Kalikempit - Banyuwangi

Sumber gambar dari Google

Merantau, mendengar kalimat ini seakan pergi nun jauh sekali. Padahal meskipun keluar daerah yang letaknya tidak berjauhan itu disebut merantau. Inilah yang saya alami sekarang, meskipun jarak Jember - Banyuwangi hanya 75 Km atau bisa di tempuh dengan perjalanan 1,5 jam tetap saja saya merantau ke kampung orang. Yah, disebuah perkebunan ini saya mengais rejeki. Saya tidak menyangka akan diterima disebuah perkebunan Kakao dan Karet ini. Tapi, yang namanya takdir tidak bisa diatur dan dihalangi, semua sudah berjalan secara alamiah.

Belum genap sebulan saya bekerja di perkebunan, saya sudah tidak betah, bukan karena gaji yang tak cocok atau bingung mau tinggal dimana, melainkan karena ada beberapa pihak yang tidak menginginkan saya bekerja diperkebunan ini. Sayapun curhat sama orang tua kalau lingkungan sekitar sangat tidak mendukung. "Wes seng sabar ae, lek ancene gak krasan yo wes mbalik nang kene ae, wong nang kene yo gak kurang penggawean" (ya yang sabar saja, kalau memang gak betah ya sudah balik ke sini (Jember) aja , lah disini juga gak kurang pekerjaan kok), sahut beliau. Dengan sikap pasrah dan ketulusan, serta do'a beliau saya bertekat untuk terus bertahan.

Selang beberapa bulan saya diberi hak untuk menempati rumah dinas. Tak henti hentinya saya berucap syukur, serta menceritakan hal ini kepada orang tua, beliaupun ikut senang. Soalnya jarang sekali ada karyawan baru mendapatkan hak untuk menempati rumah dinas dan nasib saya bisa dibilang WOW. Hmm, tapi kegembiraan itu mulai pupus, karena rumah dinas yang saya tempati terbilang angker, makanya tak ada satupun karyawan yang berani menempati rumah dinas ini. Atapnya pun mulai rapuh dan sebagian ruangan kalau hujan bocor. Dan yang paling mengenaskan rumah ini menjadi sarang tikus.

Dalam hati saya hanya ada pasrah pada_Nya dan mengharapkan do'a dari orang tua. Mau tidak mau, suka tidak suka saya harus menempati rumah dinas tersebut. Saya mulai memperbaikinya sedikit demi sedikit, sementara itu saya tinggal menumpang di rumah kakak sepupu yang memang sudah mendahului saya bekerja di perkebuan. Setelah beberapa hari akhirnya rehab rumah dinas saya pun selesai. Dengan ucapan Basmalah saya tinggal dirumah yang sudah berpuluh puluh tahun tak berpenghuni.

Alhamdulillah saya berhasil menempati rumah tersebut tanpa ada sesuatu yang menakutkan dan mengerikan seperti yang diceritakan warga sekitar, meskipun ada sedikit kejadian yang aneh, tapi itu tak berlangsung lama.

Setelah hampir 5 tahun saya merantau, ternyata saya baru sadar, banyak sekali hal baru yang saya dapati disini. Disini tuh sepi, biasanya kalau di Jember jam 8 malam masih banyak orang berlalu lalang, disini sudah banyak korden rumah yang tutup. Di Jember biasanya terdengar suara bising kendaraan, disini yang terdengar suara jangkrik dan hewan malam lainnya yang tiap hari selalu bernyanyi. Terkadang suasana ini sangat mengasikkan dan tak jarang pula menyesakkan, tapi itu dulu ketika saya masih sendiri. Sekarang perasaan itu tidak lagi saya rasakan, karena ada wanita cantik yang selalu membuat saya tersenyum ketika berangkat dan pulang kerja. Umi, dialah penghuni baru rumah dinas saya saat ini. Sabar dan do'a orang tualah yang membuat saya bertahan hingga saat ini.                                  


Artikel ini diikut sertakan dalam acara giveaway Genda-gendu Rasa Perantau
 

31 komentar:

  1. Kok dekat amat merantaunya mas..cari yang agak jauh..ke Medan, Manado, Amon, Mataram, atau Aceh sana biar tahu bahwa negara kita ini luas dan indah banget.
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu bukan merantau ya De.. tapi pindah turu hahaha

      Hapus
  2. Aku kok penasaran Kang, seperti apa sih angkernya rumah dinas itu.

    kapan-kapan aku dolan kesana wis, tapi gak nginep, takut ketemu mak lampir wkwkwk

    sukses GA-nya kang

    BalasHapus
  3. kalau pergi jauh ke kampung orang dalam waktu seminggu apa termasuk merantau?
    gini dah jadinya kalau tak pernah kemana mana
    taunya dirumah saja


    sukses GAnya kang. hati2 tuh ada pemburu mak lampir

    BalasHapus
  4. Duh bahagianya..Alhamdulillah, rumah dinas eks angker itu sekarang sdh berganti dengan penghuni cantik berikut suaminya. Sekarang menunggu penghuni cilik ya Kang. Insya Allah sebentar lagi :)

    BalasHapus
  5. Angker itu cuma ada di pikiran kang, Sukses GA-nya..

