Muhammad NU


Hujan tak henti-hentinya turun, mulai kemarin malam sampai hari ini (pas nulis postingan) hujan masih turun meski tidak selebat kemarin. Mungkin hujan ini adalah suatu pertanda langit pun ikut senang dan terharu sehingga meneteskan berjuta butiran air kebumi untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Bukan hanya hujan air saja yang mengalir deras, saya juga menerima hujan SMS yang begitu banyak dari para sahabat-sahabat saya. Sebuah permohonan ma'af yang disampaikan lewat udara. Ahh, membaca satu persatu membuat saya terharu, sekuat tenaga saya menahan air mata supaya tidak keluar. Andaikan saja tiap hari ada kata ma'af yang terucap alangkah indahnya dunia ini.

Memang pemerintah belum bisa memastikan tanggal kepastian kapan jatuhnya bulan suci Ramadhan, tapi saya sudah bisa merasakan suatu suasana yang berbeda. Suasana yang beitu tenang, suasana yang tidak seperti biasanya, ahh,, apa ini hanya persaanku saja ya. Ealah kok jadi mellow begini ya hehe. Saat hendak beristirahat sebuah percapakan via SMS terjadi antara saya dengan adik sepupu saya yang ada di Jember, Saya (KS) adik sepupu (AS.)

AS : Cak kapan posoan (puasa) ?.
KS : Puasa jatuh pada tanggal 1 Ramadhan 1433 H dik, hehehe.
AS : Hmmm, yo mestilah, mosok kate tanggal 11 Dhulhijjah (ya jelaslah, masak mau tanggal 11 Dhulhijjah)
KS : Lah sampean sih takonnya aneh-aneh, coba takon menteri agama, kapan posoan hehehe (Kamu sih aneh pertanyaanya, coba tanyakan pada Menteri Agama, kapan puasa) sambil mesem-mesem saya membalas
AS : Hadehhh, sampean ini ancene gak iso diajak serius (Hadehh sampean ini memang gak bisa diajak serius)
KS : Santai ae, gak kiro wurung kok seng kate poso, enteni pengumuman teko pemerintah ae dik (Santai ae, gak akan batal kok yang mau puasa, tunggu pengumuan dari pemerintah aja) dan SMS saya membuat dia belum puas.
AS : Lah Muhammadiyah poso Jum'at Cak (Lah Muhammadiyah Puasa Hari Jum'at Cak)
KS : Trus opo'o ? (trus kenapa)
AS : Gpp sih, NU kapan yo Cak posone ? (Gpp sih, NU kapan ya Cak Puasa ?)
KS : Coba takon nang KH. Hasyim Muzadi dik, kapan NU poso, hehehe (Coba tanya KH. Hasyim Muzadi dik, kapan NU puasa, hehehe)
AS : Dasar wong gak beres ckckckc (Dasar orang gak beres ckckck)
KS : Sampean kate poso kapan ae sekarep, toh gak kiro duso kok, aku lo saiki wes poso (Sampean mau puasa kapan aja terserah, toh gak akan berdosa kok, aku lo sekarang sudah puasa)
AS : Hah ?? sampean wes poso ? (Hah, sampean sudah puasa)
KS : Iyo, kan aku Muhammad NU, hahaha
AS : Haha, dasar Cak Sof edan"

Saya menyimpulkan, masyarakat masih bersifat ke organisasian, bukankah hal itu gak bagus, masalah puasa aja diperdebatkan. Gak usah saling membenarkan, silahkan anda laksanakan sesuai dengan keyakinan. Jangan sampai hal-hal baik seperti Ramadhan, Idul Fitri dan Hari-hari besar agama lainnya bisa merusak ukhuwah antar sesama ummat agama karena suatu pendapat yang berbeda. Ingat persatuan dan kesatuan bangsa yang ada pada Pancasila itu ada karena sebuah perbedaan.

Saya mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa bagi yang sudah melaksanakannya lebih dulu, semoga Ramadhan kali ini bisa memberikan peningkatan Iman dan Taqwa kita semua. Sambut Ramadhan dengan hati yang suci, tanggalkan perbedaan, mari bersatu dalam ikatan tali silaturrami.

30 komentar:

  1. SELAMAT BERPUASA KANG..
    MOHON MAAF LAHIR BATIN :)

    BalasHapus
  2. Kalau hujan terus jadi jemuran kemaren udah kering belum mas...?

    BalasHapus
  3. Selamat menyongsong Ramadhan, selamat melaksanakan ibadah puasa

    BalasHapus
  4. ngekek aje deh :D

    met berpuasa ya kang sofyan
    semoga gak banyak godaan hehehe

    BalasHapus
  5. Keluarga besar Muhammad NU mengucapkan met Ramadhan buat kang Sofyan..

