Ngidam

Ngidam. Kata-kata ngidam ini sudah saya dengar sejak saya belum nikah. Dan anehnya gak ada arti baku yang membuat hati saya plong saat ini. Beberapa hari yang lalu Umi sang Ibu Hamil sedang pingin sekali dengan buah melon. Mosok ini yang namanya ngidam. Nah, kalau ini yang dinamakan ngidam, maka ngidam menurut saya adalah sesuatu keinginan yang harus dituruti. Konon menurut cerita orang-orang yang sudah berpengalaman hamil, sesuatu akan terjadi pada bayi jika sudah lahir, yaitu ngileran (mengeluarkan air liur trus).

Hmm..padahal ngidam ini hampir mirip sama menuruti hawa nafsu. Bukannya ini semakin kurang baik bagi ibu hamil. Ibu hamil itu harus bisa mengendalikan diri, karena apa yang dilakukan oleh Ibunya kelak akan ditiru oleh bayinya # sok metao. Itulah opini dan gejolak yang terjadi dalam hati saya.

Disatu sisi, saya tidak tega melihat Umi tiap hari muntah-muntah dikamar mandi, tapi disatu sisi yang lain, mau cari dimana sekarang melon. Saya sudah keliling pasar sekitar, tapi hasilnya sia-sia. Kata pedagang buah-buahan "sekarang melon lagi gak musim, Mas". Kerut kening Umi tampak begitu jelas ketika saya jelaskan bahwa keinginannya tidak terpenuhi.

Keesokan harinya saya ceritakan tentang ngidam melon ini pada Emak. Lewat sebuah HP jadul terdengar suara mesam-mesem Emak, entah kenapa Emak kok mesam-mesem. Emak hanya menyarankan pada saya dengan  singkat padat dan jelas, "yo golekno, lek gak onok yo ojok dipekso". Alhamdulillah, plong rasanya.

Selang beberapa hari, saya dapat telpon dari Emak di Jember, bahwasannya beliau mau berkunjung ke rumah dalam minggu-minggu ini, sekalian menengok calon cucu yang masih antheng didalam perut Umi. Selang beberapa hari setelah Emak telpon, beliau datang tidak sendirian, beliau mengajak kakak sepupu dan ponakan saya. Dan yang membuat saya begitu terkejut, ketika beliau memberikan bungkusan hitam berbentuk bulat. Setelah saya buka, ternyata isinya melon. Rasanya pingin nangis, sangat terharu sekali, apalagi setelah diceritakan proses mendapatkan melon tersebut. Rasanya ada sebutir air yang memaksa ingin keluar dari mata ini.

Ahh, sudahlah. Semakin saya mengingat perjuangan Emak untuk mendapatkan melon demi calon cucu pertamanya itu semakin membuat  saya bangga sekaligus sayang pada beliau, Emak I Lop U.

26 komentar:

  1. Jadi pengen cerita nih kang. Tiap saya hamil, kelima-limanya selalu bikin saya doyan masakan padang terutama sate padang. Pernah suatu ketika sdg main ke mertua, saya minta dibeliin sate padang sama suami yg kebetulan sdg ada perlu keluar rmh. Tapi rupanya urusan suami berlarut shg telat pulang. Bapak mertua tanpa bilang2 keluar naik motor. Ealaah, pulang bawa sate padang.
    Alhamdulillah, so sweet ya... Dengan lahap sate padang itu saya santap. Bapak ibu mertua kelihatan puas liat saya puas. Hahaha.

    Herannya nih Kang, setelah melahirkan, keinginan makan sate padang sirna.

    BalasHapus
  2. Selamat ya mas
    Saya dulu import oncom dari Cimahi karena Ipung ingin mbuat combro yang isinya oncom.

    Emak sama dengan emakku, siap tempur, maju tak gentar untuk kepentingan anak cucunya
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  3. saya tiap kali hamil gak pernah ngidam. Jd emang gak ada cerita ngidam hehe.

    Tp terharu juga ya baca usaha ibunda mencari melon :)

    BalasHapus
  4. Disyukuri wae kang ngidam melon.. untung melon Kang, lah andai Umi ngidam kurma langsung dari Arab piye? bisa umroh dirimu gara-gara ngidam wkwkwk

    BalasHapus
  5. Subhanallah, Kang...
    Saya bacanya juga terharu. Seneng juga :)
    pengorbanan ibu luar biasa. Nanti jangan cemburu sama anaknya, ya? kalau ibu lebih sayang ke cucu dari pada ke anaknya hahahahaha

    Salam buat Umi :)

    BalasHapus
  6. ihhiww....umi lagi ngidam ya ;)
    Semoga sehat2 terus ya dedek bayi dan umminya, amiin

    BalasHapus
  7. Di tempat saya masih ada melon tapi agak mahal kang.... apapun arti nyidam, kalau bisa nuruti kenapa nggak sich??? Tapi jangan terlalu percaya sama mitos, insyaallah ga bakalan ngiler kok meskipun ga dituruti. hehe

    Tetangga saya ngidamnya pingin salaman sama pak Presiden SBY, Nah lho.... repot khan?? Akhire cuma cium2 TV aja kalau pak SBY nongol di TV

    BalasHapus
  8. Ngidamku juga sederhana, tapi tak sederhana. hehe
    melon kan makanan biasa, tapi jadi tak biasa jika tidak musim.
    Sperti waktu hamil Destinyang ngidam makan pisang goreng di tempat khusus, dan waktu nyidam Binbin pengen makan jambu yang kupetik sendiri di atas pohon. haha...

