Jauhkan diri dari Sombong


Mungkin pada jaman sekarang siapa yang tidak tahu dengan Bill Gates orang terkaya didunia sang pendiri dan pemilik Microsoft. Tapi masih ada orang terkaya sepanjang masa bahkan sampai kiamat hartanya tidak akan habis. Dia adalah Qorun anak paman nabi Musa. Kekayaan Qorun luar biasa, hingga kunci-kunci gedung tempat menyimpan kekayaannya tidak dapat dipikul oleh 12 laki-laki yang kuat sekalipun, wah betapa kayanya si Qorun ini.

Bahkan hartanya sampai sekarang masih tercecer diseluruh penjuru dunia. Buktinya setiap orang yang menemukan harta tidak beidentitias pasti namanya “Harta Qarun” hehehe. Cerita diatas hanya improvisasi dari sebuah cerita dan derita yang saya alami. Bahwa diatas langit masih ada langit, jadi jangan sombong dengan harta yang hanya secuil.

Saya kemarin bertemu dengan orang sombong yang bangga dengan hartanya, mungkin wajarlah dia sombong karena karena dia belum tau siapa Bill Gates dan Qorun hehehe. Memang harta yang dia punya sudah berkah apa. Bagi para sahabat netter yang mungkin dari segi ekonomi sudah ada diatas rata² janganlah melihat kebawah tapi melihatlah keatas. Masih banyak orang² yang lebih kaya tapi tidak sombong, mereka malah lebih senang hidup sederhana tanpa membeda²kan status dan harta.

Harta yang kita miliki hanya sementara, alangkah baiknya jika harta yang kita miliki bisa digunakan alat sebagai penolong kita didunia dan diakhirat. Kita hidup didunia hanya sementara maka sebisa mungkin apapun yang kita miliki bisa menjadi bekal kelak diakhirat.

SEMOGA BERMANFAAT & HAPPY WEEKEND

51 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. seppp sombong kelaut aja ya gak ?? laut juga dah penuh sama limbah jadi enaknya dibuang kemana ? loh kok malahan nanya !! hihihi

    sip ...

    BalasHapus
  3. Betul3 ... Assalamualaikum ... ngomong2 sombong, itu berkaitan dengan harga diri terkadang ... hehe ... tergantung seperti apa defenisi harga diri menurut kita ... kalo referensinya Al-qur'an dan Sunnah rasul ... InsyaAllah ... Ajib ...

    BalasHapus
  4. tul. sekaya apapun kita pasti ada yg lebih kaya. sepintar apapun kita, pasti ada yg lebih pinter. karena di atas langit masih ada langit

    BalasHapus
  5. wah kalau sombong itu berarti OKB alias orang kaya baru :P

    BalasHapus
  6. Setuju, harta kita juga ada hak orang lain yakni orang2 yang membutuhkan dan tidak mampu. Merugi sebenarnya orang2 yang sombong, dia diberi kekayaan tapi buta dan kurang bersyukur...semoga kita dijauhkan dari sifat2 yang seperti itu.

    BalasHapus
  7. Kesombongan hanya milik Allah. Salam kenal dari kota Solo.

    BalasHapus
  8. hmmm...tepatnya liat kekuburan..karena ujung2nya kita bakal menghadap kealam akherat^^

    BalasHapus
  9. assalamu'alaikum Kang,
    nah harta bisa dicari dengan cara apapun, tapi harta yang barokah perlu sebuah perjuangan dan keikhlasan, tul ?

    BalasHapus
  10. betul, jgn sombong, nanti hartanya diambil lagi sama Alloh..

    BalasHapus
  11. setuju,...harta bkn untuk disombongkan ttp dibelanjakan di jalan Allah sbg bekal di akherat.

    BalasHapus
  12. kok ora diantemi wak Kang orang itu hahahah. tapi diantem gawe kasih sayang loh, bukan bogem

    BalasHapus
  13. Sepakat karo Cak Lozz, diamtem karo kasih sayang hehehe..

    Harta adalah titipan ya Kang. Dan untuk menjadi kaya kita juga butuh mental yang prima biar nggak terjerumus pada kesombongan..

