuk memuluskan supaya aku diterima ditempat tersebut. Hadehh, mau cari uang kok harus bayar dulu sih !!. Dari pengalaman tersebut aku berjanji dan aku yakin tanpa harus mempunyai sepeda motor dan membayar suatu saat nanti pasti aku akan meraih semua cita citaku.

Baru pada awal tahun 2007 aku bekerja operator warnet, sambil mencari batu loncatan kesana kemari mengirimkan lamaran pekerjaan. Dan alhamdulillah diawal 2009 aku diterima di salah satu perusahaan BUMN. Dari sini aku sadar, bahwa semua yang telah aku lalui hanyalah sebuah pembentukan mental untuk tidak putus asa dalam meraih cita cita. Disini (tempat kerjaku yang baru) aku mendapatkan banyak sekali pelajaran, bukan hanya sekedar materi, tetapi sosial terhadap lingkungan sekitar juga aku dapatkan. Aku bisa membuktikan, ternyata tidak harus punya sepeda motor untuk bekerja dan tidak harus membayar untuk meraih sebuah cita cita.

Kini sudah tahun 4 aku bekerja sebagai karyawan BUMN ini. Rasanya masih banyak sekali hal hal yang ingin aku raih, terutama segera menikah dan mempunyai keluarga kecil yang bahagia. Bukan hanya itu, impian utamaku adalah naik haji bersama Umi hehehe. Satu hal yang bisa aku pelajari dalam pengalaman kehidupan ini, mencari ilmu bukan semata mata kelak untuk mencari sebuah materi, melainkan supaya aku tidak menjadi orang yang mudah dibodohi. Biarlah ilmu itu mengalir dan bermanfaat, serta menghasilkan sebuah karya yang menghasilkan sebuah kebaikan dunia dan akhirat.

Selamat ulang tahun Mbak Noorma, panjang umur dan semoga bisa menjadi Ibu yang baik untuk keluarga. Oh ya semoga dedek yang ada didalam rahim sehat selalu dan terlahir menjadi anak yang sholeh dan sholehah AMIN.


"Tulisan ini diikutsertakan dalam GiveAway Cah Kesesi AyuTea yang diselenggarakan oleh Noorma Fitriana M. Zain"

27 komentar:

  1. owalah pernah jadi OP warnet yaa..

    hahaha.. sama dunk ma aku.. xixixixi

    piss :)

    BalasHapus
  2. mampir dimare setelah dri lapaknya mbak rie. ternyata pada ikutan GA, congrats dah pak. :)

    hm, betapa berbahagianya mereka yg sudah mencicip banyak hal di usia muda. pengalaman tetap guru yg sngat berharga.

    BalasHapus
  3. Setiap babak kehidupan memberika pelajaran utk pendewasaan diri...keep on moving:)

    BalasHapus
  4. Membaca tulisan tentan Perjalanan hidup sesorang membuat senang sekali,memang tidak ada yang instan di dunia ini untuk meraih sesuatu.

    BalasHapus
  5. yang penting tetep smangat menjalani Hidup ya Kang..

    sukses ya ngontesnya..

    BalasHapus
  6. Jangan pula menyerah sampai sukses membawa Ummi ke Mekah, Kang..Semangat terus menabung dan mencari jalan agar Mekah akhirnya terkunjungi..
    Sukses dengan kontesnya :)

    BalasHapus
  7. Kang... ajak2 dong kalo mau naek haji, ye..yee... :D

    smoga semua harapan dan doa kang Oyan terwujud atas izinNYA..^^

    BalasHapus
  8. meng-aminkan harapannya .. :)
    sukses kang ...

    BalasHapus
  9. menyitir dari postinganku "Manusia bisa bertahan hidup tanpa makan dan minum dalam sehari, tapi manusia tidak akan bisa bertahan hidup satu jam tanpa ada semangat dalam dirinyanya, itulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan betapa pentingnya makna semangat dalam diri manusia.

    semangat kang Sofyan...

