Cerita Lebaran Tahun Ini


Puasa sudah dilewati dan suasana lebaran masih begitu terasa. Bagi saya lebaran itu identik dengan silaturrahmi kesanak saudara, baik yang jauh maupun yang dekat. Apalagi keluarga saya tergolong keluarga besar berencana hehe, kalau saya hitung-hitung, saudara dari nenek ada 7 orang, saudara dari kakek ada 5 orang, sedangkan saudara dari Ibu ada 5 orang, hanya saudara dari ayah yang sedikit hanya 3 orang, itu artinya keluarga saya sudah melanggar anjuran pemerintah yang bemotto “ Dua orang anak lebih baik” hehehe.

Imbasnya pada saya, banyak saudara itu artinya harus siap sedia menyantap makanan dari rumah kerumah yang lainnya. Maklum tradisi seperti ini dalam keluarga besar saya masih kental, barang siapa yang gak makan berarti tidak menghormati sang empunya rumah. Hadehhh,,padahal saya mempunyai masalah dengan pencernakan, jadi jika saya makan lebih dari 3 kali sehari bisa dipastikan badan akan teras lemes dan kadang greges (meriang), aneh banget. Entah kenapa bisa begitu. Dulu pas saya berkonsultasi sama dokter, dokter menyarankan agar belajar membiasakan diri makan 3 kali sehari, seandainya itu tidak bisa, maka ikuti saja apa yang di mau oleh tubuh, yang penting sehat, itu saran dokter buat saya, makanya kenapa saya gak gemuk-gemuk hahaha.

Dengan terpaksa saya mencoba memaksakan diri makan sehari lebih dari 3 kali, dan apa yang terjadi, saya malah wira-wiri keluar masuk kamar kecil alias murus atau bahasa gaulnya diare hehehe. Padahal kalau dipikir mubadzirkan, sudah makan banyak, eh ternyata masih dikeluarkan lagi hehe.

Mungkin kekuatan tubuh setiap manusia dalam menampung makanan itu berbeda-beda. Ada yang harus makan 3 kali sehari biar gak sakit dan sebaliknya, ada yang makan lebih 3 kali sehari bisa sakit, itu saya hehe. Jadi jangan memprioritaskan patokan makan berapa kali sehari sebagai jaminan untuk kesehatan, tapi jadikan makan untuk menjaga kesehatan. Dalam agama Islam sudah jelas sekali diajarkan oleh Rasul SAW, bagaimana tata cara mengisi perut supaya bisa sehat, "Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang".

Selamat menikmati suasana lebaran semuanya, semoga lebaran kali ini bisa menyambung tali silaturrahmi yang hampir terputus dan bisa mempererat persaudaraan menjadi lebih kuat. Minal Aidzin wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

70 Tanggapan:

  1. @Lidya - Mama Cal-Vin Sama2 Mbak Lidya, mohon maaf lahir dan bathin :)

    BalasHapus
  2. Selamat lebaran juga Kang sofyan, moof maaf lahir dan batin...
    Gimana?
    Sakit perutnya udah sembuh kan?
    Hehe, iya...saya juga kalo lebaran suka kewalahan dengan tawaran makan yang bertubi-tubi, api alhamdulillah, saya tidak bermasalah dengan pencernaan, tapi amat bermasalah dengan penamabahan berat badan... :D

    BalasHapus
  3. berarti kalo udah berumah tangga, pengeluaran utk konsumsi irit tuh.. Kang Sofyan makannya gak lebih dr 3 kali.. Hehehe...

    BalasHapus
  4. mohon maaf lahir batin kang, kalo lain kali ada ketupat sisa, bisa diarahkan ke jalan mastrip kang :D

    BalasHapus
  5. Maap lahir batin juga Kang..
    Aku lebaran makan Ketupat bisa ampe 5 kali Kang..
    Bawaannya laper muluu..

    BalasHapus
  6. hehehe ... kasiaaan mpe murus2
    di sini sih normal2 aja wong makan ketupat 1x doang
    makanya lain kali bagi2 biar gak murus2 sendirian :D

    BalasHapus
  7. Mohon maaf lahir batin Mas.

    Salam.. .

    BalasHapus
  8. kalau sekarang ini kayaknya lagi maruk-maruknya kue lebaran Kang. piye di Banyuwangi masih ada kue lebarannya?

    BalasHapus
  9. Kalau sekarang kayaknya lagi maruk-maruknya kue learang Kang, piye di Banyuwangi apa masih ada jajan riyoyone?