    BalasHapus
  9. niy ada melon Kang di bandung..
    Banyaak !

    BalasHapus
  10. klau ngidamnya masih wajar sih turuti aja ya hitung2 menyenangkan istri hehehe. Kalau yang aku tahu dalam istilah kedokteran gak ada istilah ngidam ya

    BalasHapus

  11. alhamdulillah, jadi sudah terpenuhi keinginanan saat ngidam melon nya, karena perjuangan Emak demi cucu dan anak menantu tersayang

    semoga Umi dan calon bayi selalu sehat hingga nanti melahirkan ya Kang, aamiin


    salam

    BalasHapus
  12. Tapi emang cerita tentang ngidam ini unik2 sih ya. Terakhir kali denger cerita ngidam, ttg temen yang mengandung dan ngidam duku. Tapi ada syarat. Dukunya mesti yg masi nempel di tangkainya. klo dukunya udah copot2 dari tangkainya, jangankan disentuh.. dilirik pun tidakk :))

    BalasHapus
  13. Kalau ngidamnya sesuai kebutuhan, juga ngidam yang bermanfaat, kayaknya nggap apa-apa ya Mas? ˆ⌣ˆ

    BalasHapus
  14. Waaah..., rasanya saya juga terharu, Kang, membacanya...
    Emak datang membawa melon, hiks... Semoga sehat selalu ya kandungan dan si buah hati.

    BalasHapus
  15. Orang tua memang bisa nyenengin anaknya ya mas.. tinggal kita gimana mbalesnya :)

    semoga calon cucu emak tercinta, sehat dan dilancarkan sampai hadir di dunia ini, salam buat emaknya dan umi, mas :)

    BalasHapus
  16. Istri saya hamil 3 kali nggak pernah ngidam, kalo muntah-muntah sih biasa bahkan anak yang nomer dua membuat istri saya sampai masuk ke RS. Meski muntah, istri saya tetap makan dan tidak membiarkan perutnya kosong, karena dia sadar janin membutuhkan gizi yang baik untuk pertumbuhannya. Kalo orang hamil muntah dan nggak mau makan, in sebuah kesalahan. Ego si ibu yang nggak kasihan sama perkembangan si anak. Kata istri saya, biarlah walo nggak nyaman ketika muntah, saya tetap makan kalopun muntah lagi ya makan lagi yang penting ada sari makanan yang terserap janin.
    Ngidam melon kalo menurut orang kampung, artinya minta kelon ... ups ...

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah.. akhirnya hadir juga ya entuh melon di banyuwangi :D
    Semoga ntar udah bisa selalu makan bersama ya, Kang...

    BalasHapus
  18. Sepertinya kunjungan perdana, Kang Sofyan selamat ya.
    Ceritaku dulu waktu hamil anakkku enggak ngidam, tapi kepinginan yang sebetulnya kalau enggak dituruti, juga enggak masalah. Nah, waktu itu lagi ngobrol tentang getuk goreng, suamiku langsung nitip temen yang sedang pulkam, terus temennya enggak bisa kasih, jadi suamikulah yang ambil dari Depok ke Tangerang yang hampir deket Balaraja (kira-kira bolak-balik 7 jam) demi untuk getuk goreng. *Eh, tapi ternyata aku enggak boleh makan karena takut sudah terlalu lama itu getuk goreng. Hasyah haisyah, Alhamdulillah anakku enggak masalah tuuuh.

    BalasHapus
  19. terharu bacanya... sambil nginget-nginget masa ngidem ^-^

    BalasHapus
  20. Masih untung sebenarnya ngidam melon,, kalau disekitar rumah saya tinggal berjalan 15 menit sudah bisa di dapat itu buah melon ^^ ., dan perjuangan itu kalau semakin berat memang semakin membuat haru, terkenang-kenang, terus nanti kalau sudah besar masih juga diceritakan sama anak-anaknya (pengalaman pribadi soalnya diceritain masa-masa ibu dulu ngidam) :D

    BalasHapus
  21. "yo golekno, lek gak onok yo ojok dipekso" itu artinya opo toh mas? orang sulawesi kayak aku ini gak ngerti :)

    terus gak diceritain tentang cara dapetin melonnya, jadi bikin penasaran :)

    BalasHapus
  22. Selamat menanti kehadiran si jabang bayi.. Saya bawa melonnya deh

    BalasHapus
  23. Wah..... jadi ikut senang nih Kang sudah ada hasilnya. Semoga lancar hingga persalinannya ya Kang. Tetap semangat untuk keluarga tercinta.

    Salam wisata

    BalasHapus
  24. Melon itu bagus buat calon bayi.. Hihihi...
    Klo mnrt aku, Sof... Ummi ingin melon krn mgkn tubuhnya butuh zat2 gizi yg ada di melon...
    Skrg lg ngidam apa Sof.. Hehe..
    Sehat2 ya Ummi..
    Sehat juga utk Emak :-)

    BalasHapus
  25. Negitulah resiko menjadi seorang suami mas ketika istri nya sedang hamil dan menginginkan sesuatu harus segera di turuti...
    dan sudah jadi tradisi deh mas kayaknya istri yang sedang hamil itu ngidam ..

    BalasHapus

My Profil

Foto saya
Saya lahir, tumbuh, menghabiskan masa ABG di Jember dan sekarang saya mengais rejeki dengan menjadi seorang buruh di sebuah perkebunan di Banyuwangi. Motto dalam hidup saya "Jadikan Hidup Kamu Hari ini Lebih Baik Dari Hari Kemarin"

Post. Terbaru

Followers