    BalasHapus
  6. Yang tinggal dirumha angkernya takut sama kang Sofyan kaliiiii... wkwkwkwk...

    BalasHapus
  7. hihiihi, deketlah itu, mas :P kalo ketakutan bisa ngibrit ke jember tuh ;)

    BalasHapus
  8. Iya bener... merantaunya deket banget ya? hehehe..
    Yang penting kan selama tinggal di rumah itu gak pernah digangguin kan ya?
    Eh, sekarang sudah tinggal bersama istri ya?

    BalasHapus
  9. ada pemburu hantu berkeliaran tuh kang, hahaha..

    BalasHapus
  10. kang sofyan, ternyata rumah dinasnya sudah berpuluh tahun tidak ditempati ya...duh, kebayang deh gimana proses rehabnya...
    Tapi syukurlah sekarang sudah ada yang menemani. Mudah-mudahan terus sukses, biarpun merantaunya hanya 'sepelemparan tangan'...namanya kan tetep aja merantau ;)

    BalasHapus
  11. wah, deket sama mba rie dong ...

    BalasHapus
  12. jadi inget pernah ikut jg tinggal di rumah dinas waktu ikut papa pindah2 tempat tugas... rumahnya (katanya) angker, tapi alhamdulillah nggak pernah terjadi suatu apa..yg penting kan diramaikan dgn sholat dan tilawah ya, insya Allah aman..

    salam ya buat umi tersayang... ^_^

    BalasHapus
  13. om.. vania suka kalo nginep2 deh... soalnya ganti suasana biar gak bosen.. apalagi klo nginep dirumah yg ada tamannya... sukaaaa... ^_^

    BalasHapus
  14. Rumah baru atau rumah kosong kan memang begitu Mas.. dengar-dengar sih katanya 'yang jaga rumah' pengin kenalan..

    BalasHapus
  15. berhasil ....pada salut dong ya teman2 lihat dirimu berhasil menaklukkan rumah angker

    BalasHapus
  16. merantau itu memang paling asyik apabila ada istri cantik yang menemani dan selalu membuat kita tersenyum...baik dalam suka maupun duka ,
    selamat berlomba ya....salam sukses selalu :-)

    BalasHapus
  17. Kaaaaang...

    gak papa lah merantau, asalkan bisa bawa istri untuk menemani setiap saat yaaah :)

    Dan selamat menempati rumah dinas yah...

    BalasHapus
  18. akhirnya bisa menaklukkan sing mbaurekso perkebunan hehe..
    Ini mah sengsara membawa nikmat yaa

    BalasHapus
  19. Berkunjung ikutan baca-baca artikelnya sob

    salam kenal n sekalian izin follow ya

    BalasHapus
  20. menarik sekali ulasannya :)

    _________________
    Blog dengan segala isi yang akan membuat hari-hari mu tidak bosan, stay enjoy, keep smile. Go to http://sdftyujklvbn.blogspot.com

    BalasHapus
  21. Suasana sepi itu menyenangkan ya bro, buat yg suka sih, krn byk juga yg suka keramaian

    Semoga menang GA nya ya

    BalasHapus
  22. Udah lama juga merantaunya. Sampai lima tahun.
    Makasih udah ikutan GA saya :)

    BalasHapus
  23. wahhh mantep tuu kang.. saiia pingin banged ngerasain hal itu.. sepi.. jangkrik dsb :( tapi kapan iia..?!?!

    BalasHapus
  24. kisah perjalann hidup di perantauan yang cukup panjang dan banyak makna.. bisa di jadikan buku tuh kang

    BalasHapus
  25. Meski deket, judulnya kan tetep merantau ya, Mas...., hehe...
    Semoga sukses selalu dah.

    Ohya, Mas, sekadar informasi. Saya komentar ini menggunakan akun blogspot saya yang baru, sebab yg lama sudah tidak aktif. Ohya, blog Mas Sofyan ini juga sudah saya follow. Makasiiih.... :)

    BalasHapus
  26. Alhamdulillah sudah menempati rumah dinas :)

    BalasHapus
  27. Template baru ya, Kang...?
    Wuapik tenan.... simple, aku dadi pingiiin.
    eh lali..

    Assalamu'alaikum, Kang... :)

    BalasHapus
  28. kata siapa kalikempit tidak terdengar binsingnya kendaraan,coba mas sofyan ke perempatan disana banyak kendaraan berlalu lalang.........hehehehe

    BalasHapus

My Profil

Foto saya
Saya lahir, tumbuh, menghabiskan masa ABG di Jember dan sekarang saya mengais rejeki dengan menjadi seorang buruh di sebuah perkebunan di Banyuwangi. Motto dalam hidup saya "Jadikan Hidup Kamu Hari ini Lebih Baik Dari Hari Kemarin"

Post. Terbaru

Followers