Hidup berdampingan dengan hewan


Banyak yang bertanya, kamu tinggal dimana sih Kang ?. Saya tinggal di daerah yang bisa dikatakan semi hutan, mengapa demikian, karena rumah dinas saya berada dikelilingi oleh kebun kakao (coklat) dan pohon-pohon tua yang umurnya sudah lebih dari 80 tahun.

Semenjak saya tinggal dirumah dinas ini, banyak sekali hal-hal baru yang saya temui, mulai dari hewan-hewan kecil yang menggelikan sampai makhluk halus yang menakutkan hehe. Mungkin makhluk halus ini sedikit kaget, rumah yang biasanya gelap dan tidak berpenghuni berubah terang dan berpenghuni, tapi itu hanya sebentar kok. Dan saya bersyukur semua sudah kembali normal, makhluk halus itu pergi dengan sendirinya, sip hehe.

Uniknya ada sebuah alarm alam yang sampai saat ini istiqomah selalu membangunkan saya setiap malam. Seekor tokek yang selalu berbunyi diwaktu subuh, seakan sengaja membangunkan saya untuk bergegas bangun dari tempat tidur. Entah dari mana tokek ini, mungkin sebelum saya tinggal disini dia sudah lebih dulu menempati rumah ini, makanya saya enggan untuk mengusirnya toh dia gak berbahaya. Nah, saya berhasil mengambil gambarnya ketika dia sedang mendarat untuk mencari serangga. Sampai saat ini tokek ini menjadi salah satu teman setia dirumah dinas.

Bukan hanya seekor tokek yang ada didalam rumah dinas saya, kodok dan tupai (bajing) pun ada, tupai ini kadang nyasar masuk rumah meski hanya didapur, serasa kebun binatang aja rumah ini hehe. Saya yakin hewan-hewan kecil ini hanya numpang hidup, jarena selama ini hewan-hewan tersebut tidak pernah membuat masalah, makanya saya enggan untuk mengusik kehidupan mereka, toh mereka lebih dulu menempati rumah ini sebelum saya datang sebagai penghuni baru.

Hidup beriringan dengan makhluk lain itu indah, selama tidak ada yang merugikan dan tidak membuat masalah dengan mereka. Saya berfikir, hewan pun bira diajak untuk berdamai dan hidup bersama, lalu kenapa kita yang diciptakan sempurna dan diperangkati dengan akal tidak bisa hidup akur antar sesama manusia. Lagi-lagi saling menghargai dan menghormati adalah hal penting dan mutlak yang harus diterapkan dalam kehidupan ini. Damai itu indah, dengan damai akan tercipta sebuah kasih sayang dan rasa cinta. Wes kah alarm saya sudah berbunyi, saatnya untuk beristirahat, semoga postingan ini bermanfaat dan menjadi sebuah pengingat bagi kita semua khususnya bagi saya.

NB : Sumber gambar makhluk halus. kodok dan tupai berasal dari google

51 komentar:

  1. bagaimana kalau Anda menjalin persahabatan dengan hewan? dijamin keren tuh ceritanya...

    BalasHapus
  2. Wah sampean bnyk temen2 disitu ya kang xi...xi...xi...

    BalasHapus
  3. Ada rayap, kecoa, kupu2, kelelawar, semut juga gak kang?
    Kalo disini aku juga tinggal dg mrk.. Bhahaha

    BalasHapus
  4. saya juga seneng tinggal ditempat seperti itu Kang, karena ayem damai bahkan saya sering meringukan suara tonggeret di sore hari. Hanya saja satu hewan yang paling saya ndak suka, ular.

    BalasHapus
  5. @Mas Suratman :
    Hehehe, iya teman² dari dunia lain juga ada kok, mau kenalan tah Mas...

    @Mbak Ayu :
    Jiahahaha benar sekali Mbak, berarti kita senasib Mbak :D

    BalasHapus
  6. @Ust. Ies :
    Sama Ust. saya juga takut dengan yang namanya Ular, kalau tonggeret disini banyak Ust.