    Salam secangkir kopi Kang;

    BalasHapus
  14. setujuuuuuuuuuuuuuuu,.....
    harta hanya titipan sementara,..
    allah-lah yg Maha Kaya :)

    BalasHapus
  15. jangan lupa beramal ya :-D

    BalasHapus
  16. bismillah
    berarti dia belum sadar bahwa sesungguhnya harta adalah ujian. Cobaan berupa kesenangan kadang lebih berat dari pada kesusahan.
    salam

    BalasHapus
  17. kalau kita sombong, apa yang kita sombongkan, harta dan tahta bukanlah milik kita, buktinya kalo kita mati, tidak ada yang kita bawa

    BalasHapus
  18. seperti salah satu lirik lagunya kang Opick,
    "bagaimana kau merasa bangga...
    dengan dunia yang sementara..."

    bener kata pean kang !
    diatas langit masih ada langit.
    kayaknya gak pantes deh kita sombongin diri yang tak lebih tinggi dari atap rumah kita...!

    BalasHapus
  19. Semoga beliau mendapat hidayah dari Allah Taa'ala dan sikapnya berubah menjadi dermawan :)

    BalasHapus
  20. prinsip umum semua orang milyader adalah banyaklah memberi pasti akan banyak menerima.
    klo g memberi jangan harap menerima, gampang khan :D

    klo bakrie hartanya disimpan di lumpur lapindo, biar ntar bukan harta karun tapi harta bakri, xixixixi...

    BalasHapus
  21. @Brigadir / Zey :
    Jangan dibuang didaur ulang aja lumayan,,bisa mengurangi pencemaran hehehe

    @Fahrizal :
    Wa'alaikumsalam...harga diri,,wah bisa gawat kalu sombong dijadikan harga diri

    @Kak Fanny :
    Masih banyak yang lebih Kaya intinya begitu

    @Kak Tiara :
    Hehehe singkatan baru nih,,sip

    @Sari :
    Benar tuh harta itu bukan 100% milik kita,,amin

    BalasHapus
  22. @Kang Nur :
    Betul itu,,salam kenal juga

    @I-one :
    Semuanya akan di kubur kan Mas,,hehehe

    @Djangan Pakies :
    Wa'alaikumsalam Ust. bener yang barokah itu yang sulit,,,hehehe

    @Nyla :
    Bukan hanya diambil hartanya,,tapi bisa² nyawanya lo hehehe

    @Mbak Puji :
    Mantep Mbak..setuju sekali dengan komentar Anda

    BalasHapus
  23. @Uncle Lozz :
    Wah kui aku seng gak iso hehehe

    @Masbro :
    Hehehe,,bener mas Harta dan kekayaan itu juga ujian makanya kita perlu belajar untuk menghadapi ujian ini

    Secanggkir Kopi Lang Cak

    @Mbak Kenia :
    " Al- Ghoniyu "

    @Mbak Lidya :
    Insya Allah hehehe

    @Masjier :
    Benar itu,,terima kasih mas

    BalasHapus
  24. @Pakde :
    Bner kita mati hanya berpakain kain putih dan membawa amal sholeh

    @Mas Sandy :
    Terima Kasih Mas; ☺ ☺ ☺

    @Oen-Oen :
    Itu teori yang mudah tapi sulit untuk dilaksanakan hehehe
    Wah bisa banyak yang berebut harta Bakeri nih hehe

    BalasHapus
  25. siip sikap sombong bisa menghancrkan seperti kapal titanic[movie mania nih ],dan dilarang dalam agama

    BalasHapus
  26. Benr juga ya,,itulah bukti nyata kalau kita gak boleh sombong,,,terima kasih mas

    BalasHapus
  27. semoga Allah memberi harta yang berkah di dunia dan di akhirat :)

    BalasHapus
  28. Amin..
    Terima Kasih ArinAmin..
    Terima Kasih Arin

    BalasHapus
  29. Salam sahabat
    Innalaha qulla muhktarin faqurin Allah. Tidak menyukai hambaNya yg sombong xixi

    BalasHapus
  30. Kesombongan tidak akan pernah membuat sebuah hubungan menjadi semakin erat, tapi makin rapuh.

    BalasHapus
  31. semoga kelak kalo jadi milyuner aku tetap rendah hati,.,,,, amiiin... hihi

    BalasHapus
  32. sesombong2nya orang, paling sombong sama para bocah ababil yang masih SMP / SMA.
    Baru make BB aja SENGA nya minta ampun. Nggak nyadar itu duit dari siapa. Minta pulsa aja masih terseok2 ngais kaki orang tua.
    Dasar sok kaya...
    Berasa duit meereka hasil keringet sendiri aja...

    BalasHapus
  33. sesungguhnya semua yang ada pada diri kita adalah milik Allah semata, lalu apa yang bisa disombongkan???

    terima kasih mengingatkan.
    salam hangat

    BalasHapus
  34. orang kaya boleh sombong kan?

    BalasHapus
  35. yup..harta yang kita punya sebagian ada milik orang lain...jd jangan lupa bersedekah hehe...