    BalasHapus
  10. hehhee, makannya kudu dikit dikit kali ya sob, biar gak cepet kenyang, untung disini gak gitu :D

    BalasHapus
  11. Kalau nraktir Kang Sofyan ngirit nihhh... Bisa2 cuma minum es teh manis aja...
    Yuuukk Kang makan dikantinku... Gratis dehhh...

    BalasHapus
  12. heuheuheu...seharusnya memang makan untuk hidup ya Sof, bukan sebaliknya :D

    mohon maaf lahir dan batin yaa...*edisi telat* ;)

    BalasHapus
  13. solusinya gampang mas...
    kalo k tempat saudara minta dibungkus aja makanannya...
    kan beliau yg py rumah ga akan marah lo...
    malah seneng, heheh

    BalasHapus
  14. kang ketupatnya kayaknya enak kalau dimakan yah

    BalasHapus
  15. Niar tuh makannya dikit tapi sering om sop, sekarang udah gag sakit lagi toh, cepet sembuh yaa om :D

    Makan yang penting sehat dan halal :D

    BalasHapus
  16. Minal aidin wal faiziiinn...

    Aku juga gak bisa makan banyak. Lucunya kalo makan banyak justru kembung. Sahur makan sekedarnya saja, minum satu setengah gelas. Kalo lebih dari itu, aku bisa pusing seharian, mual, mules dan berbagai pemberontakan lambung lainnya. Nggak heran begitu lebaran badan kurus semakin kurus..

    Tos buat sesama 'pengurus' :D

    BalasHapus
  17. coba besok pantatnya dilakban bro
    kalo ga bisa keluar siapa tau gemuk
    #sesat,,,

    lair batin, kang..

    BalasHapus
  18. efek samping Lebaran ada juga ternyata ya he...he....

    BalasHapus
  19. maaf lahir dan bathin ya Sof :)

    BalasHapus
  20. Haha...
    Minal 'aidin wal faidzin yo, Kang...
    Maaf lahir bathin... kosong kosong. Ketupate paling ya dah kosong :D

    BalasHapus
  21. Silaturahmi memang tujuan utama.
    Hidangan sebagai pelangkap saja
    Incipi sedikit2 agar tuan rumah senang.

    Maaf lahir batin

    Salam

    BalasHapus
  22. minal aidin wal faizin kang..
    mohon maaf lahir batin atas segala hilaf...

    momen lebaran, momen untuk meningkatkan dan mempererat tali silaturahim, nambah sanak keluarga dan sahabat..

    disiasati dg cukup cicip2 saja kang.. hehe

    BalasHapus
  23. "siapa yang gak makan berarti tidak menghormati sang empunya rumah" heheheh memang ini memang ciri khasnya juga ya. Kita bertamu lebaran ke rumah orang minimal menyentuh makanan walau tidak sampai menghabiskannya.

    Tuan rumah akan merasa dihargai jika sang tamu icip icip kue kue lebaran yang disajikan di rumah. Senangnya membaca cerita lebaran mu ini. Salam dari Pontianak

    BalasHapus
  24. Selamat Idul Fitri, mas (meski terlambat hehe)
    Mohon maaf lahir dan batin :)

    BalasHapus
  25. antisipasinya jangan terlalu banyak, sering tapi sedikir akhirnya juga banyak

    wkwkwk, sama dong kalau lebaran kayak musim kembung di perut saya
    sama-sama kurus maksudnya

    BalasHapus
  26. walo tuelat datang, saya ngucapkan taqabalallohu mina wa minkun. Mohon maaf atas segala khilaf selama silaturrahim saya nggih Kang

    BalasHapus
  27. berbagi kata kata motivasi gan
    Wanita sulit jatuh cinta, karena lebih baik menunggu pria setia daripada menerima yg datang, tapi bisa pergi kapan saja.
    semoga bermanfaat dan ku tunggu kunjungan baliknya :D

    BalasHapus
  28. wkwkwkwk lamaaa buangeeeetzz tak pernah silaturrahmi di blognya kang sofyan :) minal aidzin walfaidzin yaaa..

    BalasHapus
  29. Tidak kata terlambat untuk bersilaturahmi dan mengucapkan "Mohon Maaf Lahir dan batin".

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  30. wah pantes kurus ya. makannya dikit sih

    BalasHapus
  31. Alhamdulillah di tempat saya gak ada moto 'kalau gak makan gak menghormati tuan rumah'. Jd kalau unjung-2 ya makan kue lebaran yg ada di meja kalau ada yg di sukai. Kalau gk ada ya gpp..sekedar nyicipin saja. Kalau ke rumah saudaranya ibu, ada kue yang ta sukai getu pasti langsung dibawain deh.