    BalasHapus
  6. Haha..

    Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang melaksanakan duluan atau melaksanakan hari sabtu, seperti yang disepakati barusan di tipi :)

    BalasHapus
  7. Puasa saja bisa bikin bingung orang...
    apa karena banyak orang pinter atau sok pinter ya...??
    Tau dehh...
    :P

    BalasHapus
  8. kapanpun menjalankan puasa yang penting diniatkan untuk ibadah dgn baik dan benar.. dan ukhuwah tetep terjalin..

    maaf lahir bathin ya kang Sofyan

    BalasHapus
  9. percakapan yang menohon, yang penting i niatnya beneran puasa atau ikut2an :D

    Liiat rapat isbat di tipi mau ae akeh podo gag akur, jare petinggi agama #elap keringet.

    Mohon maaf lahir batin yaa om :D

    BalasHapus
  10. Muhammadiyah atau NU itu nggak ada yang salah, dua-duanya itu benar. yang salah itu yang nggak puasa...

    marhaban ya ramadhan, maaf lahir batin, selamat berpuasa ya kang...

    BalasHapus
  11. selamat menyambut bulan suci ramadhan..mohon maaf lahir batin ya :)

    BalasHapus
  12. puasanya tetep koq kang.....1 Ramadhan...hihihi :)"

    maav lahir batin yaa kang,....slm bwt AS... :D

    BalasHapus
  13. Wkwkwk, mantep nih ceritanya :). Anyway mohon maaf lahir batin, kayanya ane baru mampir ini blog nih :) ane udah follow blogmu jangan lupa follback be wait of me on my blog line GAN

    BalasHapus
  14. Kang selamat menunaikan ibadah shaum. Semoga diberi kesehatan prima dan tiba dihari kemenangan dengan penuh pahala :)

    BalasHapus
  15. Cuma di Indonesia tanggal puasa aja rancu kayak gini =_=;

    BalasHapus
  16. "selamat menunaikan ibadah di bulan Ramadhan" semoga kita bisa meraih segala keutamaan di bulan penuh kemuliaan ini...amiin:)Mohon maaf lahir dan bathin

    BalasHapus
  17. ga ngertiii tp sptnya lucu ya kang ?? wkekeke

    happy ramadhan jg ya kang....mfin klo ada salah canda dan sapa

    BalasHapus
  18. maaf lahir batin kang sofyan..kl puasa hari ini selamat menunaikan ibadah puasa yaa.. :) aku baru bsk mulai puasanya..semoga semua umat Islam yang menunaikan ibadah puasa mau NU ato Muhamadyah memperoleh keutamaan dan kemuliaan di bulan yg penuh rahmat & berkah ini..amiinnn..

    BalasHapus
  19. hihihi. . .
    Saya kira Muhammad NU itu saudara baru. :)

    Selamat menunaikan ibadah puasa besok. . . :)

    BalasHapus
  20. Selamat menunaikan ibadah puasa sob.
    semoga lancar dan gak bolong2 ya...

    BalasHapus
  21. YUPPP
    jalankan sesuai keyakinan...
    salam kenal ya^^

    BalasHapus
  22. Tak kirain itu nama panjangmu mas hehehe...
    Hehe aku puasa baru besok insyallah...

    BalasHapus
  23. selamat menunaikan ibadah puasa ya kang

    BalasHapus
  24. Bilih aya tutur saur teu kaukur, reka basa pasalia, laku lampah teu merenah, bilih janten renghat kana manah, sim kuring neda dihapunten samudaya kalepatan ka sadaya wargi. Wilujeng shaum ramadhan 1433 H. (intinya: Selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan 1433 H)

    BalasHapus
  25. Baru mampir nih SOb, Mantaf e tulisannya. Izin Follow ya. Salam dari Blogger Pontianak.

    BalasHapus
  26. Mbalik maneh, hehe..

    Kabarnya, di Pontianak orang nggak kenal apa itu Muhammadiyah apa itu NU. Yang ada hanya Muhammad NU Kang :)

    BalasHapus
  27. jadinya emang lucu bgt ya kang.. puasa itu kan harus menahan hawa nafsu termasuk marah.. Eh hy krn perbedaan udah byk yg marah... Hehhe...

    BalasHapus

My Profil

Foto saya
Saya lahir, tumbuh, menghabiskan masa ABG di Jember dan sekarang saya mengais rejeki dengan menjadi seorang buruh di sebuah perkebunan di Banyuwangi. Motto dalam hidup saya "Jadikan Hidup Kamu Hari ini Lebih Baik Dari Hari Kemarin"

Post. Terbaru

Followers