    BalasHapus
  10. setalah aku baca2, postingan2nya sangat bagus, menarik dan bermanfaat,,terus menulis,,karena dengan menulis kita bisa mengembangkan imajinasi kita dan menjadikan kita lebih kretaif..serta kadang bisa menghibur orang lain.. ^_^

    oia salam kenal
    kalau berkenan silahkan mampir ke EPICENTRUM
    folloback juga ya buat nambah temen sesama blogger,,tukeran link juga boleh,,makasih..^_^

    BalasHapus
  11. Saya sepakat dan sependapat dengan Pak Budhi ( Insan Rabbani ).

    Semoga sukses di giveawaynya, Mbak Noorma, Mas. Insya Allah.

    BalasHapus
  12. dimana ada kemauan pasti ada jalan..moga betah di tempat kerja ya bang^^

    BalasHapus
  13. BUMN mana mas? asik dunk

    BalasHapus
  14. BUMNnya keren tapi, bagian apa dulu? :D Tapi, memotivasi kok tulisannya :D

    BalasHapus
  15. Anak ragil saya juga lagi nyari2 kerja...
    Puluhan lamaran sudah dikirimkan, tapi belum juga ada panggilan
    ========================
    Semoga menang kontes Mas

    BalasHapus
  16. wah semangat amat melamar kerjanya kang sofyan...

    BalasHapus
  17. dari paragraf pertama, kedua sudah bisa ditebak nih ^__^...pasti ikutan GA nya Cah Kesesi AyuTea.... ^__^... sampai kalimat terakhir...nah bener juga....hahahahaha... sorri Pak ( mungkin terlihat sok akrab- tp ini memang gaya sy.....karena merasa sama-sama punya blog...berasa teman akrab).

    sukses ajah untuk GA nya pak...salam hangat dari Balikpapan

    BalasHapus
  18. sukses buat kontesnya ya

    BalasHapus
  19. coba keluar jawa deh...
    peluang masih sangat banyak sementara peminatnya masih sedikit...

    BalasHapus
  20. aku malah gak pernah sekalipun pakai ijasahku Kang hahaha. Mau ambil, monggo silakan

    sukses kontese Kang.. Tambah essip wae tulisane

    BalasHapus
  21. Jika Tuhan menciptakan pelangi tuk mengindahkan langit, maka Tuhan menciptakan sahabat tuk keindahan hidupmu.

    BalasHapus
  22. perjuangan dan do'a, kesabaran dan keikhlasan akhirnya membuahkan hasil yang manis.
    semoga disegerakan jadi Haji nya...amin

    sukses dan sehat selalu ya kang, itu hal yang penting.

    siip.

    BalasHapus
  23. tetep semangat yah,,sukses buat smuanya,smoga smuanya tercapai. amin

    BalasHapus
  24. dont't never give up kawan..
    jika ada usaha pasti ada jalan keluarnya..

    BalasHapus
  25. justru qta akan lebih menghargai hidup dan jerih payah qta kalau qta melaluinya dari bawah dulu
    dan disaat qta meraih kesuksesan itu akan terasa sekali nikmatnya

    btw semoga cita2 mulianya pergi naik haji dgn umi terkabul yaa...

    salam kenal kang....

    BalasHapus
  26. Aamiin...
    semoga tercapai apa yg dicita- citakan y mas...:)

    BalasHapus
  27. wah syukurlah sekarang udah kerja ya. semoga keinginan naik hajinya tercapai ya

    BalasHapus

My Profil

Foto saya
Saya lahir, tumbuh, menghabiskan masa ABG di Jember dan sekarang saya mengais rejeki dengan menjadi seorang buruh di sebuah perkebunan di Banyuwangi. Motto dalam hidup saya "Jadikan Hidup Kamu Hari ini Lebih Baik Dari Hari Kemarin"

Post. Terbaru

Followers