    #maap lahir bathin yaa

    BalasHapus
  32. Mohon maaf lahir bathin ya Kang.

    Susahnya saya ini Kang, paling bisa makan banyak..cuma takut nanti jadi gemuk.
    Beda sama Dini dan suami, paling ngak bisa makan banyak.

    BalasHapus
  33. Lebaran udah kelar, titip link kang dengan kw judi bola online
    maaf ya

    BalasHapus
  34. nah kalo sekarang pasti pola makannya udah normal lagi ya kang... ga harus lebih dari tiga kali sehari kan? :)

    BalasHapus
  35. minal aidzin wal faidzin jg ya kang,, keluargaku jg keluarga besar ^^

    BalasHapus
  36. mohon maaf lahir batin kan ^____^

    lebaran saya kali ini - haduhhhhh d(^0^)

    BalasHapus
  37. maaf telat...
    mohon maaf lahir dan bathin ya...
    salam kenal

    komentarin artikel ini ya....

    http://www.timkomte.com/2012/09/traffic-pengunjung-rumahku-turun.html

    BalasHapus
  38. ceritanya bagus buat di simak nih .

    ditunggu kunjungan baliknya ..

    BalasHapus
  39. Intip-intip...
    pasti lagi sibuk nih... :D

    BalasHapus
  40. Lebaran tahun ini, aku sepi di Bali,,, hhehe

    BalasHapus
  41. kalo saya kadang sehari 3 kali, kadang 2 kali...

    BalasHapus
  42. ijin menyimak ya, terima kasih, sukses selalu..

    BalasHapus
  43. Hallo Sofyan apa kabar ? sdh lama ya belum ada postingan baru

    BalasHapus
  44. laher baten cak, loh, ga update2 ceritane iki. aku pisan yo jarang update kok. hohoho

    BalasHapus
  45. Selamat Menmpuh Hidup baru kang, :D

    BalasHapus
  46. wah bener" keluarga besar.... mohon maaf lahir bati yaa :)

    BalasHapus
  47. Saleum,
    Ternyata kang sofyan sedang mengarungi bahtera rumah tangga toh? selamat deh kang

    BalasHapus
  48. Menghormati keluarga tak harus memaksakan diri makan lebih dari3x mas.Ambil makan sak cuil saja, kalau mereka marah laporkan saya.
    kalau sampeyan sakit karena kebanyakan makan mereka juga akan bilang " Nggragas sih semua makanan di embat ", nah lho
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  49. aku adalah seorang yang sangat sayang keluarga ,,,,, mungkin aku bakal sama kaya kamu :(

    BalasHapus
  50. hahaha wajar bgt tuh, klo lebaran kan saatnya "balas dendam" setelah menahan2 selama sebulan penuh ^_^
    mohon maaf lahir bathin mas :)

    BalasHapus
  51. wah tuh harus dibiasakan kang sofyan agar perut itu ndak seperti itu masakmakan tiga kali bisa bolak balik ke WC moga aja prutnya benar

    salam dari jogja

    BalasHapus
  52. suasana lebaran memang paling asikk dantak ternilai rasanya, bs kumpul dan silaturahim, mantapp !

    BalasHapus
  53. salam kenal gan, tahnks!!!!!!

    BalasHapus
  54. Does your blog have a contact page? I'm having a tough time locating it but, I'd
    like to send you an email. I've got some ideas for your blog you might be interested in hearing. Either way, great website and I look forward to seeing it expand over time.

    Here is my web page: Social Bookmark Service
    Also see my website: Social Bookmarking Service

    BalasHapus
  55. I have read so many articles concerning the blogger lovers
    except this piece of writing is in fact a good post, keep
    it up.

    my web blog; wot hack

    BalasHapus
  56. These are genuinely wonderful ideas in on the topic of blogging.
    You have touched some pleasant factors here. Any way keep up wrinting.


    Feel free to visit my web blog :: How to detox your body

    BalasHapus
  57. I simply could not go away your web site prior to suggesting that I really enjoyed the standard info an individual provide to your visitors?
    Is going to be again steadily to check up on new posts

    Also visit my page ... league of legends download

    BalasHapus
  58. waahh.. kerren jg nih artikelnya.. :D

    BalasHapus
  59. ceritanya bagus buat di simak nih .

    ditunggu kunjungan baliknya

    BalasHapus
  60. hahaha wajar bgt tuh, klo lebaran kan saatnya "balas dendam" setelah menahan2 selama sebulan penuh

    BalasHapus