[Malam] Jum'at


Malam Jum'at, banyak sekali orang yang mengkultuskan bahwa malam Jum'at adalah malam yang keramat. Konon katanya sih, banyak orang kumat dan para hantu pada bergentayangan hehehe. Apalagi kalau malam Jum'at Legi atau malam Jum'at Kliwon wuihh pasti deh kedengarannya serem, bayangkan saja film-film produksi negeri ini kerap sekali membuat film bertemakan malam Jum'at. Dulu pas saya masih kecil Ma'e selalu melarang saya keluar malam-malam pada malam Jum'at, di khawatirkan saya diculik  wewe gombel (kata jaman sekarang kuntilanak) atau takut kesambet (kesurupan), hmm betapa cintanya Emak pada saya hehehe.

Lain halnya pas saya di pesantren, malam Jum'at adalah malam yang sangat menyenangkan bagi para santri dan santriwati, karena malam Jum'at semua aktivitas pesantren libur, yang ada hanya do'a bersama yang diakhiri makan bersama. Hidangan dari ndalem rumah Kyai melimpah ruah sampai para santri keteteran mau menyantap yang mana. Soalnya hidangan yang tersedia sangat beraneka ragam, mulai dari tempe sampai sate semua ada. Tapi, yang paling membuat bahagia adalah, dipagi hari (hari Jum'at) bisa tidur sepuasnya.

Tidak hanya malam Jum'at aja yang dianggap keramat, hari Jum'atnya pun lebih keramat lagi. Bayangkan saja sewaktu saya masih sekolah, bel pulang sekolah berbunyi lebih awal, yang biasanya pulang jam 14.00 WIB menjadi lebih awal yaitu jam 11.00 WIB, wuih memang sangat keramat nih hari Jum'at hehehe. Pada hari Jum'at makam ramai dikunjungi para peziarah dan yang lebih kentara lagi masjid pada ramai sampai-sampai hampir tidak muat, karena orang-orang muslim pada sholat Jum'at berjama'ah. Hmm coba hari-hari biasa masjidnya malah sepi kayak lapangan footsall hehehe, mungkin yang sholat berjama'ah bisa dihitung dengan jari, itu membuktikan kalau hari Jum'at memang keramat.

Sebenarnya malam dan hari Jum'at tidak keramat, banyak sekali fadhilah-fadhilah yang ada pada hari itu. Contohnya bersuci, membaca Al-Qur'an, bersholawat, dan masih banyak sekali ibadah-ibadah yang lainnya. Itulah sedikit nalar saya mengenai malam Jum'at dan hari Jum'at. Selamat bermalam Jum'at semuanya, selamat menikmati fadhilah-fadhilah yang ada didalamnya dan semoga ampunan_Nya selalu menyertai kita semua #AMIN. 


32 Tanggapan:

  1. Kayaknya bukan hanya itu deh kegiatan malam Jum'at. hayoooo ngaku
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  2. Ikut mengaminkan Amiiiiiin........, tapi melihat komen Pakde Cholik ada benarnya juga tuh Kang. He...x9 Jadi iri nih aku. wkwkwkw.......

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  3. saya juga penasaran kenapa malam Jum'at sampai dikeramatkan. setelah googling, ternyata itu pengaruh budaya Belanda. kan, di Eropa sono ada istilah Friday the 13th gitu deh. yang nuansanya horror. padahal, kalo dalam Islam hari Jum'at (mulai dari Kamis malam) itu waktu utama ibadah (termasuk waktu mustajab untuk berdoa).

    BalasHapus
  4. udah salah tanggap,,,xixixixixixi
    met malam jumat aja deh,,jgn lupa jumatnya baca surah Al Kahfi ya kang hehe

    BalasHapus
  5. @Pakde Cholikmemperbanyak ibadah seperti yang dimaksudkan PakDhe Cholik

    BalasHapus
  6. Lilinnya plus aroma terapi ga tuuh kang...?

    BalasHapus
  7. malam ju'mat klo untuk ku sama saja kang,, pokoke polang dari desa kecapean ya tidurrrrrrr,,hehehe

    BalasHapus
  8. Malam Jum'at itu juga penuh berkah buat pengantin baru ya mas :p

    BalasHapus
  9. Jangan lupa ngumbah keris yo kang...hehehehe..

    Sebaik-baik hari bagi umat Islam adalah hari Jum'at. Hari Sayyidul Ayyaam (pemimpin hari) yang paling agung dan paling utama di sisi Allah Ta'ala.

    BalasHapus
  10. Malam jum'at versi sudah nikah apaan kang Sofyan?? Ehehehe.

    BalasHapus
  11. hahaha,...ada satu yg tak terungkapkan....

    BalasHapus
  12. hehehe kirain sunnah rosul om #eehh :D

    jare wong mbiyen, cah ayu ati2 pulang malem ojok bengi2 kalau malem jumat :D

    BalasHapus
  13. Malam yang baik untuk menjalankan sunah rosul, seperti kata mbak Niar. Tapi saya juga belum paham betul kenapa malam jumat itu malam yang istimewa dibanding malam-malam yang lain...salam:)

    BalasHapus
  14. mari bersiap-siap menghadapi malam Jum'at...

    BalasHapus
  15. jum'at ya berarti shalat jumat.. :D

    BalasHapus
  16. hari ini kayaknya malam jumat ya :D

    BalasHapus
  17. Saya mah sampai sekarang gak percaya yang gituan gan. tetapi kalau di suruh uji nyali tetep gak berani. hahaha

    BalasHapus
  18. Aku taunya malam jumat tu malam yang medeni ae,
    kalo yang bangsa2 'sunah rasul' gitu malah taunya baru baru aja hehehee

    BalasHapus
  19. Aamiin .....
    ikut mengamini Kang

    BalasHapus
  20. itulah keutamaan dan hikmah pada hari jum'at kalau aku kemarin paskamisnya malah didaerah mau kewonosobo dan pulang ke wonosobo membau aroma kemenyan terus tuh apa yah

    BalasHapus
  21. cie cie cie.............
    masa sih ka?

    BalasHapus
  22. selamat malam sabtu kang hehehe mampirnya telat bukan malam jumat lagi

    BalasHapus
  23. betul kang, tidur adalah kegiatan yang sangat membahagiakan, hehe.. tapi heran saya, kenapa anak-anak kecil itu kalo disuruh tidur malah nggak mau ya? :D

    BalasHapus
  24. malam jum'at itu malam yg bagus untuk beribadah :D

    BalasHapus
  25. Jaman masih kecil, kalau ngaji pas malam jumat...seringnya pulang ngaji jd balapan lari cepat tuh...

    BalasHapus
  26. masih ada yang kurang, malam Jum'at merupakan malam Sunnah Rosul, if you know what i mean :D

    BalasHapus
  27. kunjungan perdana...ditunggu kunjungan balikny :)

    BalasHapus
  28. hihi..
    bnr banget, malam jum'at itu suka dikait-kaitkan sama hantu..
    tmn" aku aja ampe pd takut kalo mau ke wc.. kkk..

    pdhl kn, mlm jum'at itu emg bagus bngt buat beribadah.. ^^

    BalasHapus
  29. sebenarnya sih sama aja dg malam2 yg lain ya.tapi kadang orang suka lebay. hehee

    BalasHapus
  30. malam jumat identik dengan mistis,padahal biasa aja seperti hari-hari yg lain

    BalasHapus