    BalasHapus
  7. Syukurlah gak ada ulat atau cacing :D
    Blognya Kang Sofyan tambah keren euy ;)

    BalasHapus
  8. wah enak ya ada tokek yang bisa bangunin tiap hari..
    ketimbang alarm yg kalau bunyi bisa dimatiin :P..

    BalasHapus
  9. wah asyik nya kang
    janten emut kalembur yeuh :)

    BalasHapus
  10. apalagi pas musim hujan kang, alunan merdu katak di genangan air

    kalau nyamuk gimana?

    BalasHapus
  11. @Kak Akin :
    Ada sih Kak cuman gak saya publish hehe,,kenapa takut ya Kak..

    @Ngetik.com :
    Iki Mbak Eny yoo hehe,,

    haha kalau alarm yang pakai batrei itu bisa² dibanting dan gak bisa hidup lagi

    @Mas Achoey :
    Apaan tuh artinya Mas,,saya gak paham bahasa Sunda hehehe

    BalasHapus
  12. @Cak Citro :
    Alhamdulillah kalau nyamuk gak begitu banyak dibandingkan di Djember..

    BalasHapus
  13. saya malah udah g pernah lihat lagi tupai itu mas... beruntung masih ketemu sama hewan

    BalasHapus
  14. wah, mungin kalau saya diposisi abang, gak bakal betah...tapi pengen nyoba juga sih #plin-plan

    BalasHapus
  15. wiw~
    banyak temennya dong mas :D

    eh gambarnya kok bisa muncul gitu, apikkkk

    BalasHapus
  16. Kalau tinggal ditempat seperti ini, sore menjelang malam dan malam hari menjelang larut, suara-suara pasti seru sekali ya Kang..Nah aku paling suka mendengar suara-suara hewan malam itu, walau sambil takut-takut hehehe..

    BalasHapus
  17. menjaga hubungan itu sangat penting ya kang..hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan Alam, Manusia dengan manusia.

    Artikel ini termasuk dengan hubungan manusia dengan alam dan isinya kan?

    BalasHapus
  18. Kok agak horor yah kang, hewannya sih emang kecil dan tidak ganas tapi kok menyeramkan. Grr...

    BalasHapus
  19. Itu tempat impian saya. Istilahnya, kembali ke jaman batu :)

    BalasHapus
  20. wah tokek sudah jarang terdengar di rumah saya, Kang.

    BalasHapus
  21. owwh..baru ngerti kenapa kang sofyan agak aneh dan nyeleneh, rupanya gaul dg makhluk halus ya kang hihihi

    BalasHapus
  22. kang. aku dah follow blog akang.. follow me back yaa...
    gak ada akang , gak rameeeeeeeeeeeeee :D

    BalasHapus
  23. tokek, kodok, kadal...nah yg bikin saya ngeri neh ular sampai masuk rumah...asli saya takut banget. Jd minta tolong tetangga utk mnegusirnya. #resiko hidup sendirian

    BalasHapus
  24. wah, hebat tenannn
    semoga selalu berdamai ya Kang
    damai itu indah,hehehe :)

    BalasHapus
  25. Kalau binatang yang paling banyak dirumah saya pastinya semut, cecak dan tikus...
    Yang terakhir itu yg meresahkan dan nggak ada jalan lain selai saya brantas

    BalasHapus
  26. Wah, lebih repot lg kalo mnjalin cinta dg makhluk lain? hehe...

    BalasHapus
  27. iiih aku takut sama cicak,apalagi kama tokek atau kadal:)

    BalasHapus
  28. Gambar makhluk halusnya bikin kageeeeett. Hahaha...