    BalasHapus
  36. @Mbak Dhana/戴安娜 :
    Hehehe iya bener tuh Mbak

    @Halaman Putih :
    Malah bisa membuat permusuhan

    @Kak Aina :
    Amin...hhehehe

    @Bangau Putih :
    Bener Kak...terima Kasih

    BalasHapus
  37. @Mas Khoirun :
    Hehehe tetep gak boleh Mas

    @Mbak Nia :
    Bersodakoh dan berzakat Mbak hehe

    BalasHapus
  38. Sofyan, aku mau ralat... untuk org2 kaya jangan melihat ke bawah, tapi lihatlah ke atas ---> tapi klo semua org melihat ke atas yg jadi adalah dia nggak akan bersyukur dan selalu merasa kurang...

    dalam hal ini org yg bersyukur dgn apa yg dia punya insya Allah juga org yg nggak sombong.. insya Allah... krn toh apa yg dia punya semua hanya pemberian Allah... :-)

    BalasHapus
  39. ada peer dari saya ya. cek di http://just-fatamorgana.blogspot.com/2011/07/cowok-idaman-ala-sang-cerpenis.html

    BalasHapus
  40. iya setuju saya bundanya Vania

    kita juga harus sering lihat ke bawah biar bersyukur dan merasa bahwa masih banyak yang kurang beruntung dibanding kita. Ternyata nasib kita masih lebih baik dibanding yang lain.

    Jika terlalu sering melihat ke atas, kita akan terus merasa kurang dan terus saja mengejar harta dan yang lainnya.

    semoga saya bukan Djarkoni (yang hanya bisa ngomong doang)

    Salam masjier

    BalasHapus
  41. @Mas [L]ain :
    Hehehe bener masih dapat subsisdi aja sudah sok..

    @Kak Tia :
    Kak Tia,,terima kasih ralatnya hehehe,,,sama² benar ya maksudnya,,hanya bagaimana kita menafsirkannya

    Terima Kasih kak

    @Kak Fanny :
    Waduhhh dapat PR disaat yang kurang pas nih,,meluncur dulu ke TKP nih hehehe

    BalasHapus
  42. @Masjier :
    Hehehe bener juga tuh,,,memang banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjauhkan diri dari sombong Mas,,,

    Terima kasih

    BalasHapus
  43. Tidak seharusnya manusia sombong karena manusia ibarat buih di tengah lautaun yang maha luas ini. Tidak ada tempat berpinjak dan terombang-ambing kesana kemari.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    BalasHapus
  44. Benar Mas kadang kita di ada dibwah terkadang juga ada diatas makanya buat apa Sombong,,

    Salam Hangat dari Banyuwangi...

    BalasHapus
  45. Musti lihat ke atas dan kebawah, ya. Juga berkaca ke depan dan kebelakang. Manusia memang sering lupa darimana kekayaannya berasal hingga sombong.

    BalasHapus
  46. sepakat orang sombong mungkin adalah kategori orang yang tidak sadar bahwa dia dulunya dilahirkan tanpa busana dan se sen kekayaan

    BalasHapus
  47. Semoga kita semua dapat terhindar menjadi korun-korun kecil ya Mas.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  48. apa yang kita punya adalah titipan dan amanah.

    emang bener ya si Qorun hartanya dimana-mana.

    BalasHapus
  49. Kalo ntar kaya, Kang Sofyan jangan sombong ya... Rajin-rajinlah bersedekah untuk anak yatim seperti akyu... :)

    BalasHapus
  50. @Mbak Susindra :
    Wah bner juga tuh kanan kiri juga ya Mbak
    Terima Kasih Mbak;

    @Mas Coro :
    Kita lahir dalam keadaan telanjang hehehe bahkan tanpa nama

    @Mas Indra :
    Aminn,,,Trima Kasih Mas

    @Bu Dini :
    Hehehe,,Bener Bu jadi sewaktu² bisa daimbil oleh Pemiliknya

    @Kak Dewi :
    Amin semoga do'a Kak Dewi terkabulkan,,jiahh anak yatim gmn hehehe

    BalasHapus
  51. jadi yg dapat hartu qarun bisa terkena bencana seperti qarun dong :D

    BalasHapus

My Profil

Foto saya
Saya lahir, tumbuh, menghabiskan masa ABG di Jember dan sekarang saya mengais rejeki dengan menjadi seorang buruh di sebuah perkebunan di Banyuwangi. Motto dalam hidup saya "Jadikan Hidup Kamu Hari ini Lebih Baik Dari Hari Kemarin"

Post. Terbaru

Followers