    Sering berinteraksi dengan hewan secara tidak langsung bisa menimbulkan rasa sayang loh kang, makanya biasanya orang yang punya hewan peliharaan itu lebih sabar, lebih kalem, dan punya jiwa sosial yang tinggi. :D

    BalasHapus
  29. klo tokeknya gak kliatan,mngkn gak serem y kang......... tp klo binatang yg berdampingan denganku slama ini si tikussssss??????? gmn itu kang.......... T_T

    BalasHapus
  30. hidup berdampingan dan saling mengayomi ya #eehh... ;D

    BalasHapus
  31. seharusnya memang begitu ya kang.. Tp sy selalu ketakutan kl liat cicak, kayaknya geli... hiiii....

    BalasHapus
  32. Kalo aku dijamin ngga akan betah tinggal dilingkungan seperti itu...soale sepii.....dari kecil aku udah terbiasa hidup di lingkungan yang rame hehehe.....

    BalasHapus
  33. jd kangen sm tupai...lama ngga lihat tupai...hehehe...di sana rame atuh,kang? ga kesepian jdnya hehehe...

    BalasHapus
  34. dalam pelajaran Biologi itu ada ilmu keseimbangan Kang.. Jadi jangan sampai kita merusak rantai makanan macam tokek, cicak dan predator lainnya..

    BalasHapus
  35. WAH WAH tokek, pernah liat dirumah temen tapi pas di photo kuq ngacir lari ,,,, wah wah om sofyan niar baru main kesini..huhuuu maaph yaa om :)

    BalasHapus
  36. Yuhuuu hewannya juga sebaiknya diajak komunikasi ^^
    Eh itu horor banget ya bagian makhluk halusnya :p

    BalasHapus
  37. wah, rumah dinasnya kok seram amat

    BalasHapus
  38. ati-ati mas ada harimau, hehe

    BalasHapus
  39. seperti desaku sini, manusia dan alam hidup dengan damainya berdampinga :)

    BalasHapus
  40. wah, kok kyaknya uwenak gitu kang, disambi rokok'an lan ngopi tambah muanteb. :D
    salam kenal

    BalasHapus
  41. Wah rukun amat sama makhluk lain, #eh sama makhluk halus juga ga kang? mungkin dia belum pergi #nakut-nakutin.

    Eh tokek itu sangat bersahabat ya, saya trauma, soalnya ada teman yang digit :(

    BalasHapus
  42. Ntar lama lama bisa jadi tarsan lho mas....au oooo.........bukannya gajah atau singa yang datang tapi kecoa,cicak,nyamuk,kodok,tokek,tupai sama tikus...siiip.

    BalasHapus
  43. numpang test komen dulu ya kang :)

    BalasHapus
  44. Kalo tokek yang masih temenan ama cicak sih masih boleh lah kang...

    tapi kalo tupai sejenis tikus masuk dapur...sepertinya rada rada geli kali ya kang...hihihi...

    yah...selama mereka gak mengganggu sih sepertinya masih okeh lah :)

    BalasHapus
  45. Di rumah ortuku di Majalengka banyak tokek Sof, coz di belakang rumah kan kebun dan sawah, takut aku heuheu

    BalasHapus
  46. hidup damai berdampingan dengan sesama makhluk-Nya ya, Kang Sofyan...

    BalasHapus
  47. tokek dan makhluk halus bersekongkol, hehe

    BalasHapus
  48. wah ada mahluk halusnya juga. ayo ceritakan...gimana ketemunya

    BalasHapus
  49. gambar kodoknya bikin bulu roma merinding..hiiiiiiiiii

    BalasHapus
  50. Medeni kang kalo tidur ada tokek masuk yok po pas...???iya kalo cuman masuk rumah lha kalo masuk ke yang lain lain...??

    BalasHapus
  51. Bisa buka kursus bahasa makhluk hewan dong Kang ? he...x9

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus

My Profil

Foto saya
Saya lahir, tumbuh, menghabiskan masa ABG di Jember dan sekarang saya mengais rejeki dengan menjadi seorang buruh di sebuah perkebunan di Banyuwangi. Motto dalam hidup saya "Jadikan Hidup Kamu Hari ini Lebih Baik Dari Hari Kemarin"

Post. Terbaru

Followers